Friday, March 23, 2012

Google Peringati 125 tahun Juan Gris : Doodles

Google Peringati 125 tahun Juan Gris : Doodles
Hari ini Google Doodles, yaitu gambar di halaman muka halaman pencarian di atas kotak pencarian. Maupun logo yang  digunakan di halaman tersebut seperti di samping kiri atas, menampilkan gambar untuk memperingati 125 tahun pelukis kubisme Spanyol Juan Gris.

Juan Gris adalah salah satu tokoh pelukis kubisme, lahir di Madrid pada 23 Maret 1887. Tahun 1906 dia pindah ke Paris mengikuti jejak rekan pelukis kubisme senegaranya, Pablo Picasso. Juan Gris memulai aktifitas melukis secara serius tahun 1910, dan pada tahun 1912 melukis gaya kubisme secara individu.

Kubisme adalah gaya seni rupa modern yang berkembang di abad 20. Metode melukis kubisme adalah dengan menggambarkan bentuk objek dengan cara memotong, distorsi, overlap, penyederhanaan, transparansi, deformasi, menyusun dan aneka jenis tampak. Gerakan ini di mulakan pada lukisan dan patung melalui pendekatannya masing-masing. Gaya lukisan ini dipengaruhi seni dari Afrika.

Dituliskan di Wikipedia, Kubisme adalah sebuah gerakan seni avant-garde abad ke-20 yang dirintis oleh Pablo Picasso dan Georges Braque. Gerakaan seni ini membuat revolusi dalam lukisan dan pahatan Eropa, dan menginspirasi gerakan sejenis dalam musik dan sastra. Cabang pertama kubisme, yaitu Kubisme Analitis, adalah gerakan seni radikal dan berpengaruh yang muncul antara 1907 dan 1911 di Perancis.

Pada fase kedua, Kubisme Sintetis, gerakan ini menyebar dan masih ada sampai sekitar tahun 1919, ketika gerakan Surealisme mulai dikenal masyarakat.

Sejarawan seni Inggris, Douglas Cooper menjelaskaan tiga fase Kubisme dalam bukunya, The Cubist Epoch. Menurut Cooper ada yang namanya "Kubisme Awal" (1906-1908) ketika gerakan ini mulai dikembangkan di studio Picasso dan Braque; fase kedua disebut "Kubisme Tinggi" (1909-1914) ketika Juan Gris muncul sebagai seniman berpengaruh; dan akhirnya "Kubisme Akhir" (1914-1921) sebagai fase terakhir Kubisme sebagai gerakan avant-garde radikal.[1]

Dalam karya seni kubisme, benda dipecahkan, dianalisis, dan diatur kembali dalam bentuk abstrak—daripada menampilkan obyek dari satu sudut pandang, seniman menampilkan subyek dari berbagai sudut pandang untuk menjelaskan subyek dalam konteks yang lebih besar.

Kadang permukaan bersilangan dalam sudut acak, sehingga menghapus kedalaman lukisan yang jelas. Latar dan obyek menembus satu sama lain untuk membentuk ruang ambigu dangkal yang menjadi salah satu karakteristik khusus dari kubisme.

Perjalanan kubisme Juan Gris. Awalnya menganut analitik Kubisme, kemudian pada 1913 berbelok ke kubisme sintetik. Beda dengan kubisme monokromatik ala Pablo Picasso, Juan Gris melukis menggunakan warna cerah dan tegas. Lukisan yang berjudul "Violon et guitare” laku USD 28,6 juta pada bulan November 2010.

Google Peringati 125 tahun Juan Gris : Doodles
Reviewed by on Mar 23 2012
Rating: 4.5
Judul: Google Peringati 125 tahun Juan Gris : Doodles ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment