Monday, April 2, 2012

Visions of Ecstasy


Visions of Ecstasy, sebuah film pendek berdurasi 19 menit karya sutradara Nigel Wingrove yang dilarang di Inggris. Akhirnya setelah pertempuran pemerintah Inggris dengan EHCR - European Court of Human Rights - Pengadilan hak asasi Eropa, boleh diputar dan video DVDnya bisa dijual setelah 23 tahun pelarangannya pada tahun 1989, karena dianggap mencemarkan nama baik dan menghujat agama.


Nigel Wingrove memperjuangkan film ini ke EHCR atas nama kebebasan berekspresi, dan gagal pada tahun 1996. Namun saat ini BBFC - British Board of Film Classification - mengeluarkan keputusan "The British Board of Film Classification (BBFC) has passed VISIONS OF ECSTASY at 18 without cuts".

Sebelumnya selain dianggap menghujat agama, film Vision fo Ecstasy yang memvisualisasikan adegan tentang visi seorang suster Spanyol abad 16 St Teresa of Avila yang melakukan interaksi seksual pada Yesus saat di salib, ditarungkan dengan Video Recordings Act tahun 1984 sehingga diklasifikasikan sebagai video porno atau nakal.




Memang film dan ijin didistribusikannya film ini akan membuat orang Kristen bertambah rasa ketakutan dan semakin terpojok dengan karena saat inipun masih sibuk dengan gangguan permasalahan tentang pernikahan sesama jenis yang marak dimana-mana.

Wingrove saat ini menyiapkan film Vision fo Ecstasy dalam distribusi berlabel 'Redemption Films' yang dikhususkan dalam film fetish horor dan ocult.


Visions of Ecstasy
Ditulis oleh: pada 2 April 2012
Rating: 4.5
Judul: Visions of Ecstasy ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

1 komentar :

Post a Comment