Saturday, August 25, 2012

Masalah rambut beruban


Cara tepat untuk mencegah dan menangani rambut beruban adalah dengan makan makanan bergizi dan menerapkan gaya hidup sehat. Mulai berolahraga dengan teratur untuk kelancaran metabolisme tubuh. Olahraga teratur dapat menenangkan saraf dan pikiran, sehingga sangat berpengaruh dalam memperlambat timbulnya uban. Hindari gaya hidup tak sehat seperti merokok, alkohol, keluar malam, dan lain sebagainya. Pola seimbang dengan memilih makanan kaya protein, rendah lemak dan banyak mengandung buah-buahan bergizi dan mengkonsumsi nutrisi.

Rambut beruban atau rambut putih disebabkan karena produksi pigmen pewarna rambut yang disebut melanin terhambat. Pigmen tersebut diproduksi oleh sel melanosit. Melanosit memproduksi melanin tidak bisa jika tubuh kekurangan vitamin B 12. Nutrisi vitamin B 12 dapat diperoleh dari bahan makanan daging, hati, kerang, kepiting, kepiting, ikan salmon atau tuna, unggas, telur, susu dan produk susu lainnya.

Biji pepaya untuk atasi rambut beruban

Beri vitamin untuk rambut untuk mendapatkan nutrisi yang cukup, atau pemeliharaan bahan alami. Banyak ramuan herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut beruban. Di antara kandungan biji pepaya, hanya perlu mengambil sedikit biji pepaya, panggang dan ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit minyak kelapa. Oleskan campuran tersebut pada rambut dan kulit kepala. Biarkan selama sekitar satu jam, lalu cuci seperti biasa.

Cara mengatasi rambut beruban

Dari kompas.com ada 5 cara elegan untuk tidak minder dan mengatasi rambut beruban agar tetap tampil prima:
  • Pilih potongan rambut modern. Meskipun uban tampak sudah tumbuh dengan rimbun di antara rambut hitam kita, tidak berarti Anda tak bisa tampil gaya. Pilih potongan rambut yang modern dan sesuai wajah, saran Yvette Gonzales, penata rambut senior dan ahli tata rias di Sahag Workshop, New York City. "Minta stylist Anda untuk tidak menggunakan alat cukur karena dapat menyebabkan ujung-ujung rambut jadi berantakan," paparnya. Apapun potongan rambutnya, pastikan kita memangkasnya tiap enam sampai delapan minggu sekali. Mengapa? Rambut beruban lama-kelamaan semakin sulit diatasi jika tak dipangkas secara berkala, kata Gonzales.
  • Pilih warna busana yang tepat. Coba amati beberapa perempuan dengan rambut beruban yang sangat menarik perhatian kita. Kira-kira apa yang membuat mereka tampak begitu berbeda dari perempuan beruban pada umumnya? Jawabannya adalah pemilihan warna busana yang tepat. "MIsalnya, pakaian warna abu-abu tua dan perak, yang membuat rambut putih tampak lebih 'bersinar'," kata Kathy Galotti, pakar pewarna rambut di Rossano Ferretti Hairspa, New York City. Pilihan warna lain yang dianjurkan adalah hitam, putih, turunan abu-abu, dan warna-warna permata (rubi merah, safir biru, dan ungu). Hindari warna-warna tanah seperti beige dan zaitun, yang seketika membuat kita tampak sangat biasa.
  • Perhatikan riasan wajah. Jika sudah memutuskan untuk membiarkan uban tumbuh apa adanya, yang juga perlu diperhatikan adalah cara merias wajah. Rambut putih cenderung membuat kulit sawo matang terlihat kusam, sehingga pemilihan warna make-up harus mampu memberikan kesan segar pada wajah. Pilih blush on dengan warna-warna bernuansa aprikot, peach, dan mawar. Jangan pilih warna-warna beige atau kuning kecoklatan karena akan menciptakan blok antara warna kulit dan warna rambut.
  • Lindungi kesehatan rambut. Polusi lingkungan dan paparan sinar UV secara terus-menerus dapat membuat rambut terlihat kusam. Untuk mencegahnya, cuci rambut sedikitnya dua hari sekali (untuk mencegah penumpukan) dengan sampo dan kondisioner yang mengandung antioksidan. Rambut akan terlindung dari bahaya sinar UV dan polusi lingkungan serta terjaga kesehatannya.
  • Gunakan produk yang ringan. Jangan menggunakan minyak rambut, wax rambut, serta serum rambut yang terlalu "berat". "Bahan-bahan yang terkandung dalam produk-produk tersebut dapat menutupi kemilau rambut abu-abu kita, dan malah membuatnya tampak seperti berdebu," ujar Galotti.

Cara biasa mengatasi rambut beruban
  • Usapkan campuran minyak kelapa dan air jeruk nipis pada rambut dan remas-remas dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas. Banyak wanita yang melakukan hal ini setiap hari, rambutnya bisa tetap hitam sampai usia 60-an.
  • Ambil secangkir teh yang pekat dan tambahkan satu sendok makan garam. Setelah dingin, tuangkan rata ke rambut dan pijat-pijat kulit kepala. Biarkan selama satu jam, lalu bilas dengan air dingin tanpa shampo.
  • Untuk menghitamkan rambut yang sudah terlanjur beruban, ada produk alami dari tumbuhan di India, yaitu henna atau di sini dikenal sebagai pacar rambut.
  • Memberi nutrisi yang cukup pada rambut. Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan membuat rambut lebih bersinar. Vitamin A banyak terdapat dalam sayuran hijau, dan buah-buahan berwarna merah dan kuning.
  • Vitamin B berperan dalam melancarkan produksi minyak untuk menjaga kelembaban dan kesehatan rambut. Vitamin B banyak terdapat dalam sayuran hijau daun, sereal, hati, yogurt, pisang.
  • Mineral yang esensial bagi rambut adalah zinc, zat besi, dan copper. Banyak terdapat pada daging, ayam, sayuran, telur, biji-bijian, dan makanan laut (sea food).
  • Protein, terutama nabati amat penting untuk menjaga tekstur rambut dan membuatnya tetap bersinar. Banyak terdapat dalam biji-bijian, terutama kedelai.

Gejala-gejala akan tumbuh uban
  • Kulit berminyak. Banyak orang percaya bahwa ketombe disebabkan oleh kulit kepala kering. Namun, ketombe juga dijumpai pada kulit kepala berminyak. Lapisan minyak yang berlebihan pada kulit kepala dapat mengering, menebal dan menjadi serpihan dalam bentuk ketombe.
  • Keringat. Jika berolahraga secara teratur, berkeringat lebih banyak, yang juga bisa menyebabkan ketombe terutama jika Anda tidak berkeramas sesering yang seharusnya.
  • Jamur. Bentuk tertentu dari ketombe juga diyakini disebabkan oleh jamur pada kulit kepala. Karena jamur ini tidak dapat dihilangkan sepenuhnya maka ketombe juga tidak dapat dibasmi habis, hanya bisa dikontrol.
  • Faktor lainnya termasuk: cuaca dingin, penggunaan semprotan dan minyak rambut, sampo yang tidak sesuai, bilasan sampo yang kurang bersih, jarang mencuci rambut, diet, stress dan gangguan hormon.
  • Penggunaan kosmetik rambut yang mengandung bahan penyebab iritasi itu, bisa menimbulkan ketombe. Selain itu, sampo yang mengandung detergen ( sodium lauryl sulphate ) dapat menyebabkan iritasi.
  • Makanan juga memengaruhi timbulnya ketombe. Faktor nutrisi yang berperan adalah defiensi biotin, abnormalitas metabolisme asam lemak bebas, serta defisiensi riboflavin dan piridoksin. Beberapa jenis makanan juga bisa memengaruhi keparahan ketombe, seperti mentega dan makanan yang digoreng. “Es krim, susu, keju, refined sugar (gula pasir murni) dan makanan yang terlalu panas, pedas juga menjadi makanan yang memicu ketombe,”
  • Stres bisa menjadi pemicu, Dwipayana menyebutkan, karena saat itu akan mengalami peningkatan pada hormon androgennya, yang kemudian berlanjut dan pemicu timbulnya kelenjar minyak berlebih hingga menyebabkan kulit kepala mudah lepas.

Kabar baik rambut beruban

Rambut beruban sebagaimana diposting di inilah dot com yang dilansir dari DailyMail, bahwa rambut beruban adalah pertanda baik karena anda akan memiliki umur yang panjang.

Siapa sangka, warna rambut ternyata mampu memberi pandangan masa depan seseorang. Tak terkecuali rambut berwarna abu-abu atau biasa disebut uban.

Setelah melakukan studi, para peneliti asal Spanyol menemukan, uban merupakan tanda Anda akan memiliki hidup panjang dan sehat. Namun kabar buruk bagi Anda yang memiliki rambut merah, karena ini terkait tingkat yang lebih tinggi untuk mengidap kanker.

“Pada manusia, melanin kulit, rambut dan bulu merupakan jenis yang sama. Hal ini membatasi pengetahuan pada konsekuensi fisiologi pigmentasi,” kata kepala peneliti Ismael Galvan dari Museo Nacional de Ciencias Naturales, Spanyol, seperti dikutip DailyMail.

Uban menandakan absennya melanin. Artinya, uban merupakan tanda hidup yang sehat.

“Jauh dari tanda terkait penuaan, uban mengindikasikan kondisi yang baik,” pungkasnya.
Judul: Masalah rambut beruban; Ditulis oleh Bolo Srewu; Rating Blog: 4.5 dari 5

2 komentar:

Post a Comment