Wednesday, March 14, 2012

Mundaneum, search engine pertama seabad sebelum internet

Mundaneum, search engine pertama seabad sebelum internet

Jauh sebelum ada internet, bahkan televisi dan radio. Di Brussels seorang Paul Otlet dan Henri La Fontaine menciptakan Mundaneum. Mundaneum adalah sebuah sistem perpustakaan besar dengan sebuah dasar pengkodean yang disebut universal decimal classification system. Mundaneum berdiri pada tahun 1895.



Dibangun bersama John Dewey, saat La Fontaine mendapatkan hadiah Nobel pada tahun 1913 karena pengabdiannya sebagai aktifis gerakan perdamaian dunia, dia menginvestasikan hadiahnya tersebut untuk projek Mundaneum.

La Fontaine dan Otlet menggunakan kertas selebar 3 x 5 inchi untuk dijadikan sebagai kartu indeks untuk membangun database yang saat itu sudah terdiri dari 16 juta masukan data, terdiri dari semua yang ada dari sejarah perburuan anjing hingga masalah keuangan. Belgia memberikan dukungan yang besar seperti banguan dan Otlet memulai mencari masukan dari biaya berbasis riset yang memungkinkan oang-orang dari seluruh dunia dapat memasukan permintaan melalui surat dan telegraf. Inkuiri didapatkan dari seluruh dunia.

Perang dunia ke 2 dan kematian La Fontaine pada tahun 1943 dan Otlet pada tahun 1944 membuat projek ini berjalan lambat. Meskipun semua arsip sudah tersimpan, beberapa ada jalan bawah tanan Brussels, para relawan masih menyimpan mimpi tersebut di atas. Pada tahun 1998, Pemerintah komunitas Perancis Belgia membangkitkan kenangan Mundaneum kembali, mengangkat kembali arsip-arsip ke dalam bangunan Art Deco di kota Mons.

Bahkan Perdana Menteri Belgia Elio Di Rupo mendatangi kantor Google di Brussels untuk mengumumkan partnership antara Mundaneum dan Universitas Ghent. Google akan menjadi sponsor dan partner dalam pameran di markas Mundaneum di kota Mons dan menjadi pembicara dalam serial isu-isu internet di Mundaneum dan di Universitas Ghent. Pioner Internet seperti Louis Pouzin dan Robert Cailliau sudah dijadwalkan untuk berbicara.



Mundaneum akan menggunakan Google untuk mempresentasikan dan mempromosikan konferensi dan pameran ini. Juga akan di terbitkan semacam online tour tentang kemungkinan-kemungkinan yang ada. Hari ini di Kantor Google Brussels, Perdana Menteri Di Rupo mengatakan harapannya bahwa kerjasama Google - Mundaneum akan menjadi "wonderful forum for experimentation". Di Rupo sangat ingin membesarkan Mundaneum, sebagaimana yang dia ingin lakukan ketika menjadi walikota Mons.

Selengkapnya bisa di baca di Honoring and supporting Belgian Internet pioneers
Judul: Mundaneum, search engine pertama seabad sebelum internet ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment