Wednesday, March 14, 2012

Mozilla Firefox 11 dirilis dengan Style Editor dan kemampuan 3D DOM

Mozilla Firefox 11 dirilis dengan Style Editor dan kemampuan 3D DOM

Mozilla mengumumkan rilis Firefox 11, versi baru browser opensource yang populer. Pemutakhiran di Mozilla Firefox 11 berada di tampilan antar muka pengguna dan sejumlah peningkatan hal teknis di balik layar.

Ketika Firefox 10 dirilis pada bulan Januari. Pemutakhiran berada pada poin alat-alat untuk para pengembang web. Mozilla melanjutkan penyatuan antara alat pengembang dan mengeluarkan pemecahan masalah pada beberapa hal teknis dalam Firefox 11. Salah satu yang sangat menonjol adalah pengembangan alat untuk developer website yaitu Style Editor yang baru.

Editor yang baru ini memiliki dua ruang yang membantu pengguna untuk menelusiri semua baris dan stylesheet eksternal dari web site. Ruang sebelah kanan akan menampilkan stylesheet yang terpilih dalam mode teks dengan syntax highliting. Saat pengguna memodifikasi stylesheet, perubahan akan direfleksikan pada web situs sebagaimana yang dituliskan oleh pengguna.

Dukungan editing langsung - live editing - ini pasti akan sangat berguna bagi web developer yang ingin secara interaktif menggunakannya untuk mengubah desain web. Memang masih tidak beda jauh dengan CSS inspector yang mulai dikenalkan pada Mozilla Firefox 10.

Jadi apa sebenarnya perbedaan dengan Style Editor yang baru ini?

Style Editor memunjukkan atau menampilkan stylesheet halaman secara aktual sebagai teks daripada hanya mengecilkan properti tabel. Pengguna dapat menyimpan stylesheet yang dimodifikasinya ke sistem file.

Fitur baru lainnya untuk Developer Web pada Firefox 11 adalah alat untuk menampilkan visualisasi 3D dari halaman DOM. Implementasi ini didukung oleh kemampuan WebGL, API dengan basis standard javascripts untuk menampilkan rendering 3D dalam elemen kanvas HTML5. Alat baru ini dapat memperlihatkan variasi tags halaman seperti blok, membuat mudah untuk melihat struktur halaman dan hirarki elemen halaman. pengguna dapat melakukan pembesaran tampilan - zoom - dan merotasikan tampilan 3D, hebat bukan?.

Vissualisasi 3D tersedia dalam Firefox Nightly build untuk diujicoba. Fitur ini sebenarnya akan diterapkan pada Firefox 10 namun diundur pada Firefox 11. Visualisasi 3D ini sangat fantastis mendemonstrasikan bagaimana WebGL dapat dipakai untuk memvisualisasikan data, namun belum jelas bagaimana hal ini bisa membantu developer website untuk memecahkan masalah di kenyataannya.

Penumpukan jaringan network di browser sudah ditingkatkan dengan preliminary support untuk SPDY, sebuah alternatif baru pada protokol HTTP yang diusulkan pertama kali Google pada tahun 2009. SPDY memberikan tawaran peningkatan performa melalui HTTP. SPDY memang masih belum siap untuk dilakukan dalam pekerjaan atau aktifitas seahri-hari di Firefox, namun SPDY dimasukkan untuk diujicobakan. Pengguna yang ingin melakukan atau mengujicoba SPDY bisa melakukan dengan mengaktifkannya dengan memilih properti di about:config : network.http.spdy.enabled

Layanan sinkronisasi built in juga diperbaiki di Firefox 11. Sinkronisasi add-ons sekarang bisa dijalankan secara otomatis diantara banyak gadget. Mozilla juga memuluskan sistem import Firefox jadi bisa untuk melakukan migrasi data pada data browser pengguna, termasuk didalamnya bookmarks, riwayat, dan kukis, bahkan dari browser Google Chrome. Tampilan yang berubah lainnya dalam Firefox 11 lainnya adalah desain ulang kontrol media playback untuk konten audio dan video HTML5.

Mensikapi isu yang belum diselesaikan dalam kontes Pwn2own, mozilla jadinya menunda rilis Firefox 11 minggu ini. Teknisi Firefox, Direktur Engineering Jonathan Nightingale menuliskan dalam blognya kemarin mengindikasikan bahwa rilis kemungkinan akan diundur lagi. Kemudian pada akhirnya dia menjelaskan bahwa lobang keamanan sudah teridentifikasi dan dibenarkan secara internal dan dilaporkan dalam kontes. Dan hasilnya mereka memutuskan untuk memproses rilis dalam tahapan proses ini.

Firefox 11 saat ini sudah bisa diunduh dari website Mozilla. Akan diluncurkan melalui sistem otomatis update, namun Mozilla sementara ini masih menunda untuk meluncurkan update otomatis, untuk memastikan bahwa hal ini tidak akan bertentangan dengan apapun di update bulanan yang direncanakan oleh Microsoft Windows. Rincian tambahan tentang Firefox 11, dapat di baca pada pengumuman resmi Mozilla.
Judul: Mozilla Firefox 11 dirilis dengan Style Editor dan kemampuan 3D DOM ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment