Wednesday, April 25, 2012

Manfaat Coklat Hitam terbukti baik bagi Jantung dan Gula Darah


Cerita yang sudah lama tentang manfaat baik coklat hitam bagi jantung. Penelitian terbaru pun menegaskan bahwa coklat memang baik untuk kesehatan jantung. Bukan hanya itu namun mengkonsumsi coklat hitam dalam jumlah lumayan juga memiliki pengaruh untuk menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan jumlah gula dalam darah.

Tim peneliti melakukan uji coba tentang efek langsung dari konsumsi coklat yang diyakini para ilmuwan sebagai hal yang memiliki pengaruh substansial terhadap kesehatan.

Coklat mengandung senyawa yang disebut 'flavanols' yang menunjukkan dan memainkan peran yang banyak bagi tubuh termasuk sebagai antioksida dan anti inflamatori.

Peneliti di Universitas Negeri San Diego di Amerika menyarankan kepada 31 orang untuk mengkonsumsi 50 gram coklat hitam biasa, coklat hitam yang dipanaskan atau coklat putih selama 15 hari.

Saat di perbandingkan dengan kelompok yang mengkonsumsi coklat putih, dibandingkan dengan yang mengkonsumsi coklat hitam. Kelompok yang mengkonsumsi coklat hitam menunjukkan bahwa mereka mengalami kadar glukosa dalam darah yang lebih rendah dan kadar lipid darah jelek yang juga lebih rendah.

Peneliti menyimpulkan bahwa coklat hitam mungkin menurunkan resiko gejala kardiovaskular dengan memperbaiki kadar glukosa darah dan lipid.

Namun mereka juga mengingatkan bahwa meskipun kebiasaan mengkonsumsi coklat hitam mungkin menguntungkan kesehatan dengan menurunkan resiko penyakit jantung, coklat harus di konsumi dengan moderasi karena coklat dapat dengan mudah meningkatkan lemak dan kalori setiap harinya.

Jurubicara dari tim peneliti mengatakan bahwa mereka mendapatkan hasil yang bagus dari subjek penelitiannya karena setiap orang ingin memakan coklat. Dan tim juga menyarankan kepada setiap orang untuk tidak makan coklat lebih dari 50 gram setiap harinya.

Sekarang para peneliti sedang merencanakan untuk menindaklanjuti penelitian dengan melibatkan lebih banyak orang dan jangka waktu konsumsi coklat yang lebih panjang.

Hasilnya akan dipresentasikan pada pertemuan Experimental Biology 2012 di San Diego.
Manfaat Coklat Hitam terbukti baik bagi Jantung dan Gula Darah
Ditulis oleh: Horizon Inspirasi pada 25 April 2012
Rating: 4.5
Judul: Manfaat Coklat Hitam terbukti baik bagi Jantung dan Gula Darah ; Ditulis oleh bolosrewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

4 comments :

  1. mmmmmm,,selain enak di makan n enak dimulut coklat juga bermanfaat bgt
    makanan yang paling aku suka bgt tuuh coklat

    ReplyDelete
  2. Kalo ada yang bilang coklat itu bisa bet umur panjang , betul ga tuuh ?

    ReplyDelete
  3. bisa untuk diet juga gak yah...
    hehehehe

    ReplyDelete
  4. Klo ada yang minat coklat hitam bisa hub saya di:
    Contact Person :
    XL: 087808330782
    AS: 085215532786
    IM3: 085716207738
    http://www.kaskus.co.id/post/509783900a75b483460000c5#post509783900a75b483460000c5

    ReplyDelete