Tuesday, March 20, 2012

Terbawa Lamunan? Bisa jadi sebuah tanda bahwa Anda pintar karena anak-anak yang suka melamun memiliki otak yang lebih tajam

Pikiran yang lebih tajam: Anak-anak yang seringkali terbagi perhatiannya mampu menyimpan lebih banyak informasi daripada kawan sebaya mereka yang pandai
Orang yang pikirannya suka berkelana kemungkinan memiliki otak yang lebih tajam.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang tampaknya perhatiannya seringkali terbagi pada kenyataannya memiliki lebih banyak ‘memori yang bekerja’, yang memberikan mereka kemampuan untuk melakukan dua hal dalam waktu yang bersamaan.

Para peserta dalam studi tersebut harus menekan sebuah tombol sebagai tanggapan pada munculnya sebuah huruf tertentu dilayar, atau menahan napas. Peneliti memeriksa secara periodik menanyakan apakah pikiran mereka melayang.

Pada akhirnya, peneliti mengukur kapasitas kerja memori para peserta, memberikan mereka sebuah skore untuk kemampuan mereka untuk mengingat serangkaian huruf yang diselang-seling dengan pertanyaan matematika yang sederhana.

Daniel Levinson, seorang ahli psikologi dari Universitas Wisconsin-Madison, mengatakan bahwa mereka yang memiliki kapasitas kerja memori yang lebih tinggi melaporkan ‘pikirannya lebih sering melayang selama mengerjakan tugas sederhana itu’ walaupun pekerjaan mereka tidak diragukan.

Kecepatan: Peneliti menemukan bahwa pekerjaan anak-anak yang suka melamun tidak diragukan selama pengerjaan tugas sederhana walaupun pikiran mereka sering melayang
Hasil dari penelitiannya, yang dimuat secara online dalam Ilmu Psikologi, merupakan yang pertama untuk menunjukkan hubungan antara pikiran yang melayang dengan inteligensi.

Diperkirakan bahwa ruang kerja mental ekstra digunakan, misalnya, ketika menambahkan dua angka yang disebutkan tanpa harus menuliskannya.

Kapasitasnya telah berhubungan dengan ukuran umum inteligensi, seperti pemahaman bacaan dan skore IQ. Studi terkini menggaris bawahi pentingnya memori kerja dalam memungkinkan otak untuk terfokus dalam permasalahan yang paling mendesak.

Via Lost in daydreams? It could be a sign you're intelligent as absent-minded children have sharper brains
Judul: Terbawa Lamunan? Bisa jadi sebuah tanda bahwa Anda pintar karena anak-anak yang suka melamun memiliki otak yang lebih tajam ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment