Wednesday, March 21, 2012

Aplikasi Gratis : Boros dan Cepat Merusak Baterai

Entah benar atau tidak, atau hanya ulah agar para pengguna gadget membeli aplikasi berbayar? atau ya memang benar? entah namun tulisan ini dilansir di situs Time yang tetnu saja postingannya tidak ngawur dan bisa dipertanggungjawabkan.

Ditanyakan apakah memang harus membeli aplikasi berbayar kalau ada aplikasi yang free untuk di download dan diinstall, yang perlu dipertimbangkan adalah borosnya dan keawetan baterai.

Bahwa sudah ada satu penelitian baru yang dilakukan para peneliti di Purdue University menemukan bahwa 65% hingga 75% daya yang digunakan oleh free app atau aplikasi gratis digunakan untuk merekam jejak pengguna, mengunduh iklan dan mengunggah informasi pengguna. Artinya hanya 25% hingga 35% dari seluruh resource baterai dipergunakan untuk menjalankan program aplikasi yang sesungguhnya juga hanyalah fungsi inti aplikasi.

Ahli ilmu komputer Abhinav Pathak dan timnya menganalisa beberapa aplikasi Android termasuk Angry Birds dan banyak lagi seperti aplikasi gratis chest yang ada di Android Market. Untuk game gratis, pengunduhan iklan melalui koneksi 3G sangat membuat boros baterai. Dalam kasus Angry Birds, hanya 18 persen energi yang sebenarnya dipergunakan untuk menjalankan game.

Aplikasi yang di desain oleh perusahaan berita lebih boros baterai untuk mengumpulkan informasi tentang anda. Menurut penelitian ini, aplikasi dari "The New York Times" menghabiskan 20% sampai 30% dari daya yang digunakan dipakai untuk merekam data pengguna.

Latar belakang mengapa baterai anda boros dan cepat rusak atau mati adalah karena aplikasi tidak lagi efisien saat mengunggah dan mengunduh informasi melalui koneksi 3G, Wi-Fi dan koneksi GPS, dan baterai berada dalam kondisi penggunaan daya yang boros dalam waktu lama meskipun program mungkin tidak memerlukan hal tersebut - para peneliti memperbaiki masalah ini dengan mengatur ulang beberapa aplikasi untuk menurunkan konsumsi daya baterai antara 20% hingga 65%.

Via New Study Shows that Free Apps Are Killing Your Battery
Judul: Aplikasi Gratis : Boros dan Cepat Merusak Baterai ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment