Thursday, May 10, 2012

Bedah Buku Irshad Manji di LKiS Yogyakarta di serang MMI


Sudah baca buku Irshad Manji yang membuat heboh karena diskusinya yang dibubarkan oleh ormas-ormas yang mengaku beragama Islam di Indonesia?. Jika belum, ternyata buku karangan Irshad Manji yang berjudul Allah, Liberty & Love ini bisa diunduh secara gratis. Hal ini tentunya membuka mata bahwa orang ini tidak sekedar menjual buku tulisannya saja. Silahkan Download Buku : Allah, Liberty, & Love.

Irshad Manji menulis status di Facebook-nya, sebelum dan karena mengalami kekerasan karena acara diskusi bedah bukunya di serang oleh gerombolan ormas di Indonesia:

"@ALL: Preparing for my final event in Indonesia, which begins shortly. We're expecting trouble to be made by the extremists. Already, most of my events yesterday and today were abruptly cancelled by organizers. But not this evening - at least not so far. Please keep progressive Indonesians in your hearts tonight. With love... Irshad".

Tribunnews sepertinya juga ingin mendongkrak kebencian dengan memberitahukan adanya beberapa foto memperlihatkan Irshad Manji tersenyum bersama Salman Rushdie. Mengapa itu harus diberitakan dan menjadi judul berita? Cukup aneh, karena mengingatkan pada sejarah tentang Salman Rushdie yang adalah penulis kelahiran Mumbai, India. Ia dianggap menghina umat Islam melalui bukunya yang kontroversial, The Satanic Verses. Tahun 1989, Pemimpin Islam Iran Ayatollah Khomeini mengeluarkan fatwa yang memerintahkan kaum Muslim untuk membunuhnya karena dianggap menghina Islam.

Tanggapan via Notes Facebook tentang Irshad Manji di Indonesia


Ada banyak tanggapan tentang buku Irshad Manji salah satunya dari note di Facebook Dina D Sulaiman yang sekalian saja dikutip di sini:

Irshad Manji datang lagi ke Indonesia. Feminis lesbi yang mengaku muslimah ini pernah menulis buku tentang Islam, judulnya Beriman Tanpa Rasa Takut. Saya pernah menulis ulasannya, atas dorongan my bro Satriyo Aja.

(Pernah dimuat di majalah Azzikra, Juni 2008)

Tanggapan atas buku “Beriman Tanpa Rasa Takut”, Irshad Manji
Oleh: Dina Y. Sulaeman

Buku ini ditulis dengan sangat personal, dengan kasus-kasus yang dialami sendiri oleh penulisnya. Karena itu, saya pun akan membahasnya secara personal pula. Saya terus-terang membaca buku ini dengan perasaan kasihan. Irshad adalah perempuan malang yang mengalami banyak masalah di sekitarnya—termasuk kekerasan dari ayahnya. Irshad juga –katanya—berinteraksi dengan orang-orang yang terzalimi atas nama Islam.

Alhamdulillah, saya dilahirkan oleh orang tua saya yang penyayang, “padahal” mereka muslim yang taat dan sangat rajin ke masjid. Mereka menyekolahkan saya ke tempat yang jauh dari rumah; saya pun diizinkan ke luar negeri sendirian, tidak seperti keluhan Irshad tentang kekangan bepergian ke luar negeri sendirian bagi perempuan muslim. Mereka tak pernah menyuruh saya –apalagi memaksa—berjibab, namun saya sendiri dengan penuh kesadaran memakai jilbab. Kalau saja Irshad adalah saya, tentu dia tak akan pernah menyebut jilbab sebagai kondom (!) yang membungkus kepalanya.

Ajaibnya, saya menemukan banyak sekali perempuan muslim yang seperti saya! Mereka maju, tercerahkan, berkarir, berjilbab, sebagian pergi ke luar negeri sendirian, punya keluarga bahagia, punya anak-anak yang lucu. Irshad mengambil contoh-contoh komunitas muslim di berbagai negara yang menurutnya sangat menindas perempuan. Sayang sekali Irshad (mungkin) belum pernah ke Iran. Saya delapan tahun tinggal di Iran, dan ajaibnya, lagi-lagi saya bertemu dengan banyak perempuan yang sangat educated, menyetir mobil sendiri, menjadi profesor atau dokter bedah dengan makalah-makalah yang dimuat di jurnal internasional, dan… luar biasa… mereka berjilbab! Pasti ini kondisi yang tak terbayangkan oleh Irshad. Dalam bayangan di kepalanya, keluarga muslim taat—apalagi perempuannya berjilbab—adalah keluarga-keluarga penuh kekerasan dan penindasan kepada perempuan.

Saya tidak mengabaikan ada banyak kaum muslim yang melakukan kejahatan, sebagaimana pada saat yang sama, banyak juga kaum non muslim yang kejam. Misalnya, Islam memberikan penghargaan tinggi kepada perempuan, namun masih banyak laki-laki muslim yang memperlakukan perempuan tanpa harga, sebagaimana laki-laki non-muslim pun banyak yang merendahkan perempuan. Saya juga membaca tentang kekotoran politik di negara-negara Arab, namun jangan lupa, kekotoran politik di Barat pun sangat banyak terjadi. Hanya, kemasan pemberitaannya berbeda sehingga terasa lebih elegan dibanding kekotoran politik di negara-negara mayoritas muslim. Padahal, maaf, seperti kentut, keluar darimanapun, sama-sama bau.

Terkait Palestina, Irshad mengeluarkan argumen-argumen kuno yang sudah sangat sering disampaikan oleh para pembela Israel, saya tidak bisa membahasnya di sini karena akan sangat panjang. Tapi ada satu argumen yang baru saya dengar, yaitu berdasarkan tes DNA, orang Yahudi ternyata satu nenek moyang dengan orang Arab. Karena itu, mereka berhak menganggap Palestina sebagai tanah air mereka. Saya ingin mengajukan pertanyaan kepada Irshad, apa justifikasi DNA juga bisa diberikan kepada orang-orang Kanada (yang disanjung-sanjung Irshad) saat mereka datang ke kawasan itu dan membunuhi orang-orang Indian yang lebih dulu bermukim di sana? Tak akan ada yang percaya laki-laki seganteng aktor Kanada, Bruce Greenwood, ternyata bersaudara dengan orang Indian.

Namun, Irshad juga cukup bijaksana dengan menulis kalimat ini, ”Memicu perubahan artinya berhenti untuk memahami Al-Quran secara harfiah dan juga tidak memahami multikulturalisme secara harfiah.” Saya setuju (dengan sederet catatan) atas kalimat itu. Tapi, lanjutan kalimatnya, “Mengapa khitan terhadap klitoris perempuan yang dipaksakan harus dituruti?” Oh..oh... di Al Quran tidak ada keharusan khitan bagi perempuan. Tolong cek lagi Quran-mu, Irshad. Sayang sekali, kalimat bijaksana Irshad tadi dilanjutkan dengan contoh-contoh dangkal yang sangat kasuistis.

Ah, terlalu banyak waktu yang saya buang untuk membaca keluh-kesah Irshad. Tapi sekali lagi, bila Irshad ada dalam posisi saya, saya yakin, dia akan melihat Islam yang indah dan tak perlu ada ketakutan apapun. Kasihan sekali..
©Dina Y. Sulaeman



Juga ada note “Promosi Lesbi, Hina Nabi, Lecehkan Al-Quran” - Catatan Akhir Pekan 337 milik Satriyo Aja yang kutipannya:
Sabtu, 05 Mei 2012

Oleh: Dr. Adian Husaini

SEBAGIAN pegiat legalisasi homoseksual dan lesbianisme, tampaknya menjadikan Nabi Luth a.s. sebagai sasaran kebencian dan umpatan mereka. Al-Quran memang menggambarkan perjuangan Nabi Luth a.s. yang begitu berat dalam menghadapi kemunkaran yang dikerjakan kaumnya, sehingga Nabi Luth diusir dari kampungnya.

Al-Quran menggambarkan perjuangan Nabi Luth sebagai berikut: “Dan (Kami juga telah mengutus) Luth (kepada kaumnya). (Ingatlah) tatkala dia berkata kepada kaumnya: “Mengapa kalian mengerjakan perbuatan keji, yang belum pernah dikerjakan oleh seorang pun sebelum kalian. Sesungguhnya kalian mendatangi laki-laki untuk melepaskan syahwat, bukan kepada wanita; malah kalian ini kaum yang melampaui batas. Jawab kaumnya tidak lain hanya mengatakan: “Usirlah mereka dari kotamu ini, sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang berpura-pura mensucikan diri. Kemudian Kami selamatkan dia dan pengikut-pengikutnya kecuali istrinya; dia termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan). Dan Kami turunkan kepada mereka hujan (batu); maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang berdosa itu.” (QS Al-A’raf:80-84).

Di dalam Surat Hud ayat 82 dikisahkan: “Maka tatkala datang azab Kami, Kami jadikan negeri kaum Luth itu yang di atas ke bawah (Kami balikkan), dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah-tanah yang terbakar dengan bertubi-tubi.”

Kerusakan perilaku seksual kaum Luth ini juga ditegaskan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam:

“Sesungguhnya hal yang paling aku takutkan menimpa umatku adalah perbuatan kaum Luth.” (HR at-Tirmidzi, al-Hakim, Ibn Majah).

Dalam Tafsir Al-Azhar, Prof. Hamka menjelaskan, bagaimana sangat merusaknya penyakit ’kaum Luth’, sehingga mereka diazab dengan sangat keras oleh Allah Subhanahu Wata’ala. Hamka sampai menyebut bahwa perilaku seksual antar sesama jenis ini lebih rendah martabatnya dibandingkan binatang.

Binatang saja, kata Hamka, masih tahu mana lawan jenisnya. Hamka mengutip sebuah hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam.: “… dan apabila telah banyak kejadian laki-laki ’mendatangi’ laki-laki, maka Allah akan mencabut tangan-Nya dari makhluk, sehingga Allah tidak mempedulikan di lembah mana mereka akan binasa.” (HR at-Tirmidzi, al-Hakim, dan at-Tabhrani).

Hamka menulis dalam Tafsirnya tentang pasangan homoseksual yang tertangkap tangan: “Sahabat-sahabat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam. yang diminta pertimbangannya oleh Sayyidina Abu Bakar seketika beliau jadi Khalifah, apa hukuman bagi kedua orang yang ’mendatangi’ dan ’didatangi’ itu, karena pernah ada yang tertangkap basah, semuanya memutuskan kedua orang itu wajib dijatuhi hukuman mati.” (Lihat, Tafsir al-Azhar, Juzu’ 8).

Bisa digambarkan, betapa gundah dan marahnya kaum homo dan lesbi beserta para pendukungnya, terhadap sosok Nabi Luth yang mencoba menghentikan budaya syahwat merdeka pada kaum liberal di masa itu. Sebuah situs http://www.savethe males.ca, pada 16 Oktober 2004, menulis berita tentang Irshad Manji dengan judul ”Lesbian Muslim Reformer is a New World Orderly.” Ditulis: ”Muslim ”reformer” and lesbian activist Irshad Manji, 35, symbolizes the globalist push to extinguish true religion and enslave humanity.”

Tentang akitivitas Irshad Manji dalam mendukung dan mempromosikan lesbianisme bisa dilihat dalam situsnya: www.irshadmanji.com. Kaum liberal pun membanggakannya sebagai sosok ”lesbian” yang – katanya – gigih melakukan ijtihad. Seorang aktivis liberal membanggakan Irshad Manji dengan menulis judul artikel dalam Jurnal Perempuan (edisi khusus Lesbian, 2008) berjudul: Irshad Manji, Muslimah Lesbian yang Gigih Menyerukan Ijtihad. Ditulis di jurnal ini: ”Manji sangat layak menjadi inspirasi kalangan Islam khususnya perempuan di Indonesia.”

Sebuah contoh gugatan terhadap sosok Nabi Luth a.s. ditunjukkan oleh sekumpulan mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Semarang yang menerbitkan Jurnal JUSTISIA. Pada Edisi 25, Th XI, 2004, diturunkan laporan utama berjudul ”Indahnya Kawin Sesama Jenis”. Dengan gagahnya, redaksi menulis pengantar: “Hanya orang primitif saja yang melihat perkawinan sejenis sebagai sesuatu yang abnormal dan berbahaya. Bagi kami, tiada alasan kuat bagi siapapun dengan dalih apapun, untuk melarang perkawinan sejenis. Sebab, Tuhan pun sudah maklum, bahwa proyeknya menciptakan manusia sudah berhasil bahkan kebablasan.”

Selanjutnya, artikel-artikel di Jurnal itu diterbitkan dalam sebuah buku berjudul “Indahnya Kawin Sesama Jenis: Demokratisasi dan Perlindungan Hak-hak Kaum Homoseksual”, (Semarang:Lembaga Studi Sosial dan Agama/eLSA, 2005).

Disebutkanlah strategi ke arah legalisasi perkawinan sesame jenis (homo dan lesbi), yaitu: (1) mengorganisir kaum homoseksual untuk bersatu dan berjuang merebut hak-haknya yang telah dirampas oleh negara, (2) memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa apa yang terjadi pada diri kaum homoseksual adalah sesuatu yang normal dan fithrah, sehingga masyarakat tidak mengucilkannya bahkan sebaliknya, masyarakat ikut terlibat mendukung setiap gerakan kaum homoseksual dalam menuntut hak-haknya, (3) melakukan kritik dan reaktualisasi tafsir keagamaan (tafsir kisah Luth dan konsep pernikahan) yang tidak memihak kaum homoseksual, (4) menyuarakan perubahan UU Perkawinan No 1/1974 yang mendefinisikan perkawinan harus antara laki-laki dan wanita.” (hal. 15).

Hina Nabi lecehkan al-Quran

Para penyokong gerakan legalisasi homoseksual ini berani membuat tafsir baru atas ayat-ayat al-Quran, dengan membuat tuduhan-tuduhan keji terhadap Nabi Luth.

Seorang penulis dalam buku ini, misalnya, menyatakan, bahwa pengharaman nikah sejenis adalah bentuk kebodohan umat Islam generasi sekarang karena ia hanya memahami doktrin agamanya secara given, taken for granted, tanpa ada pembacaan ulang secara kritis atas doktrin tersebut. Si penulis kemudian mengaku bersikap kritis dan curiga terhadap motif Nabi Luth dalam mengharamkan homoseksual, sebagaimana diceritakan dalam al-Quran surat al-A’raf :80-84 dan Hud :77-82). Semua itu, katanya, tidak lepas dari faktor kepentingan Luth itu sendiri, yang gagal menikahkan anaknya dengan dua laki-laki, yang kebetulan homoseks.

Ditulis dalam buku ini sebagai berikut: "Karena keinginan untuk menikahkan putrinya tidak kesampaian, tentu Luth amat kecewa. Luth kemudian menganggap kedua laki-laki tadi tidak normal. Istri Luth bisa memahami keadaan laki-laki tersebut dan berusaha menyadarkan Luth. Tapi, oleh Luth, malah dianggap istri yang melawan suami dan dianggap mendukung kedua laki-laki yang dinilai Luth tidak normal. Kenapa Luth menilai buruk terhadap kedua laki-laki yang kebetulan homo tersebut? Sejauh yang saya tahu, al-Quran tidak memberi jawaban yang jelas. Tetapi kebencian Luth terhadap kaum homo disamping karena faktor kecewa karena tidak berhasil menikahkan kedua putrinya juga karena anggapan Luth yang salah terhadap kaum homo.” (hal. 39).

Cercaan terhadap Nabi Luth dan al-Quran terus dilanjutkan berikut ini: “Luth yang mengecam orientasi seksual sesama jenis mengajak orang-orang di kampungnya untuk tidak mencintai sesama jenis. Tetapi ajakan Luth ini tak digubris mereka. Berangkat dari kekecewaan inilah kemudian kisah bencana alam itu direkayasa. Istri Luth, seperti cerita al-Quran, ikut jadi korban. Dalam al-Quran maupun Injil, homoseksual dianggap sebagai faktor utama penyebab dihancurkannya kaum Luth, tapi ini perlu dikritisi… saya menilai bencana alam tersebut ya bencana alam biasa sebagaimana gempa yang terjadi di beberapa wilayah sekarang. Namun karena pola pikir masyarakat dulu sangat tradisional dan mistis lantas bencana alam tadi dihubung-hubungkan dengan kaum Luth…. ini tidak rasional dan terkesan mengada-ada. Masa’, hanya faktor ada orang yang homo, kemudian terjadi bencana alam. Sementara kita lihat sekarang, di Belanda dan Belgia misalnya, banyak orang homo nikah formal… tapi kok tidak ada bencana apa-apa.” (hal. 41-42).

***

Para mahasiswa tersebut – saat itu – sedang menimba ilmu di sebuah Perguruan Tinggi yang menyandang nama Islam, juga nama “Walisongo” (IAIN Walisongo Semarang). Para Wali itu adalah penyebar dan pendakwah Islam yang sangat gigih di Tanah Jawa. Wali Songo tidak bermain-main dalam masalah agama. Para Wali Songo bersikap tegas terhadap penyelewengan aqidah yang dilakukan oleh Syekh Siti Jenar.

Di dalam tradisi keilmuan Islam, sangat ditekankan masalah adab, bukan hanya kebebasan berpikir dan berbicara. Tiap manusia harus memahami adab bicara. Pemain bola di Eropa ada yang dihukum karena bicara bernada rasis. Seorang anak juga tidak bebas bicara kepada orang tuanya dengan – misalnya – bertanya kepada ayahnya: “Ayah, benarkah saya anak ayah? Tolong buktikan secara ilmiah!”

Adab juga menekankan sikap “tahu diri”. Tidak gampang bicara dan menulis sesuka hati, tanpa merujuk kepada pendapat para ulama yang punya otoritas tafsir ilmu al-Quran. Di dalam tiap bidang keilmuan, kita mengakui adanya otoritas. Tidak semua manusia bebas bicara dalam soal keilmuan.

Contohnya, pelawak Tukul dan Prof. Mahfud MD sama-sama manusia. Tetapi, nilai kata-kata keduanya tidaklah sama saat bicara tentang arti pasal-pasal dalam UUD 1945. Dalam bidang ekonomi, begitu juga. Kita mengakui ada otoritas keilmuan dari para pakar ekonomi yang sudah diakui tingkat keilmuannya oleh komunitas ilmuwan internasional di bidang tersebut. Dalam bidang Fisika, kita akan tertawa geli jika ada mahasiswa baru belajar rumus-rumus dasar fisika lalu berterak-teriak, bahwa Newton, Einstein, Stephan Hawking, Habibie, ternyata bodoh semua!

Adalah suatu kehancuran besar, jika adab keilmuan ini tidak ditegakkan dalam bidang Ulumuddin. Jika kita mengakui al-Quran adalah Kitab wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassalam, maka logikanya pasti kita mengakui, bahwa manusia yang paling memahami al-Quran adalah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassalam. Kemudian, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wassalam menunjuk sejumlah sahabatnya yang beliau sebut sangat ahli dalam Tafsir al-Quran, seperti Ibnu Abbas dan Abdullah bin Mas’ud. Berikutnya, muncul para ahli tafsir al-Quran dari kalangan Tabi’in, Tabi’it Tabi’in, dan seterusnya.

Sebagaimana dalam bidang Ilmu Ekonomi, Ilmu Fisika, dan sebagainya, Ilmu Tafsir juga merupakan ilmu yang sudah sangat matang perkembangannya dalam tradisi keilmuan Islam. Begitu juga Ilmu Ushul Fiqih, Ilmu Fiqih, Ilmu Nahwu, Ilmu Sharaf, Ilmu Kalam. Jika hendak belajar Tafsir al-Quran, seharusnya orang mau merujuk kepada ilmuwan atau ulama yang memahami Ilmu Tafsir al-Quran.

Jika ditelaah dengan sedikit cermat saja, tampak bahwa Irshad Manji bukanlah orang yang punya otoritas memadai dalam pemahaman al-Quran. Itu bisa dilihat dalam bukunya, ”Beriman Tanpa Rasa Takut: Tantangan Umat Islam Saat Ini”, yang bisa diunduh di situsnya. Dalam buku ini, Irshad Manji, menyandarkan keraguannya terhadap al-Quran pada pendapat Christoph Luxenberg (seorang pendeta Kristen asal Lebanon yang menyembunyikan nama aslinya). Kata Manji: ”Jika al-Quran dipengaruhi budaya Yahudi-Kristen – yang sejalan dengan klaim bahwa al-Quran meneruskan wahyu-wahyu sebelumnya – maka bahasa Aramaik mungkin telah diterjemahkan oleh manusia ke dalam bahasa Arab. Atau, salah diterjemahkan dalam kasus hur, dan tak ada yang tahu berapa banyak lagi kata yang diterjemahkan secara kurang tepat. Bagaimana jika semua ayat salah dipahami?” (hal. 96). [baca juga; Irshad Manji Harusnya Diobati di www.hidayatullah.com]

Pendapat Christoph Luxenberg menyatakan bahwa selama ini umat Islam salah memahami al-Quran, yang seharusnya dipahami dalam bahasa Syriac. Tentang surga, dengan nada sinis Manji menyatakan, bahwa ada human error yang masuk ke dalam al-Quran. Menurut riset yang baru, tulis Manji, yang diperoleh para martir atas pengorbanan mereka adalah kismis, dan bukan perawan. “Nah, bagaimana bisa Al-Quran begitu tidak akurat?” tulisnya.

Pendapat Luxenberg yang dicomot begitu saja oleh Irshad Manji bahwa bahasa al-Quran harus dipahami dalam bahasa Aramaik telah ditulis dalam buku “Die syro-aramaeische Lesart des Koran: Ein Beitrag zur Entschluesselung der Koransprache”. Pendapat Luxenberg pun sangat lemah dan sudah banyak artikel ilmiah yang menanggapinya. Dr. Syamsuddin Arif telah mengupas masalah ini secara tajam dalam bukunya, “Orientalis dan Diabolisme Intelektual”.

Menurut Syamsuddin, Professor Hans Daiber, misalnya, memberikan seminar terbuka tentang karya Luxeberg itu selama satu semester penuh di Departemen Orientalistik Universitas Frankfurt, dimana ia ungkapkan sejumlah kelemahan-kelemahan buku itu secara metodologi dan filologi. Salah satu kelemahan Luxenberg, misalnya, untuk mendukung analisis dan argumen-argumennya, mestinya Luxenberg merujuk pada kamus bahasa Syriac atau Aramaic yang ditulis pada abad ke-7 atau 8 Masehi (zaman Islam), dan bukan menggunakan kamus bahasa Chaldean abad ke-20 karangan Jacques E. Manna terbitan tahun 1.900!

Jadi, penghormatan berlebihan terhadap Irshad Manji, merusak dua hal sekaligus: otoritas keilmuan Islam dan juga asas-asas akhlak Islam. Kita yakin, masih banyak ulama, cendekiawan, dan kalangan umat Islam yang sadar dan cinta akan agamanya. Kita cinta negeri kita, sehingga kita berharap, negeri Muslim terbesar ini tidak menjadi tong sampah pemikiran! Wallaahu a’lam bil-shawab.*/Depok, 5 Mei 2012.

Penulis Ketua Program Studi Pendidikan Islam—Program Pasca Sarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor). CAP hasil kerjasama antara Radio Dakta 107 FM dan www.hidayatullah.com

http://www.hidayatullah.com/read/22530/05/05/2012/%E2%80%9Cpromosi-lesbi,-hina-nabi,-lecehkan-al-quran%E2%80%9D.html




Bedah buku Irshad Manji pun di serang MMI di Yogyakarta


Hingga di Yogyakarta, Diskusi buku Irshad Manji di penerbit LKiS Yogyakarta diserang oleh sekelompok orang. Sedikitnya enam orang mengalami luka dalam insiden itu.

Setelah ditolak di Universitas Gadjah Mada, Irshad Manji tetap melanjutkan bedah buku karyanya, "Allah, LIberty, and Love", di penerbit LKiS, di Jl Pura 1 Sorowajan Baru, Plumbon.

Sejak siang, beberapa ancaman agar diskusi itu dibatalkan sudah diterima oleh pihak panitia dari massa. Akan tetapi, karena menganggap massa tak punya otoritas melarang, diskusi itu tetap berlangsung.

Dihadiri sekitar 50 orang, diskusi itu dimulai pada pukul 19.00 WIB. Menurut seorang panitia, Thaksin, awalnya diskusi berlangsung aman-aman saja. Selama kurang lebih 40 menit, para peserta dapat menyimak diskusi dengan tenang.

Tiba-tiba, muncul pekik takbir dari sejumlah orang di luar. Tak lama kemudian, sekelompok orang-orang merangsek ke dalam ruangan diskusi. Mereka membubarkan paksa diskusi itu. Suasana sangat menegangkan.

Tak cuma berteriak-teriak, massa juga melakukan pemukulan terhadap sejumlah peserta diskusi yang tunggang langgang menyelamatkan diri. Setidaknya enam orang menderita luka-luka. Ada yang dilarikan ke rumah sakit.

"Di antara yang luka itu ada asisten Irshad Manji," kata Thaksin.

Irshad Manji sendiri selamat dan sudah dibawa ke lokasi yang aman. Saat ini, polisi sudah berada di lokasi. Bekas-bekas serangan masih berceceran di sana-sini. Ditemukan sejumlah selebaran atas nama MMI yang mengecam kedatangan Manji.

"Panitia sekarang sudah meminta peserta pulang," ucap Thaksin.






Via Diskusi Irshad Manji di Yogya Diserang, 6 Orang Terluka

Bedah Buku Irshad Manji di LKiS Yogyakarta di serang MMI
Ditulis oleh: Horizon Inspirasi pada 10 Mei 2012
Rating: 4.5
Judul: Bedah Buku Irshad Manji di LKiS Yogyakarta di serang MMI ; Ditulis oleh bolosrewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

4 comments :

  1. Kenapa MMI harus melakukan aksi kekerasan ? Kenapa tidak mengadakan debat ilmiah saja dg Irshad Manji ?

    ReplyDelete
  2. Dalam Qur’an ditekankan bahwa tiada agama kecuali untuk yang berakal.

    Islam adalah agama yang menjunjung tinggi akal, oleh karena itu argumen berdasarkan Islam tidak akan kalah diadu dengan argumen abal-abal manapun.

    Jika argumen Irshad Mandji (IM) adalah abal-abal, pastilah ia akan keok dibantai oleh argumen yang berdasarkan Islam.

    Apakah argumen IM abal-abal? sayangnya itu tidak bisa dibuktikan, FPI membubarkan forum diskusi, yang bisa kita gunakan untuk membantai argumen IM.

    Jangan-jangan FPI bukan termasuk golongan berakal yg ditunjukkan Qur’an.
    FPI tidak menunjukkan keunggulan argumen Islam melawan argumen abal-abal.
    Bila ini adalah pertandingan bola, FPI mencegah kesebelasan lawan bertanding karena takut kalah dalam pertandingan yang adil.

    Jangan-jangan beginilah sikap kita terhadap kelompok lain, kita tidak yakin dengan argumen kita sendiri hingga takut berhadapan langsung dengan pihak pertama dan memilih mendengarkannya dari pihak ketiga.

    Saya salut dengan IM, walaupun tidak saya setujui semua pendapatnya. Saya berani menilai karena saya telah membaca bukunya dan bukan hanya mendengar dari komentar pihak ketiga. Yakinlah anda, bila Islam anda adalah untuk orang berakal, argumen apapun tidak akan mampu mengalahkannya.

    Jadilah anda pembela Islam yang berani menghadapi yang berbeda dalam pertarungan argumen, bukan mencegah lawan anda berargumen.

    Anda pemberani? buktikan dengan membaca bukunya, menemukan kesalahannya. Bukan benci hanya karena kata ustad ini atau ustad itu.

    Buku IM: Beriman Tanpa Rasa Takut dapat anda unduh di http://nontondunia.com/e-book/

    ReplyDelete
  3. MMI berani_nya cmn di daerah jawa barat, jawa tengah, kalau di jawa timur gak pernah nongol. cmn segitu keberaniaan mu. saya sebagai masyarakat
    indonesia muak dgn orogansi kelompok ini, bisa cmn merusak, tanpa memberi solusi.. kalau berani nongol ke jawa timur. daerah SURABAYA,MADURA,BANYUWANGI,PASURUAN,SITUBONDO,
    dll. saya tunggu kehadiran kalia.

    ReplyDelete
  4. "TAK KENAL MAKA TAK SAYANG "Kepada adikku semuslim & non moslem di NKRI tercinta.semoga ini semua ada hikmanya marilah kita berpikir secara positif melihat kembali historial NKRI ini berdiri mereka pahlawan wali Allah.sebut saja Tuanku IMAM BoNJOL.P.DIPONEGORO. CuTNYAK DIEN .P.JAYAKARTA AHMAD PATTIMURA sampai Jendral SUDIRMAN dari sabang sampai merauke semua berjuang melawan penjajahan penindasan.serta menjaga adat KETIMURAN mereka berjuang dengan tetesan darah Dan pekikan takbir !.! Dengan slogan2 & motto hancurkan para Penghianat serta lawan para kapir - kapir penjajah yang berbudaya liberalis yang Nista dan Hina itu. Atau USIR Liberalis kurang lbh spt itu bisa kita lihat data2 tsbt di museum2 ! 350 tahun penderitaan pendahulu kita berkorban demi generasi kita ini agar dapat hidup lebih sebagai layaknya manusia. !! Lalu tiba2 setelah korban jutaan nyawa tiba2 kita diberikan racun oleh budaya liberalis berupa paket free sex. Kebebasan. Sekuler .dan atheism lalu kita lupakan perjuangan dan amanah impian yang sudah berkorban dengan merasa kita lebih modern .merasa lebih pintar. ? Tidak boleh dong kita wajib. Berpegang Teguh pada konsep impian leluhur serta kita harus berdiri sesuai koridor amanah perjuangan Perintis kemerdekaan bangsa ini. ! ! Marilah Kita Berbaris tegakan PIAGAM JAKARTA Yang kini telah dipersiapkan akan dibuang karena tidak lagi bersinergi dengan Demokrasi neolip serta menghambat budaya demokrasi Liberal yang kini telah mulai mengakar Di NKRI.semoga kesalah pahaman antar ormas dapat di maklumi karena bangsa ini sangat mudah menerima aliran yang banyak merusak salah satu agama mayoritas yang juga aset negri mereka saya yakin kuatir dan galau .gusar oleh virus - virus. Luar tsb Sekali lagi marilah bersama - sama kita berjuang untuk mengusir virus virus cinta perusak budaya agar fondasi kita semakin Kuat Dan Tegar dalam melawan Liberalism + scholar semoga INDONESIA Menjadi Bangsa Yg Besar! ! .! Dari Sunan Boyo 17

    ReplyDelete