Monday, February 20, 2012

Windows 8 Logo dan sejarah Logo Windows

Windows 8 Logo
Logo Windows 8 berubah, berbeda dengan logo Windows 7 yang hampir sama dengan logo Windows XP. Logo Windows 8 memiliki maksud tentang imajinasi ulang sistem operasi Windows. Semua di eksplorasi termasuk logo Windows untuk melakukan evaluasi bagaimana melakukan penanganan operasi pada PC yang modern. Windows logo menjadi ikon yang harus dikenal sehingga Tim Windows mulai menganalisa kembali tentang evolusi logonya dan refleksi tentang prinsip desain gaya Metro dan mencoba menghubungkan kembali dengan karakter yang kuat pada masa dahulu.

Tim Windows bekerjasama dengan sebuah agency untuk mendesain kembali logonya dan mereka bekerja sama dengan Pentagram. Tim Windows tertarik dengan Pentagram karena selera desain-desain grafis klasiknya yang masuk dan cocok dengan prinsip TIm Windows tentang desain Metro.

Pada saat awal mula pembangunan Windows 8, mereka berkonferensi antara tim Windows 8 dan Pentagram yang melibatkan Paula Scher, Michael Beirut dan Daniel Weill serta beberapa pimpinan marketing dan desainer dari Microsoft Windows. Di awal-awal pertemuan ini mereka membicarakan dan sharing seharian tentang filosofi Desain Gaya Metro, sejarah tentang Windows dan nilai-nilai yang diusungnya serta trend industri desain grafis dan teknologi.

"To see what is in front of one's nose needs a constant struggle."- George Orwell

That is the feeling we had when Paula Scher (from the renowned Pentagram design agency) showed us her sketches for the new Windows logo.
It’s a window… not a flag

Paula asked us a simple question, “your name is Windows. Why are you a flag?”
Itulah perasaan yang dirasakan oleh tim Windows ketika Paula Scher menunjukkan sketsanya tentang Logo Windows yang baru.

Ini jendela ... bukan sebuah bendera

Paula menanyakan pada tim Windows sebuah pertanyaan sederhana, "Namamu adalah Jendela. Mengapa kamu menjadi bendera?" 

Dalam beberapa metode dapat di lihat evolusi perubahan Logo Windows secara paralel dengan kemajuan-kemajuan teknologi yang digunakan untuk menciptakan logo-logo windows. Dari dua warna sederhana pada Windows versi 1.0 hingga warna komplek dan render detil pada Windows Vista dan Windows 7, semua perubahan wajar dalam konteks kapan dan saat logo tersebut dibuat. Sebagaimana peningkatan kemampuan komputer, penggunaan sumber tenaga untuk merender warna yang banyak, font yang lebih baik, dan terutama masalah detil dan kedekatan dengan efek visual 3D seperti kedalaman, bayangan dan bahan. Tim Windows akhirnya memasukkan resolusi yang rendah untuk sistem resolusi yang tinggi saat ini. Dan memulai sebuah 'jendela' sederhana untuk menggantikan nama produk yang menjadi sebuah bendera yang berkibar atau bergelombang.

Namun jika dilihat kembali kebelakang ke logo Windows yang pertama kali, akan terlihat bahwa memang maksudnya adalah 'jendela'. Windows adalah metafora yang cantik untuk kemampuan berkomputer dan dengan logo yang baru Tim Windows ingin merayakan perspektif ide tentang Jendela. Microsoft dan Windows adalah tentang semua hal yang menunjukkan teknologi yang ada di tangan orang-orang untuk menguatkan mereka untuk menemukan perspektifnya sendiri. Dan untuk hal itulah logo baru ini dibuat. Tim Windows hanya sedikit berusaha membuat desain kembali dan lebih banyak kembali pada maksud orisinil Windows yang dahulu dan membawa Windows kembali ke akarnya, mengimajinasikan kembali bahwa Logo Windows aslinya adalah sebuah 'Jendela'.
Logo Windows dari masa ke masa
Mari melihat beberapa versi logo Windows sebelumnya:

Windows 1.0

Logo Windows yang Orisinal, sebelum menemukan sekaligus menyegarkan kembali dan terinspirasi dengan pekerjaan yang dikerjaakn pada visualisasi desain gaya Metro. Dengan menggunakan garis yang sederhana dan konsep kedepan yang tegas, logo ini mengingatkan Tim Windows tentang apa yang besar dan nama yang menggugah dalam kata 'windows'.

Logo Windows 1.0

Windows 3.1

Untuk sebagian besar yang ada di Tim Windows saat ini, logo windows 3.1 adalah logo Windows yang terdahulu dan asli. Saat ini gambar terang windows dan mengawali dengan empat warna merk Windows ke depannya. Pengenalan tentang 'waving effect' atau efek kibaran memberikan logo windows 3.1 memiliki rasa pergerakan. Logo ini menjadi dasar dari versi-versi Windows keluaran tahun 1990an.
Logo Windows 3.1
Windows XP

Perubahan logo berikutnya datang dengan diluncurkannya Windows XP. Yang nantinya akan lebih terkenal sebagai 'Windows Flag' atau 'Bendera Windows' Logo Windows XP lebih terang dan lebih memukau daripada logo pendahulunya. Versi logo yang menghuni pojok kiri bawah komputer Windows di sebelah tombol 'Start' juga mendapatkan sentuhan material dan efek 3D dari gradien dan bayangan yang rumit.
Logo Windows XP
Windows Vista

Saat Windows Vista diluncurkan ditandai juga dengan mulainya desain estetik AERO pada Windows dengan komponen kunci antar muka yang menjadi efek 'AERO Glass'. Menggantikan tombol hijau 'Start' yang menjadi seperti menyerupai lingkaran kaca dengan versi flat dari 'bendera' Windows XP. Secara internal, ikon ini menjadi lebih terkenal sebagai permata. Bisa di lihat intrik-intrik pencahayaan dari kaca yang melingkari. Hal ini memperlihatkan dalam banyak cara bagaimana kuatnya mesin render yang digunakan komputer PC. Versi logo ini tidak berubah banyak dalam logo Windows 7.
Logo Windows Vista
Windows 8

Dengan Windows 8, Tim Windows melakukan pendekatan desain ulang logo dengan beberapa kunci pemikiran dan tujuan besar:

  1. Tim Windows 8 ingin logo barunya menjadi modern sekaligus klasik dengan menonjolkan International Typographic Style atau desain gaya Swiss, yang memiliki pengaruh besar pada filosofi Desain Gaya Metro - Metro Style Design. Menggunakan warna tebal dan datar serta garis jelas dan tegas. Logo baru memiliki karakteristik sistem desain cara menemukan seperti yang terlihat di bandara atau jalan bawah tanah.
  2. Sangat penting bahwa logo baru membawa prinsip Tim Windows sebagai 'Authentically DIgital'. Dengan hal itu, yang dimaksudkan oleh Tim Windows bawha logo itu tidak mencoba mengemulasikan desain industri faux sebagaimana benda seperti gelas, kayu, plastik dan sebagainya. Logo ini memiliki gerak, dibatasi dengan kecepatan dan gaya yang cair yang akan ditemukan melalui Windows 8.
  3. Tujuan utama dari Tim Windows 8 tentang logo baru Windows 8 adalah untuk menjadi rendah hati namun percaya diri. Menyambut anda dengan perspektif yang agak berbeda dan ketika diubah warnanya, logo ini akan merefleksikan penggunanya. Sebagai sebuah cerminan tentang maksud 'personal computer atau komputer pribadi'.
Logo Windows 8

[ Via Blog Tim Windows ]
Judul: Windows 8 Logo dan sejarah Logo Windows ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

2 komentar :

Post a Comment