Saturday, February 25, 2012

Tentang Kapulaga

Kapulaga

Kapulaga (Amomum cardamomum) adalah salah satu rempah tertua di dunia. Salah satu rempah termahal ini berasal dari India Selatan, kemudian menyebar ke Srilanka, Asia Tenggara hingga Guatemala.

Sebelum umum digunakan sebagai bumbu masakan, kapulaga lebih banyak dipakai untuk perawatan tubuh dan kesehatan. Bangsa Mesir Kuno biasa mengunyah biji kapulaga untuk membersihkan mulut dari kuman dan bakteri serta menguatkan gigi dan gusi. Sedangkan bangsa Yunani dan Romawi mengambil aroma kapulaga untuk deodoran penghilang bau badan dan juga sebagai parfum.

Aroma kapulaga yang sedap berasal dari kandungan minyak atsiri yang terdiri dari lima zat utama, yaitu borneol yang berbau seperti getah pohon kamper, alfa-terpinilasetat, limonene, dan alfa terpinen yang harum seperti jeruk, dan cineol yang wangi pedas seperti minyak kayu putih.

Kapulaga juga banyak dimanfaatkan untuk membuat minuman tradisional atau jamu. Rasa kapulaga yang sedikit pedas mirip jahe bisa menghangatkan tenggorokan dan pernapasan. Di masa lalu, larutan kapulaga dimanfaatkan sebagai obat batuk dan flu.

Penggunaan kapulaga dalam masakan meluas ke seluruh dunia. Aromanya yang kuat menyengat membuatnya banyak dipakai untuk masakan berbumbu tajam. Di negeri asalnya India, kapulaga digunakan sebagai bumbu penyedap kari ayam atau daging.

Masyarakat India juga memakai kapulaga untuk menyedapkan makanan penutup sebagai saus yang dicampur susu kambing, wortel yang dihaluskan, dan gula kelapa. Kapulaga juga banyak dipakai untuk melezatkan masakan nasi berbumbu ala India dan Timur Tengah seperti nasi biryani.

Di daratan Timur Tengah, bubuk kapulaga sangat penting sebagai campuran kopi untuk ritual minum kopi. Demikian juga di daratan Afrika. Bagi masyarakat Ethiopia, kurang afdol rasanya menyesap kopi jika belum diberi campuran bubuk kapulaga.

Sedangkan di India di mana teh lebih populer dalam kehidupan bersosialisasi, kapulaga dipakai sebagai campuran minum teh herbal. Teh rempah ini selain aromanya sedap, juga diyakini baik untuk menjaga kesehatan.
Judul: Tentang Kapulaga ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment