Monday, March 19, 2012

WSX: Virtual Machines di Browser

WSX: Virtual Machines di Browser

VMware membangun satu fitur baru yang sangat mengagumkan. Fitur baru tersebut di sebut WSX, fitur yang akan membuat user dapat mengakses secara virtual desktop jarak jauh melalui web browser - peramban web yang modern. Developer VMware Christian Hammond, yang bekerja mengimplementasi, mendemonstrasikan prototipe-nya minggu ini dalam postingnya.

Menurut Hammond, WSX dibangun dengan teknologi standar web, termasuk elemen kanvas HTML5 dan soket web-nya. Pengguna akan menginstal dan menjalankan Server web yang ringan yang akan berfungsu sebagai relay antara klien dengan basik web dan desktop secara virtual. WSX ini kompatibel dengan VMware dan ESXi/vSphere.

WSX yang tidak memerlukan pluggin peramban web apapun, kopatibel dengan Firefox, Chrome dan Safari di komputer desktop. Dia juga dapat dijalankan dengan Safari versi mobile pada iPad yang menggunakan OS iOS5 atau yag lebih baru. Hammond mengatakan bahwa kompatibilitas dengan Android masih dalam tahap pengerjaan.

Performa, dikatakan lebih dari cukup untuk mendukung "near-native quality and framerates", saat menampilkan video YouTube 720p pada desktop virtual melalui WSX dalam browser Chrome atau Firefox.

Jika mau langsung praktek dan menguji coba fitur yang ada silahkan untuk mengunduh di sini VMware Workstation Technology Preview versi Linux.

Meskipun masih dalam tahap eksperimen, WSX dapat menunjukkan bahwa WEB dapat dipergunakan sebagai platform. Hal ini juga menunjukkan kemampuan standar Web yang memungkinkan untuk mengirimkan aplikasi yang kompleks melampau platform dan faktor perangkat yang demikian beragam.

WSX menjalankan Video
Installasi WSX

Saat ini WSX di distribusikan bersama Workstation Tech Preview untuk linux. Anda akan di tanyakan untuk ditaruh di port mana, biasanya port defauld di nomor port 888. Dan kemudian dia menginstall sendiri. Pastikan anda memiliki binary python2.6 terinstall di sistem, atau WSX tidak akan berjalan, namun hal ini hanya untuk sementara.

Jika ada bug, dan installer belum bisa berjalan maka perlu menuliskan rapal dan mantera di terminal:
sudo /etc/init.d/vmware-wsx-server start

Setelah itu silahkan arahkan browser menuju alamat http://localhost:8888/. Jika ingin menggunakan VW dari luar jaringan maka yang diperlukan adalah memforward satu port ini ke router dan akan otomatis seting.

Anda akan log in ke system dengan username dan password anda. Tidak diperlukan pembuatan akun baru.

Untuk Microsoft Windows, hal ini masih cerita lain. Hammond tidak membangun dengan platform Windows, namun jangan kuatir, nanti setelah siap, akan ada pengumuman yang lain.

Apa harapan selanjutnya pada WSX oleh pembuatnya :

Harapan Hammond akan WSX ini adalah membuat WSX lebih cepat, peningkatan kompatibilitas browser dan lebih mudah berinteraksi dengan VM anda. Maksudnya kontrol game pad di Portal 2 di iPad, multitouch dan semuanya dapat di perbaiki.

Bugs, pembatasan dan lain-lain:

Karena WSX masih merupakan prototipe, maka banyak hal yang masih perlu diperhatikan sebagai pembatasan dan kekurangan:
Harus memasang python2.6 binary pada Linux
Pada iPad, on-screen keyboard masih belum lancar,
Belum ada solusi untuk control keys, function keys dsb,
Belum ada suaranya,

Sumber : WSX: Virtual Machines in Your Browser via HTML5 roundup: access a virtualized desktop from your browser with VMware
Judul: WSX: Virtual Machines di Browser ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment