Tuesday, April 10, 2012

Rahasia YMJET-FI Yamaha Soul GT Motor baru di Indonesia

Rahasia YMJET-FI Yamaha Soul GT Motor baru di Indonesia

Yamaha Soul GT. Apa artinya GT dibelakangnya? "Ada beberapa arti dibalik nama GT," buka Eko Prabowo, GM Promotion & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Ada tiga arti GT, Gentle untuk para pengendara laki-laki karena Yamaha Mio J diperuntukan untuk wanita dan keluarga.

Desain baru yang berotot diinsipirasi mobil-mobil Amerika ini dipastikan akan cocok untuk kaum pria. Dari sisi desain yang berotot ini membawa makna GT dibelakang Yamaha Soul yang bisa dimaksudkan sebagai Grand Tourismo/Grand Touring layaknya mobil-mobil produksi Amerika.

Rahasia YMJET-FI Yamaha Soul GT Motor baru di Indonesia

"Arti lainnya dari sisi kecanggihan teknologi YMJET-FI yang ramah lingkungan. Yaitu, GT berarti Great Technology atau Green Technology," Kata Eko Prabowo.

Spesifikasi mesin Soul GT serupa dengan Mio J. Mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, pendingin kipas dan kapasitas 113 cc. Mesin Yamaha Soul GT mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm. Rahasianya ada di Teknologi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) memiliki dua katup kupu-kupu di throttle body-nya. Satu katup membuka aliran udara untuk melalui selang air assist di putaran rendah, sedang katup lainnya bekerja di putaran tinggi agar suplai udara sesuai dengan kebutuhan ruang bakar.

Kombinasi ini membuat konsumsi bahan bakarnya diklaim sangat hemat. Dalam kondisi pengetesan kombinasi, Yamaha Soul GT mampu menempuh jarak 51,9 km dengan satu liter bahan bakar.

"Selisih sedikit dengan Mio J yang bisa 52 kilometer per liter. Sedikit berbeda karena Soul GT memiliki bobot yang lebih berat dari Mio J, ada perbedaan sekitar 1 kilogram," ungkap M. Abidin, General Manager Technical PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Rahasia YMJET-FI Yamaha Soul GT Motor baru di Indonesia

Meski sangat powerfull, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buangnya tetap ramah kantong dan ramah lingkungan. Motor Yamaha ini juga dilengkapi dengan forged piston dan diasil cylinder untuk meningkatkan performa dan durabilitas mesin. Yamaha Soul GT on the road Jakarta dibanderol Rp 13,9 juta

Rahasia YMJET-FI Yamaha Soul GT Motor baru di Indonesia

Alasan mengapa menjadi Yamaha Soul GT bukan lagi Yamaha Mio


Yamaha Indonesia menghapus nama Mio pada generasi penerus Soul. Skutik injeksi kedua Yamaha yang diadopsi dari muschle car, kini hanya memiliki nama Soul GT.

Lalu apa alasan Yamaha menghilang Mio pada skutik ini? Presiden Direktur Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonisius Beti menjelaskan sejak pertama diluncurkan Mio memang ditujukan untuk menyasar kaum hawa. Kemudian lahir juga varian untuk wanita dan pria yaitu Mio Soul.

"Tapi belakangan sudah saatnya dibuat skutik khusus untuk pria yakni Soul GT," kata Presiden Direktur Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyonisius Beti saat peluncuran Soul GT di Jakarta, Sabtu 7 April 2012.

Menurutnya, Mio sangat identik dengan wanita. Alhasil, nama Mio dihapus dari generasi penerus Mio Soul ini. "Ini sesuai dengan desain dan karakter motor yang berotot dan macho. Jadi cocok untuk kaum pria yang ingin tampil beda," ujarnya.

Dyonisius menambahkan, Soul GT diplot untuk menggantikan Mio Soul lawas yang masih menggunakan sistem karburator. Hal ini akan menjadi masa transisi dari karburator ke injeksi. "Otomatis jika sudah migrasi semua ke Soul GT, permintaan pasar untuk Mio Soul generasi karburator akan menurun. Jika sudah tidak ada lagi permintaan, ya tidak akan diproduksi," kata dia.

Sebelumnya, VIVAnews.com mendapatkan kesempatan untuk uji mengendarai Yamaha Soul GT di sirkuit kecil Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu 7 April 2012. Stabil, lincah, putaran gas yang ringan, serta minim getaran menjadi poin penting yang paling dirasakan usai mencoba Soul GT.

Seperti kakaknya (Mio J), Soul GT juga mengusung teknologi mutakhir Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI), forged piston, dan diasil cylinder untuk meningkatkan performa dan durabilitas mesin. Soul GT yang tanpa embel-embel Mio memang menggunakan rangka dan mesin serupa dengan Mio J.

Ada tiga makna GT, jika dilihat dari sisi target konsumen yaitu lelaki maka GT berarti Gentle. Adapun dari sisi desain motor terinspirasi Muscle Car Modern khas Amerika, GT berarti Grand Tourismo/Grand Touring.

Kombinasi dari ketiga makna itu menjadikan Soul GT terlihat gahar dan menebarkan aura berotot layaknya tunggangan lelaki. Ini bisa terlihat dari lekuk bodi Soul GT dengan garis-garis tegas menggambarkan DNA sport Yamaha. Lihat spesifkasi detail Soul GT di sini.

Soul GT menggendong mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.

Skutik yang memiliki bobot 93 kg ini mampu menampilkan performa tinggi dengan konsumsi BBM yang dirancang lebih irit 30 persen. Adapun konsumsi bahan bakarnya diklaim rata-rata total 51,9 km/liter--berbeda dengan konsumi BBM Mio J yakni 52 km/liter.
"Memang agak berkurang 0,1 liter meskipun mesinnya sama. Karena Soul GT lebih berat 1 kg ketimbang Mio J," kata Asisten General Manager Service Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M. Abidin pada kesempatan yang sama.

Soul GT memiliki tujuh pilihan warna yaitu Fighting Red, Masculine Blue, Lightning Green, Sirius Black, Lunar White serta dua warna baru Deep Purple dan Amor Bronze. Yamaha memasarkan Soul GT dengan banderol harga Rp13.900.000 untuk on the road Jakarta dan sekitarnya. Yamaha menargetkan penjualan Soul GT sebanyak 30-35 ribu unit per bulan.



Laporan Yamaha Launching di Sentul dan Helm Khusus Yamaha Soul GT


Perkenalan perdana Soul GT kepada publik dilakukan Yamaha melalui test ride bersama media di sirkuit karting Sentul, Sabtu (7 April). Matik “Keren, Lincah, Irit” Yamaha ini sekaligus diluncurkan resmi di hari yang sama di La Piazza, Kelapa Gading.


Launching resmi Soul GT juga diramaikan dengan kehadiran Helm Soul GT yang inline dengan motornya. Dengan helm Soul GT, pengguna motor Soul GT semakin percaya diri. Bentuk helm yang eksklusif mengikuti konsep Soul GT, membuat penampilan senada saat berkendara. Selain itu, Helm Soul GT memberikan rasa aman dan nyaman dalam berkendara karena kerangka helm dirancang secara eksklusif dan telah teruji memenuhi standar SNI-2007. Pengendara juga dapat membersihkan bagian dalam helm secara mudah, karena helm Yamaha dikembangkan dengan konsep CSC (Clean, Safety, Comfort). Helm Soul GT ini diproduksi secara khusus dan dijual terpisah dengan unit motornya. Helm Soul GT tersedia beberapa varian warna dan dapat dibeli oleh konsumen di dealer-dealer resmi Yamaha dengan harga Rp 225,000. Yamaha menargetkan produksi helm Soul GT sekitar 5.000 per tahun

Yamaha menyediakan 14 unit Soul GT untuk digunakan dalam test ride. Media diberikan kesempatan maksimal dua lap mengitari sirkuit Sentul kecil itu menunggangi Soul GT. Tampilan macho bodi dan tatapan tajam lampu depan dan mata malaikat lampu senja Soul GT menyatu sempurna dengan lintasan sirkuit. Mencuatkan kesan laki-laki yang melekat erat dalam imej Soul GT.

Untuk urusan mesin, Soul GT sudah terbukti ketangguan serta iritnya. Test ride Soul GT kali ini lebih mempertegas kesan penampilan motor matik spesial untuk pria macho.


Setelah test ride yang memanjakan media, rangkaian aktivitas peluncuran Soul GT dilanjutkan dengan press conference di Yamaha DDS Jakarta. Press conference ini dihadiri Board of Director (BOD) Yamaha diantaranya Presiden Direktur Yamaha Motor Indonesia Tsuneiji Suzuki dan Vice President Executive Dyonisius Beti.

Selanjutnya BOD Yamaha dan beberapa media akan mengikuti city touring dari DDS Jakarta ke La Piazza menggunakan 14 Soul GT. City touring ini juga diramaikan tunggangan serta iring-iringan anak klub Mio, Mio Fino dan Xeon.

Suasana malam di La Piazza, Kelapa Gading, menghangatkan puncak peluncuran Soul GT. Di pusat keramaian wilayah Jakarta Utara itu, Yamaha membuka tabir sosok Soul GT ke hadapan publik umum lebih luas lagi. Tiga unit motor Soul GT dipajang di atas panggung utama. Lightning dan lasser show menyemarakkan peluncuran resmi Soul GT. Diramaikan flash mob, shuffle dance parade competition dan penampilan band-band terkemuka, Killing Me Inside, Super Glad dan NSB Band.

Pengunjung juga dapat mengunjungi booth matik-matik baru Yamaha, untuk lebih mengenal dan memahami keunggulan-keunggulannya. Sensasi launching Soul GT ditambah kehadiran duo matik baru lainnya yang diluncurkan awal tahun ini, Mio Fino dan Mio J, menebar semarak matik-matik nomor satu Yamaha.

Source : Vivanews dan Yamaha

Rahasia YMJET-FI Yamaha Soul GT Motor baru di Indonesia
Ditulis oleh: Horizon Inspirasi pada 10 April 2012
Rating: 4.5
Judul: Rahasia YMJET-FI Yamaha Soul GT Motor baru di Indonesia; Ditulis oleh Bolo Srewu; Rating Blog: 4.5 dari 5

2 komentar:

Post a Comment