Monday, April 2, 2012

8 makanan pencegah hipertensi, darah tinggi, menjaga tekanan darah

8 makanan pencegah hipertensi, darah tinggi, menjaga tekanan darah





Tekanan darah tinggi atau biasa disebut hipertensi adalah momok bagi kesehatan. Banyak peristiwa karena gejala darah tinggi bisa memicu stroke dan serangan jantung. Penyebab hipertensi banyak ragamnya dari makanan secara fisik, gaya hidup yang menyebabkan kurang olahraga hingga beban psikis. Darah tinggi masih menjadi penyebab kematian di banyak negara.

Tips dan trik cara untuk sehat secara biasa akan mengubah resiko darah tinggi menjad sedikit. Mengatur pola makan, gaya hidup yang lebih relaks maupun jenis-jenis makanan yang membuat tubuh bugar dan fit akan bermanfaat mencegah terkena hipertensi. 8 jenis makanan di bawah ini akan menurunkan tekanan darah bila dikonsumsi secara rutin.

8 Makanan Penurun Tekanan Darah untuk Cegah Hipertensi atau Darah Tinggi


8 makanan pencegah hipertensi, darah tinggi, menjaga tekanan darah

Kentang


8 makanan pencegah hipertensi, darah tinggi, menjaga tekanan darah

Tahu


8 makanan pencegah hipertensi, darah tinggi, menjaga tekanan darah

Coklat


8 makanan pencegah hipertensi, darah tinggi, menjaga tekanan darah

Cabai


8 makanan pencegah hipertensi, darah tinggi, menjaga tekanan darah

Kismis

Kismis bisa membantu para penderita hipertensi. Penelitian Louisville Metabolic and Atherosclerosis Research Center menunjukkan bahwa mengonsumsi kismis tiga kali sehari akan menurunkan tekanan darah setelah dilakukan selama beberapa minggu.

Kandungan Kismis adalah kalium yang dikenal mampu menurunkan tekanan darah. Kismis adalah sumber serat dan mengandung antioksidan yang dapat mengubah biokimia pembuluh darah untuk mengurangi tekanan darah. Juga serat dalam kismis membantu pencernaan menjadi lebih baik.

8 makanan pencegah hipertensi, darah tinggi, menjaga tekanan darah

Kiwi

American Heart Association tahun lalu penelitiannya menunjukkan bahwa mengonsumsi tiga kiwi sehari dapat menurunkan tekanan darah.

Dalam penelitian terhadap 188 orang berusia 55 tahun ke atas yang mengidap tekanan darah tinggi, partisipan diminta untuk makan tiga kiwi atau sebuah apel setiap hari selama delapan minggu. Para peneliti menemukan orang yang mengonsumsi kiwi lebih mampu menurunkan tingkat tekanan darah sistolik daripada mereka yang makan apel.

8 makanan pencegah hipertensi, darah tinggi, menjaga tekanan darah

Kacang, Pisang, dan makanan kaya kandungan Kalium

Penelitian di tahun 2005 yang dipublikasikan dalam jurnal Hypertension menemukan bahwa tekanan darah bisa turun dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, seperti pisang. Rendahnya kandungan natrium dalam pisang juga aman dikonsumsi bagi penderita tekanan darah rendah.

Para peneliti dari St. George's Medical School di London menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kalium sitrat -yang ditemukan secara alami dalam makanan- memiliki efek yang sama dalam menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi yang mengonsumsi kalium klorida melalui suplemen.

8 makanan pencegah hipertensi, darah tinggi, menjaga tekanan darah

Semangka

Semangka tak hanya menyegarkan karena mengandung air. Buah ini juga kaya akan nutrisi, seperti serat, lycopene, vitamin A dan kalium. Penelitian dari Florida State University menunjukkan bahwa asam amino yang ditemukan pada semangka, yang disebut L-citrulline atau L-arganine, bisa menurunkan tekanan darah.

Peneliti merekrut sembilan orang dengan pre-hipertensi dan meminta mereka mengonsumsi 6 gram asam amino L-citrulline atau L-arganine per hari selama enam minggu. Peneliti menemukan bahwa tekanan darah para partisipan mengalami penurunan dan kembali berfungsi baik.



Via Raisins And 7 Other Foods That Could Naturally Lower Your Blood Pressure
8 makanan pencegah hipertensi, darah tinggi, menjaga tekanan darah
Ditulis oleh: pada 2 April 2012
Rating: 4.5
Judul: 8 makanan pencegah hipertensi, darah tinggi, menjaga tekanan darah ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

1 komentar :

Post a Comment