Wednesday, April 25, 2012

Twitter anda dibajak, bagaimana mengatasinya?


Banyak kasus akun twitter yang dibajak orang. Hal ini karena memang kurang kehati-hatian dalam melakukan kebiasaan online, seperti membuka link yang tidak dikenal, atau join aplikasi pihak ketiga. Aplikasi pihak ketiga seperti juga di Facebook juga sangat berbahaya. Mengapa aplikasi pihak ketiga berbahaya karena biasanya sebelum kita setuju untuk klik join aplikasi tersebut ada peringatan bahwa aplikasi dapat mengakses tweet, wall ataupun data dan password kita. Nah untuk itu harus hati-hati dan memilih aplikasi pihak ketiga yang terpercaya dan umum digunakan.

Selain aplikasi pihak ketiga, situs phising karena alamat url yang tersembunyi karena dipendek-kan dalam url shortening tak bisa dikenali dengan mudah berasal dari domain apa. Juga jika menerima Direct Message atau DM dari orang tak dikenal atau orang yang bukan kita follow dengan memberikan alamat link yang dipendek-kan, jangan sekali-sekali mengklik link tersebut karena bisa dipastikan adalah ulah untuk menghack username dan password kita.

Selalu lakukan ubah password secara regular, atau gunakan password yang benar-benar sukar misalnya dengan lebih dari 10 atau 12 karakter, mungkin password cukup lumayan sulit untuk dijebol.

Apa yang harus dilakukan ketika akun twitter atau Facebook di bajak orang


1. Ubah password
Jika ada tweet yang rasanya bukan tweet kita, lakukan ubah password secepatnya. Pengubahan pasword bisa dilakukan melalui menu dropdown yang ada di pojok kanan Twitter. Caranya klik Settings dan masuk ke tab Password. Jika sudah tak bisa masuk ke Twitter, gunakan fasilitas reset password form di twitter.com/account/resend_password. Jika setelah mengirim form password tidak menerima e-mail berisi intruksi mengubah password, kirim permintaan bantuan ke support.twitter.com/forms/signin.




2. Matikan akses semua aplikasi pihak ketiga
Matikan semua aplikasi pihak ketiga yang terlihat mencurigakan. Penghentian akses aplikasi ini bisa dilakukan dengan tab "Applications" di halaman "Settings". Revoke akses semua aplikasi pihak ketiga.

3. Update password baru di aplikasi pihak ketiga lainnya yang masih dipercaya
Jika sudah melakukan penggantian password baru, update juga password di aplikasi pihak ketiga lain seperti Instagram atau Twitter for iPhone. Jika hal ini tidak dilakukan maka si pembajak bisa memasuki aplikasi ini karena percobaan login yang gagal.

4. Hapus tweet dan DM palsu
Segera hapus semua tweet dan Direct Messages (DM) yang dibuat selama akun Twitter dibajak.

Mencegah Akun Twitter dibajak?


Kenali dan hapalkan semua akun yang difollow. Hanya akun yang difollow yang bisa mengirimkan Direct Message secara sah. Jadi harus curiga bila ada pesan DM yang bukan dari akun yang dikenal.

Hati-hati untuk memasukkan password di situs aplikasi pihak ketiga. Tukang Phising biasanya membuat situs palsu untuk mengecoh orang-orang memasukkan password dan info pribadi lain.

[via Twitter Account Hacked? How To Stop The Spam]
Twitter anda dibajak, bagaimana mengatasinya?
Ditulis oleh: Horizon Inspirasi pada 25 April 2012
Rating: 4.5
Judul: Twitter anda dibajak, bagaimana mengatasinya? ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment