Wednesday, February 29, 2012

Jumlah Neuron di Otak ditemukan, jumlah neuron tidak sampai 100 milyar

Sop Otak, metode Dr Suzana Herculano-Houzel untuk menghitung neuron di otak manusia
Berapa jumlah neuron di otak kita? Para ahli otak dahulu menemukan dan mengira-ira berjumlah sekitar 100 Milyar neuron. Namun seorang peneliti dari Brazil Dr Suzana Herculano-Houzel menemukan dan menanyakan bahwa darimana para ilmuwan mendapatkan angka 100 milyard neuron di otak? Tidak satupun orang yang ingat dan tahu mengapa ada angka 100 milyard neuron tersebut.

Maka dari itu Dr Suzana Herculano-Houzel mencoba untuk beranjak dari Nature neuroscience podcast NeuroPod.

Tim ini mulai bekerja dengan mengumpulkan otak dari orang yang sudah mati, tanpa terkena penyakit yang berhubungan dengan otak dan menyumbangkan organ otaknya untuk diteliti. Otak tersebut berasal dari orang yang berusia 50, 51, 54 dan 71 tahun. Kemudian otak tersebut di jadikan dalam apa yang di sebutnya 'Brain Soup'.
"It took me a couple of months to make peace with this idea that I was going to take somebody's brain or an animal's brain and turn it into soup," she told Nature. "But the thing is we have been learning so much by this method we've been getting numbers that people had not been able to get … It's really just one more method that's not any worse than just chopping your brain into little pieces."
Metode yang digunakan bisa dilihat di sini. Dengan metode tersebut Dr Suzana Herculano-Houzel menemukan bahwa:
"We found that on average the human brain has 86bn neurons. And not one [of the brains] that we looked at so far has the 100bn. Even though it may sound like a small difference the 14bn neurons amount to pretty much the number of neurons that a baboon brain has or almost half the number of neurons in the gorilla brain. So that's a pretty large difference actually."
Dr Houzel mengatakan bahwa otak kita selayaknya adalah sama dengan standar otak primata. Kecuali bahwa memang otak kita memiliki sel otak yang dapat bergerak masif dibandingkan dengan spesies yang lain. Otak manusia membutuhkan energi yang banyak dan mahal. Dia mengatakan bahwa antara 20% sampai 25% jumlah energi yang dimiliki manusia terkonsentrasi ke otak. Hal ini disebut sebagai extraordinary, dan bagaimana kita mengatur hal tersebut?
"We can afford such a huge number of neurons. That difference might actually be related to a shift to a cooked food diet and that allows us to have far more calories per day. And with that we can afford a much larger number of neurons that other animals probably could not." 
Hal mengesankan yang dilakukan Dr Suzana Herculano-Houzel hingga menemukan bahwa sel otak kita tak lebih dari 100 milyar. Namun apakah hal ini masih bisa diyakini banyak orang?

Via How many neurons make a human brain? Billions fewer than we thought



Judul: Jumlah Neuron di Otak ditemukan, jumlah neuron tidak sampai 100 milyar ; Ditulis oleh bolosrewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment