Wednesday, March 28, 2012

BrowserQuest, Game berbasis Browser dari Mozilla


BrowserQuest - Multiplayer HTML5 Game, Game Multiplayer baru berbasis browser menggunakan JavaScript dan HTML5. Tim Mozilla bekerjasama dengan Studio Web Desain Perancis Little Workshop membangung sebuah game petualangan multiplayer yang disebut BrowserQuest. Game ini dibangun dengan teknologi berstandar Web dan di desain untuk dimainkan di browser atau peramban.


Kemampuan browser modern memberikan memudahkan bagi developer web untuk membuat aplikasi multimedia interaktif dan aplikasi tanpa harus berpikir membuat plugin.

BrowserQuest, dibangun menggunakan JavaScript dan HTML5, memberi bukti bahwa kemampuan standar browser terbaru dapat digunakan untuk membuat game berbasis browser. Game ini menggunakan elemen HTML5 Canvas untuk merender gambar 2D, API HTML5 mendukung penggunaan efek suara, komunikasi dengan server backend dilakukan dengan WebSockets, dan media penyimpanan data menggunakan localStorage.

Backend remote game yang dapat digunakan untuk bermain game secara real-time untuk multiplayer, menggunakan kode JavaScript dan berjalan pada Node.js. Pemuatan dilakukan di banyak Node.js yang berada di 3 server yang berbeda. Pada saat ini server backend mampu untuk digunakan lebih dari 1.900 pemain secara simultan. Status backend BrowserQuest dapat dimonitor melalui antarmuka di dashboard game secara real time.

Jika ingin mengetahuli lebih lanjut kunjungi halaman Mozilla's wiki untuk melihat penjelasan tentang kerja di balik BrowserQuest yang bekerja mengembangkan dan meningkatkan kinerja game berbasis browser ini. Juga jangan lupa berkunjung ke Mozilla Hacks blog untuk melihat backend server code yang ada di GitHub.



Via Mozilla launches multiplayer browser adventure to showcase HTML5 gaming
BrowserQuest, Game berbasis Browser dari Mozilla
Reviewed by on Mar 28 2012
Rating: 5
Judul: BrowserQuest, Game berbasis Browser dari Mozilla ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment