Friday, March 23, 2012

Obat Osteoarthritis ditemukan di Inggris


Menurut data NHS (National Health Service) di Inggris ada sekitar delapan juta orang yang menderita osteoarthritis.

Ada kabar cerah ketika ilmuwan Inggris mengembangkan formula tentang sebuah pil yang dapat memperlambat perkembangan kerusakan sendi.

Perawatan dengan pil seharga 80 pence sterling sehari telah ditemukan dan bisa mengurangi sampai sepertiga kerusakan persendian lutut pada sakit osteoarthritis.

Penelitian menunjukkan bahwa pil tersebut bisa mengurangi rasa sakit dan memperbaiki gerakan pasien secara mengagumkan.

Para ilmuwan Oxford yang berada di balik pengobatan ini yakin bahwa pil tersebut bisa tersedia di Badan Layanan Kesehatan Inggris dalam satu tahun ke depan.

Tidak ada obat osteoarthritis dan pasien dengan gejala ringan biasanya diberikan latihan atau obat pereda rasa sakit.

Mereka yang penyakitnya lebih parah mungkin malah memerlukan operasi penggantian paha atau lutut.

Para peneliti di Universitas Oxford dan Universitas Southampton menjalankan percobaan terhadap 1.683 pasien osteoarthritis yang memiliki kerusakan pada lutut mereka.

Sebagian dari mereka diberikan pil baru bernama Protelosa dan sebagian yang lain dengan Placebo.

Obat ini diharapkan diberi lisensi oleh badan pengawasan obat-obatan untuk digunakan pada pasien arthritis.
Jangka waktu tiga tahun kemudian para ilmuwan mengukur rasa sakit, kemampuan menggerakkan sendi lutut dan kerusakan pada tulang muda mereka.

Peneliti menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi pil, rata-rata berkurang sepertiga kemungkinannya mengalami kerusakan tulang muda.

Jadi jika mereka meminum pil selama tiga tahun, perkembangan penyakit ini akan diperlambat selama satu tahun.

Pil-pil itu berisi kimia strontium ranelate yang diperkirakan memiliki kemampuan untuk mendukung tubuh memproduksi tulang muda.

Profesor Cyrus Cooper yang mempresentasikan penemuannya pada Konggres Osteoporosis dan Osteoarthritis Eropa mengatakan: ‘Ini adalah terobosan besar. Osteoarthritis adalah kondisi yang menyakitkan dan melemahkan, dan selama 20 tahun kita telah mencari sebuah pengobatan yang akan memungkinkan kita untuk mengubah arah penyakit, daripada hanya mengelola gejala. Inilah hasilnya, dan bisa sepenuhnya mengubah cara kita merawat osteoarthritis.'

'Untuk pertama kalinya kita memiliki sebuah pengobatan yang bisa memperlambat perkembangan penyakit yang melemahkan ini dan bisa mengurangi atau bahkan menyingkirkan
kebutuhan operasi penggantian sendi yang mahal.'

Obat tersebut sudah digunakan untuk mengobati osteoporosis – pengeroposan tulang. Dan diharapkan obat itu segera diberi lisensi oleh badan pengawas obat-obatan untuk penggunaannya pada pasien arthritis.

Karena obat tersebut begitu murah dan telah terbukti begitu efektif, para ilmuwan yakin kalau akan segera diberikan lampu hijau.

Source : British scientists develop 80p-a-day pill that can slow progress of osteoarthritis
Obat Osteoarthritis ditemukan di Inggris
Translated by on Mar 23 2012
Rating: 4.5
Judul: Obat Osteoarthritis ditemukan di Inggris ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment