Monday, March 5, 2012

Broadcast BBM, Foto Manusia Tanpa Kepala

Foto Manusia Tanpa Kepala
BBM, Broadcast Blackberry Messenger semakin aneh aneh saja. Kali ini beredar broadcast BBM di daerah Sulawesi tentang foto manusia atau orang tanpa kepala. Foto tersebut menggambarkan 4 orang yang berpose di depan sebuah bangunan tua atau sepertinya mirip sebuah pintu masuk candi, dan dibelakangnya ada semacam oarng yang memakai sarung batik dan kaos namun kepalanya tidak ada, atau tak terlihat.

Mungkin tukang broadcast BBM yang pertama bisa di trace, dan sudah beredar di mana saja. Atau bisa cek metadata foto tersebut, namun siapa sih yang gampang percaya dengan model-model posting broadcast di sosial media tertutup seperti Blackberry Messenger tentang hal-hal yang jauh dari kewajaran.

Seperti halnya pesan broadcast yang belum lama terjadi tentang Bimbim Slank, bisa di baca di posting Bimo Setiawan Almachzumi aka Bimbim Slank dikabarkan meninggal dunia adalah #HOAX bahkan tanpa gambar namun membuat heboh di twitter dan sebagainya. Bahkan koran atau media besar mainstream pun merespon, dengan mengabarkan bukan langsung memberi kabar yang sebenarnya apakah bohong atau tidak, jadi sepertinya opini publik memang selalu tambah diombang-ambingkan oleh media mainstream dan entah apa maksudnya. Media mainstream saat ini bukan memberi solusi namun kadang hanya memberitakan berita-berita yang tidak menambah cerdas.

Seperti berita tentang Broadcast BBM tentang manusia tanpa kepala beredar di Sulawesi ini pun oleh media mainstream seperti tribunnews  pun hanya ditulis seperti ini:
Foto Manusia Tanpa Kepala Beredar Via BBM
Tribunnews.com - Minggu, 4 Maret 2012 15:42 WIB

Laporan Wartawan Tribun Timur, Edi Sumardi
TRIBUNNEWS.COM,MAKASSAR - Foto manusia tanpa kepala beredar via BlackBerry Messenger di Makassar, Sulawesi Selatan.
Pada foto tersebut terdapat seorang pria dan wanita muda berfoto bersama dengan latar belakang bangunan mirip candi dan pura. Namun, di sisi kiri foto tersebut terdapat foto mirip foto manusia tanpa kepala.
Tampak hanya baju kaos dan celana atau sarung bercorak.
Belum diketahui, apakah foto ini asli atau rekayasa dan waktu pemotretan. Tribun mendapatkan foto ini, Minggu (4/3/2012).
Sumber Tribunnews

Indeks pencarian Google untuk kata kunci Foto Manusia Tanpa Kepala
Apalagi jelas sekali pencarian Google pun untuk keyword Foto manusia tanpa kepala menghasilkan indeks pencarian sekitar 30 juta.

Update : tanggal 6 Maret 2012

Kompas, Mencabut berita pekok dan goblog tentang Foto Manusia tanpa kepala ini :-) 
Dicabut, Berita mengenai Foto Manusia Tanpa Kepala
| Benny N Joewono | Senin, 5 Maret 2012 | 06:07 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com — Redaksi Kompas.com mencabut berita mengenai foto manusia tanpa kepala yang dikatakan beredar via BlackBerry Messenger di Makassar, Sulawesi Selatan.

Alasan pencabutan, berita tersebut sumir, bernuansa klenik, dan sulit diverifikasi kebenarannya. Foto tersebut menggambarkan seorang pria dan wanita muda berfoto bersama dengan latar belakang bangunan mirip candi dan pura. Namun, di sisi kiri foto tersebut terdapat manusia yang seakan-akan tanpa kepala.

Belum diverifikasi apakah foto ini asli atau rekayasa semata, demikian juga dengan waktu pemotretannya yang tidak dijelaskan. Redaksi Kompas.com mohon maaf atas termuatnya berita foto tersebut.


Judul: Broadcast BBM, Foto Manusia Tanpa Kepala ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

2 komentar :

Post a Comment