Thursday, March 22, 2012

Google Chrome menjadi raja Browser mengalahkan Internet Explorer


Google Chrome adalah browser tercepat pertumbuhannya dalam sejarah alat peramban web. Chrome berada di urutan kedua sebagai browser yang paling sering dipakai pengguna internet di dunia, dan yang nomer satu adalah Mozilla Firefox. Dan kemarin menurut StatCounter, Google Chrome mengalahkan Internet Explores dalam jumlah penggunanya, sebagai browser nomer satu paling banyak digunakan di dunia.

Peramban internet Chrome memang adalah mimpi buruk bagi Internet Explorer dan Mozilla Firefox saat pertama kali datang di pasar web broeser sejak diluncurkan pertama kalinya dalam versi beta. Chrome langsung maju dan mendesak pasar, alasannya sangat sederhana kenapa bisa begitu, karena sebelumnya sebuah komunitas dan browser opensource Chromium memang sudah berkembang, dan memiliki komunitas yang cukup besar.

Menurut StatCounter, Chrome mendapatkan market sharing sebesar 32.71% pada hari minggu kemarin, pada hari yang sama IE dilaporkan berada pada kisaran 32.5%, 0.2% dibawah Chrome, baru kemudian disusul Firefox pada 24.88%. Pasti sangat mengejutkan bagi Microsoft dan tim Intenet Explorer karena posisi nomer 1 nya selama 13 tahun berpindah ke Chrome.

Menurut data analytic Microsoft, IE masih bertahan lebih banyak karena ada hitungan tersendiri dari Net Application:

Menurut Net Application and Microsoft, chrome mendapatkan 4.3% unik visitor dari hasil render fitur tersebut bulan lalu.

Data berdasarkan regional:

  • Asia – Chrome berada di peringkat browser No.1
  • Africa – Chrome mengalahkan IE dan sekarang adalah browser populer kedua setelah Firefox
  • Europe – masih pada posisi yang seimbang antara IE, Chrome dan Firefox
  • North America – IE masih memimpin dan Chrome di posisi kedua.
  • South America – Chrome memimpin dengan 50% market share!

Untuk bulan ini, IE masih memimpin pasar. IE masih bearda pada posisi 34.78% sementara Chrome 30.91% dan Firefox 25.04%. Tren memperlihatkan bahwa Microsoft akan kalah sekitar 0.9 poin bulan ini, Google akan mendapatkan 1 poin dan Mozilla akan menambahkan 0.2 poin.

Browser Google Chrome masih menampakkan tanda-tanda peningkatan yang kentara setiap tahunnya. IE sudah cenderung akan kalah dan mugnkin bulan depan akan begitu juga. Jika melihat tren dari StatCounter, Chrome akan mengalahkan IE sekitar bulan Mei dan Juni tahun ini.

Google Chrome
Reviewed by Horizon Inspirasi on Mar 22 2012
Rating: 4.5
Judul: Google Chrome menjadi raja Browser mengalahkan Internet Explorer ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment