Friday, March 16, 2012

Bongkar iPad 3 : ada apa di dalamnya?

Ipad 3 - Logic Board

Ahli bongkar perangkat dari iFixit terbang ke Australia tanggal 16 Maret 2012 saat International Date Line ke Australia. iFixit tim, adalah tim pertama yang membeli iPad di toko Telstra di Melbourne, dan kemudian segera membongkar perangkat tersebut dan tidak heran ketika kemudian menemukan di dalamnya sebagian besar berisi baterai 42.5Whr.

Kaca penutup luar dan layar Retina dibuat oleh Samsung, dengan kode nomor produksi yang sama seperti panel Samsung sebelumnya. Banyak rumor yang mengatakan bahwa LG dan Sharp juga dipertimbangkan sebagai penyedia bahan perangkat keras untuk iPad 3 seperti layar resolusi 2048x1536 piksel tersebut, meskipun sepertinya akhirnya supplier hanyalah Samsung saja, mencukupi hingga peluncuran Apple iPad.

Analis dari IHS iSuppli, Vinita Jakhanwal, mengatakan pada majalah Wired kemarin bahwa LG dan Sharp sepertinya akan mendapatkan jatah produksi pada bulan April.

iFixit juga mengkonfirmasi ulang bahwa iPad 3 memiliki 1GB RAM. Terdiri dari 2 keping 512 RAM merk Elpida LP DDR2 yang di solder di logic board di bawah prosesor A5X.

Chip lainnya termasuk chip Broadcom 802.11n Wi-Fi dengan dukungan Bluetooth 4.0 kompatibel seperti penerima pancaran radio FM, IC manajemen daya merk Apple, NAND flash buatan Toshiba, dan band frekuensi berbasis Qualcomm MDM9600.

Qualcomm MDM9600 adalah chip generasi pertama modem yang bisa mengkombinasikan LTE, HSPA dan EV-DO, dan kita semua mengharapkan generasi penerusnya MDM9615, yang diharapkan bentuknya lebih kecil dan irit konsumsi daya. Sekarang belum ada, dan mungkin MDM9615 akan ada di perangkat Apple di akhir tahun ini bersama produk iPhone yang kompatibel dengan LTE.

Karena peningkatan kebutuhan daya untuk MDM9600 dan display Retina, maka Apple meningkatkan juga kapasitas baterainya. iPad pertama menggunakan sebuah baterai 24.8Whr, Apple meningkatkan daya-nya pada iPad2 menjadi 25Whr dan masih bisa lebih tipis 5mm. Meskipun iPad 3 hanya 0,6 lebih tipis daripada iPad 2, dia sanggup mengusung baterai 42.5Whr, 70 persen peningkatan kapasitas daya yang sangat mencengangkan.

Menurut CEO iFixit Kyle Wiens desain tiga sel baterai terlihat lebih besar daripada baterai di iPad 2, ukurang masing-masing adalah 125 x 65 x 4 mm. Sel baterai di dalam iPad 2 berukuran 108 x 63 x 2.7 mm, jadi iPad 3 lebih besar 70 persen. Spekulasi sebelumnya memperkirakan bahwa Apple mungkin meningkatkan secara signifikan daya pada sel baterai, namun penghitungan memperlihatkan sebaliknya. Apple dapat mengemas komponen lebih efisien dan meningkatkan ketipisan perangkat secara keseluruhan dan memasukkan baterai yang lebih besar.

Selengkapnya kunjungi halaman yang lebih detail menjelaskan tentang pembongkaran iPad 3 ini, tulisan ini di insipirasi tulisan iPad 3 teardown: my god, it's full of lithium ions dari Ars Technica.



Judul: Bongkar iPad 3 : ada apa di dalamnya? ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment