Tuesday, April 3, 2012

12 jalan raya paling berliku di dunia


12 jalan raya paling berliku di dunia didalamnya adalah jalan-jalan indah di dunia yang memiliki tanjakan dan tikungan berseri sehingga meliuk-meliuk bukan seperti penyanyi dangdut yang membangkitkan gairah namun berliuk-liuk membangkitkan tantangan dan adrenalin bagi para pengendara dan petualangan yang menyukai tantangan.

Jalan berliku, sebagaimana hidup. Jalan raya adalah sarana untuk transportasi menghubungkan dua atau lebih tempat. 12 jalan raya paling berliku di dunia akan menghiasi blog ini. Sarana transportasi darat sejak dahulu selalu dibangun oleh manusia bagaimanapun sulitnya untuk dapat berhubungan dengan wilayah lain. Di seluruh dunia jalan yang berkelok-kelok pastinya sangat banyak dan tak terdata, apalagi di desa-desa pelosok daerah.

Berikut 12 jalan raya paling berliku di dunia yang penting untuk transportasi dan memiliki tikungan yang sangat banyak. Dan tentunya menyajikan pemandangan yang sangat indah karena berada di ketinggian dan pegunungan.

12 jalan raya paling berliku di dunia


Stelvio Pass Road, Italia



Stelvio Pass Road terletak di sebelah timur pegunungan Alpen yang masuk wilayah negara Italia. Tikungan zig-zag yang berada di 2.7 kilometer diatas permukaan air laut (mdpl) memiliki 48 tikungan tajam. Sangat indah dipandang dari jarak jauh namun sangat berbahaya ketika berkendara.


Stelvio Pass Road ini di sebut oleh Top Gear sebuah pameran tentang otomotif di Inggris sebagai greatest driving road in the world atau jalan terdahsyat untuk dilalui, meskipun mereka baru membandingkan dengan wilayah lain di seantero Eropa.

Forcella Lavardet, Italia



Forcella Lavardet berada di pegunungan di kota Dolomites-Alp di pegunungan Alpen, berada di ketinggian 1.542 meter diatas permukaan air laut (mdpl), di kota Vigo di Cadore, Italia.


Bagian jalan ini yang tidak diaspal dan berbatu-batu dapat juga menghubungkan juga Canale di Gorto dan Campolongo, hanya dapat dilewati dengan sepeda, dan tertutup untuk kendaran besar banyak tikungan tajam di Carnic Alps. Jalan ini sangat terkenal dengan 14 tingkat dan tikungan tajam yang spektakuler diantara San Pietro dan puncak.

Col de Turini, Perancis



Col de Turini berada di ketinggian 1.607 mdpl adalah jalan raya menuju puncak Alpen di daerah Departemen Maritim Alpen di Perancis. Berada di dekat kota Sospel, diantara masyarakat communes of Mouliner dan La Bollène-Vésubie di kota Arrondissement of Nice. Juga tempat yang sangat terkenal Rali Monte Carlo yang di adakan di jalan dengan tikungan yang sangat tajam.



Hingga beberapa tahun yang lalu, Col De Turini juga digunakan pada malam hari, ribuan orang menyaksikan "Night of the Long Knives", mereka menyaksikan lampu yang menembus malam hingga jauh dari kendaraan-kendaraan yang melalui jalan ini di malam hari. Col de Turini juga digunakan selama tiga kali untuk balap sepeda Tour de France pada tahun 1948, 1950 dan 1975 menempuh jarak 7.2 persen dari jalur ini sejauh 15.3 km dari timur dimulai dari sungai Vésubie.

Jalan Gerbang Besar, China



Jalan Gerbang besar, orang Inggris menyebutnya Big Gate Road atau malah Avenue Toward Heaven atau jalan menuju ke surga ini terletak di propinsi Hunan panjangnya 10 km dari atas ke bawah. Ketinggian jalan ini adalah 1300 mdpl i jalan yang tertinggi dan yang paling rendah berada di posisi 200 mdpl. Jalan ini dibangun selama 8 tahun dari 1988 hingga tahun 2006.


Pemandangannya sangat indah namun ketika melihat jalan langsung ketika berkendara akan terlihat sangat menakutkan, melihat tajamnya turunan dan tikungan dari atas hingga ke bawah, jalan ini memiliki 99 tikungan tajam.

Trolistigen, Norwegia




Trolistigen adalah jalan gunung yang berkelok-kelok di Rauma, Norwegia, jalan ini termasuk jalan Nasional negara Norwegia nomer 63 atau Norwegian National Road 63, menghubungkan Åndalsnes di Rauma dan kota Validal di Norddal. Jalan ini sangat diwukai wisatawan karena memiliki 9% kecuraman dan 9 tikungan tajam yang tertata di samping gunung. Meskipun jalan ini selalu diperlebar selama bertahun-tahun namun kendaraan yang panjang lebih dari 12.4 meter dilarang untuk melalui jalan ini. Di puncak jalan ini ada tempat parkir yang luas untuk pengunjung meletakkan kendaraanya dan berjalan-jalan untuk melihat jalan yang dilalui tadi dari atas, dan mengunjungi air terjun Stigfossen.


Air terjun Stigfossen mengucurkan air sejauh 320 meter ke bawah. Jalan Trollstigen di Norwegia ini berada di ketinggian 850 meter dari permukaan laut.

Los Caracoless Pass, di Chili dan Argentina




Los Caracoless Pass nama jalan ini berada di pegunungan Andes antara Chili dan Argentina. Los Caracoless adalah tanjakan yang sangat ekstrim dan curam. Los Caracoless Pass sangatlah curam dan tikungannya yang tajam tidak dibantu dengan peralatan keamanan bagi sopir. Sepanjang tahun biasanya jalan ini diliputi salju. Salju dan lokasi yang sulit memerlukan kesabaran yang lebih bagi pengendara untuk melaluinya juga keahlian, kehandalan dalam mengendalikan kendaraan. Jalan ini juga selalu diperbaiki untuk menghindari jumlah kecelakaan. Truk dan bis yang tinggi setiap harinya melalui jalur ini.

Jalan Halsema Highway, Philipina


Halsema adalah jalan tertinggi di Philipina, untuk melintasi jalan ini diperlukan waktu 6 jam perjalanan. Jalan Halsema ini terletak di Pulau Luzon, melintasi lembah Cordilera dari kota Baguio ke Bontok dan bisa juga ke arah Tabuk dan Tuguegarao.


Tanah longsor dan batu runtuh atau "rolling stones' sangat biasa di jalur ini mengakibatkan para pengendara atau kendaraan bisa terdampar dalam waktu yang lama. Banyak bagian yang belum di aspal meskipun pekerjaan dilakukan terus menerus untuk meningkatkan kualitas jalan. Kondisi berkabut yang sangat sering dan pengaman jalan di sisi curam menambah jalan Halsema menjadi sangat berbahaya.

Transfagarasan, Rumania


Jalan gunung Transfagarasan juga Jalan Nasional 7C adalah salah satu jalan yang spektakuler di dunia. Panjang jalan ini sejauh 90 kilometer dan terletak di Rumania. Melintasi Gunung Fagaras yang menjadi bagian dari pegunungan Alpen.


Transfagarasan menghubungkan kota Transsylvania dan Muntenia. Jalan Transfagarasan dimulai dari Bascov dekat kota Pitecti. Jalan ini mengikuti alur sungai di lembah Argea dan berada di titik-titik yang tertinggi, kemudian menurun menuju kota Cartisoara di lembah Oit, dimana jalan Transfagarasan berakhir.


Transfagarasan ini mendaki sampai ketinggian 2.134 mdpl dan memiliki tikungan-tikungan yang sangat tajam dan menjadi tantangan bagi setiap pengendara. Melalui jalan Transfagarasan harus maksimal kecapatannya 40 km/jam. Jika bulan Juni sampai Oktober jalan ini ditutup karena salju yang menutupi jalan. Jalan ini memiliki banyak terowongan dan saluran air daripada jalan yang lainnya di Rumania. Di titik tertinggi jalan Transfagarasan di dekat danau Balea - Balea Lac terowongannya sepanjang 875 meter dan merupakan terowongan yang berada di daerah paling tinggi di Rumania. Terowongan ini menghubungkan kota Transsylvania dan Walachia.

Grimsel Pass, Swiss


Berada di ketinggian 2.165 mdpl, jalan Grimsel adalah jalan tertinggi pegunungan di Swiss. Grimsel Pass menghubungkan lembah Sungai Rhone di wilayah Valais dan Haslital, lembah di atas sungai Aar, di daerahh Bern. Jalan berliku yang ada di Grimsel Pass seperti pita yang melayang-layang di udara dimainkan dengan tangan ke atas dan ke bawah, di perbukitan Alpen Swiss.




Grimsel Pass dibangun pada tahun 1890, jalan yang lebih banyak melalui hutan ini memiliki pemandangan yang luar biasa, terlihat juga dari jalan ini Rhone Glacier atau Gletset Rhone dan beberapa danau es. Pemandangan sampai ke atas adalah benar-benar indah.

Atlas Mountains Road, Maroko




Ngarai Gorge di Maroko memiliki pemandangan yang indah, namun tidak ketika sedang mengendalikan kendaraan karena tikungan yang seperti badai dan bertubi-tubi menghajar mata. Penjelajahan juga bisa dilakukan di High Atlas yang memiliki pemandangan indah dengan berjalan menuruninya yang terhubung ke Kota Marrakech menuju daerah sebelum gurun Sahara melalui wilayah gunung. Satu tempat istimewa namanya jalan Tizi n Test Road, jalan yang seperti mengambang di udara berada i ketinggin 2092 mdpl, kemudian turun menuju datara Souss.

Gotthard Pass, Swiss





Gotthard Pass di Swiss adalah jalan yang sangat kondang diantara jalan-jalan di pegunungan Alpen, pada keinggian 2.108 mdpl. Jalan ini menghubungkan masyarakat yang berbahasa Jerman dan masyarakat yang berbahasa Itali di Swiss. Jalan ini mendaki dan kemudian membentuk tikungan berliku-liku yang diakhiri dengan jalan yang lurus. Beberapa terowongan ada di jalur ini. Terowongan Gotthard Rail Tunnel adalah terowongan kereta api sepanjang 15 km dan digunakan pertama kali pada tahun 1882. Sepanjang 16.3 km terowongan untuk kendaraan bermotor di Gotthard Road Tunnel dibuka pada tahun 1980. Dengan panjang terowongan 16.3 kilometer ini Gotthard Road Tunnel adalah terowongan terpanjang ketiga di dunia. Jalur Gotthard juga memiliki jalan batu yang menjadi favorit para pengendara sepeda.

Iroha-Zaka, Jepang






Iroha-Zaka adalah jalan berkelok-kelok di Jepang yang menghubungkan kota Nikko dan Oku-Nikko. Jalan ini memiliki 48 tikungan dan setiap sudutnya memiliki tulisan Jepang kuni dimulai dari kata I-ro-ha yang menjadi nama jalan ini. Iroha-Zaka sebenarnya terdiri dari dua jalan, satu yang menurun dan satunya lagi jalan mendaki dan keduanya memiliki sama-sama 48 tikungan yang cocok dengan dengan 48 huruf dalam huruf Jepang. Jalan ini mendakai setinggi 400 meter.



Paul Mc Cartney menyanyikan The Long and Winding Road - The Beatles

12 jalan raya paling berliku di dunia
Ditulis oleh: pada 3 April 2012
Rating: 4.5
Sumber: 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  11
Judul: 12 jalan raya paling berliku di dunia; Ditulis oleh Bolo Srewu; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar:

Post a Comment