Monday, April 30, 2012

Reportase Festival TIK Wilujeng Surfing 2012 @relawantik


”Festival TIK untuk Rakyat: Wilujeng Surfing 2012, Semua bisa jadi RelawanTIK” adalah tema besar acara yang diadakan di Politeknik Telkom, Bandung tanggal 28 - 29 April 2012. Tujuan acara ini selain ekspo dan ajang belajar untuk mengurangi kesenjangan digital dan pengentasan kemiskinan melalui pemanfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memiliki latar belakang kompleks yaitu perwujudan komitmen para kepala pemerintahan negara pada pertemuan World Summit on Information Society di Jenewa pada tahun 2003 dan di Tunisia pada tahun 2005. Para peserta pertemuan dunia tersebut sepakat bahwa TIK dapat berperan sebagai katalisator dan juga peluang usaha untuk masyarakat.

Dijelaskan juga dalam situs resmi Wilujeng Surfing di Festival TIK bahwa ada fakta jika penduduk Indonesia yang menggunakan internet sejumlah 55 juta dan diantaranya ada 29 juta pengguna internet mobile, berdasar survey yang dilakukan MarkPlus pada tahun 2011. Tidak heran ketika ada ribuan komunitas berbasis TIK di Indonesia, namun menjadi latar belakang diadakannya festival ini adalah pertanyaan tentang seberapa pengaruh TIK dalam kenyataannya di masyarakat dan apa saja yang sudah dilakukan pemerintah maupun para pegiat TIK yang mengembangkan cara pemanfaatannya dapat dirasakan oleh masyarakat dan pengaruhnya pada bidang ekonomi?

Selain mengajak untuk menjadi relawan TIK kepada seluruh warga masyarakat yang mau untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan masyarakat informatif untuk berbagi sebagai relawan TIK dan terbuka lebarnya pintu bagi semua untuk menjadi Relawan TIK.

Rencana acara Festival TIK Wilujeng Surfing pun disusun dengan sangat padat seperti dibawah ini:



Acara di atas disusun untuk mencapai tujuan Festival Wilujeng Surfing 2012 sebagaimana yang tertera di Tujuan Penyelenggaran Festival TIK
  • Menyosialisasikan gerakan pemberdayaan masyarakat melalui TIK yang diselenggarakan oleh pemerintah, pegiat TIK maupun pihak lainnya.
  • Mempertemukan “demand” masyarakat atas edukasi di bidang TIK dengan “supply” yang dimiliki oleh berbagai pihak seperti pemerintah, perguruan tinggi dan pegiat TIK dan Industri.
  • Edukasi untuk masyarakat dan sekolah tentang berbagai materi pembelajaran di bidang TIK
  • Silaturahmi para stake holder yang memiliki kepedulian atas edukasi TIK di masyarakat sehingga diharapkan dapat terciptanya sinergi dalam melakukan kegiatan
  • Mengembangkan kegiatan kewirausahaan dengan pemanfaatan TIK

Reportase menuju Wilujeng Surfing Festival TIK 28 - 29 April 2012 di Bandung


Perhelatan agar maksimal, sebelumnya dilakukan pemanasan dengan talkshow di TVRi pada 20 April 2012 jam 10.00 WIB bersama ketua Relawan TIK Indriyatno Banyumurti.



Ada 20 lebih Workshop direncanakan untuk konten Festival TIK Wilujeng Surfing, terbuka untuk umum dan gratis:



@yananoviadi Kades 2.0 dari Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya pun akan hadir memberikan materi tentang Desa Membangun.



Selain di TVRI, via streaming radio internet Banyumurti pun melakukan talk show di Radio Kalamkata pada 25 April 2012. Radio Kalamkata adalah radio milik @internetsehat yang juga bergerak di bidang TIK bersama ICT Watch.




Mahasiswa Poltek Telkom tidak ketinggalan untuk berlatih mengisi acara penyambutan Menteri Kominfo untuk membuka Festival TIK.




Tanggal 27 April 2012, para relawan TIK dari wilayah Jawa Timur bergerak menuju Bandung menyisir jalur selatan Jawa untuk menjemput dan membawa para relawan yang akan berangkat ke Wilujeng Surfing 2012.





Tikus Darat, Sebuah mobil teknologi informasi untuk situasi darurat milik @CombineRI Jogja pun berangkat untuk ikut ambil bagian dalam Festival Relawan TIK Wilujeng Surfing.



Relawan TIK dari Sinjai Sulawesi Selatan pun mengabarkan jika sudah siap untuk berangkat menuju Bandung.




Berbagai konfirmasi Relawan TIK dari berbagai wilayah muncul di linimasa @RelawanTIK:







Kesibukan tempat lokasi Festival Wilujeng Surfing pun mulai terasa:













Para peserta mulai berdatangan pada siang menjelang sore hari, pertama kali @Tikus_Darat pun langsung melakukan installasi.













Reportase Wilujeng Surfing Festival TIK 28 - 29 April 2012 di Bandung


Akhirnya setelah semuanya hadir dan siap, pada siang hari tanggal 28 April 2012 di Auditorium lantai 3 Gedung Poltek Telkom. Perhelatan Festival Wilujeng Surfing pun dibuka untuk belajar bersama dan workshop selama 2 hari dalam kelas-kelas paralel sehingga peserta harus serius dalam menentukan workshop mana yang diikuti. Tentu akan sangat berat untuk memilih karena tema-tema IT yang menarik semuanya.




Setelah dibuka maka para pengunjung pun mulai menyebar mengunjungi stan pameran yang berada di lantai bawah gedung. Terlihat mereka antusias melihat produk-produk yang dipamerkan.




Pembukaan pun dimulai dengan penampilan dari mahasiswa UKM Minang yang cukup menghibur para peserta, dan secara resmi dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Berbagai lomba dari Groovialite, COSPLAY, Speedytrek, dalam live tweet maupun lomba blog dengan hadiah menarikpun diumumkan dan disambut meriah oleh para peserta. Dan berbagai seremonial lainnya dilakukan dengan lancar.







Pukul 13.00 Acara dilanjutkan dengan seminar nasional yang bertema 'Perkembangan TIK dan dampaknya bagi masyarakat Indonesia' bersama narasumber Ashwin Sasongko Itoc Tochija, Suhono Harso Supangkat, Yasraf Amir Piliang, Mr. Wisit Atipayakoon dimoderatori oleh Herdina dari TVRI.

Acara ini cukup panjang dengan diskusi tanya jawab tentang TIK dan cukup menarik dengan Cimahi yang menuju kota Cyber, dibaakan sendiri oleh bupati Cimahi. Serta perbandingan tentang apa yang dilakukan dengan Thailand yang juga sedang giat mengembangkan TIK untuk masyarakat. Dalam sesi tanya jawab dikatkan juga oleh wakil relawan TIK dari Sinjai, Sulawesi Selatan yang mengatakan bahwa disana PLIK tidak berjalan dan menyinggung pula tentang program Desa Berdering. Kurangnya kerjasama dan pingpong dengan para pegiat TIK menjadi pertanyaan besar mengapa itu bisa terjadi.




Setelah seminar Nasional, Acara dilanjutkan dengan workhsop dan demo tentang Open BTS bersama Onno W Purbo, Ian @ontamesir, dan Tjatur dari ICTWatch. Pada kesempatan ini diperkenalkan peralatan, cara install dan setting OpenBTS yang harganya sekitar 15000 USD. Seperti biasa pak Onno menerangkan dan kemudian praktek, namun saat ini OpenBTS sudah menggunakan rilis terbarunya versi 2.8 sehingga konfigurasi file yang digunakan berubah. Dan ICTWatch mengajak para mahasiswa tingkat akhir untuk melakukan riset bersama tentang OpenBTS ini. Uniknya OpenBTS selain baru bisa digunakan untuk voice dan SMS, seluruhnya dikonfigurasi menggunakan sofware yang ada di config-nya. Hari ini OpenBTS menggunakan ISSD Singtel sebagai contoh dan dipraktekan bahwa semua SIMcard bisa menggunakannya. Uji coba penggunaan telepon pun berjalan dengan baik.




Seluruh data software termasuk perintah configurasi melalui terminal Linux diperkenalkan dan ditulis di OpenBTS 2.8. Untuk Build, make dan Configure via terminal semua perintah tersedia, namun karena versi OpenBTS 2.8 ini masih baru dan baru dirilis tanggal 26 April 2012, maka masih banyak software yang belum cocok. Sehingga banyak yang masih harus dioprek sendiri.



(bersambung)

Reportase Festival TIK Wilujeng Surfing 2012 @relawantik
Ditulis oleh: Horizon Inspirasi pada 30 April 2012
Rating: 4.5
Judul: Reportase Festival TIK Wilujeng Surfing 2012 @relawantik ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

1 komentar :

Post a Comment