Thursday, March 8, 2012

Online Peta Kuno berdasarkan Sejarah

Peta Kuno Online berdasarkan Sejarah
Peta tua online, hal menarik yang mungkin tak pernah terpikirkan. Membuat peta online jaman kuno memerlukan riset yang mendalam tentang sejarah kota dan daerah. Hebat sekali ide pembuatan peta navigasi dunia dan kota tua yang bisa di akses secara online.

Peta dunia kuno online yang sangat besar berdasarkan koleksi sejarah dilaunching awal minggu di bulan maret 2012 di Old Maps Online. Situs ini mengklaim memiliki 60.000 peta yang tersedia dan dapat diakses oleh masyarakat. Lembaga yang bekerjasama dalam pembuatan Situs peta sejarah online ini adalah British Library, the National Library of Scotland, the Czech Republic's Moravian Library dan the San Fransisco Bay Area' David Rumsey Map Collection. GIS sejarah Inggris milik Universitas Portsmouth mengumpulkan koleksi peta ini bersama Klokan Technologies dari Swiss.

Anda dapat memulai tour berkeliling dengan zoom pada daerah anda, re orientasi arah maupun trace apa yang pernah terjadi. Di kolom kanan berisi tentang perubahan-perubahan yang pernah terjadi.

Semua peta sejarah yang dapat di klik di presentasikan dalam frame yang terpisah yang dapat diperbesar gambarnya, hasil masukan dari banyak kontributor yang diwakili perlembaga. Slider di atas memungkinkan anda untuk secara dinamis mengubah apa yang ada dengan menggerakkan dari tahun 1000 masehi hingga tahun 2010. Bisa di cek di Google Maps untuk pembanding. Kotak pencarian juga dapat digunakan untuk mencari tempat berdasarkan nama.

Dr. Humphrey Southall sebagai pimpinan projek ini mengatakan:
We tried to design a very simple search interface which anyone familiar with Google Maps will know how to use, and we aim to provide instant gratification: once you find an interesting map on our site, you will be only a couple of clicks from seeing a high quality image on the relevant library's site. We are also trying to make it as easy as possible for libraries to be included: we don't try and charge them, and we aim to help them get their collections ready for us. Basically, we're aiming to include as many high quality online map collections as possible, and to make them accessible to as many people as possible."

Projek ini berhak cipta pada kontributornya, dan masih terbuka bagi banyak kontributor untuk mengembangkan sejarah dan peta tua yang bisa diakses online, terutama bagi pemerintah kota yang mau berkontribusi.

Arstechnica via Old Maps Online lets you find your way around 17th century Holy Roman Empire
Judul: Online Peta Kuno berdasarkan Sejarah ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment