Sunday, April 29, 2012

Ines Putri Tjiptadi Chandra, Miss Indonesia 2012


Ines Putri Tjiptadi Chandra (22) asal Bali terpilih menjadi Miss Indonesia 2012. Ines mengalahkan dua pesaingnya dari DKI Jakarta, Jennifer Sumia dan Ovi Dian Aryani dari Jawa Timur. Terpilih menjadi Miss Indonesia, Ines Putri Tjiptadi Chandra berusia 22 tahun mengaku tidak menyangka akan meraih gelar bergengsi ini.

Alasannya, semua finalis kata Ines mempunyai kemampuan dan talenta yang luar biasa.

"Mereka semua cantik juga," ungkap Ines dalam konferensi pers setelah acara, Minggu (29/4/2012) dini hari.

Jennifer terpilih sebagai runner up 2 sedangkan Ovi Dian Aryani menjadi runner up.

Selama ini pandangan untuk menjadi Miss World selalu terpaku pada wanita yang memiliki postur tubuh yang tinggi dan proporsional. Namun, anggapan tersebut dianggap salah oleh Chairwoman of Miss World Organization and International President of Variety, The Children's Charity, Julia Morley.

"Saya mendiskusikan situasi ini di India, dan banyak sekali salah persepsi. Kalau selama ini berpikir banyak wanita berpostur tubuh tinggi yang ikut serta dan menang itu salah," kata Morley dalam jumpa pers di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (27/4/2012).




Menurut Morley, untuk menjadi Miss World, postur tubuh yang tinggi tak selalu menjadi tolok ukur. "Kami berharap yang pendek dengan kecantikan luar dalam pun bisa memenangkan Miss World. Ini harus terjadi di masa yang akan datang!" tegas Morley.

Demikian pula dengan kesempatan Miss Indonesia untuk memenangkan Miss World. Menurut Morley, peluang itu selalu ada. "Untuk Asia, India sudah pernah. Saya rasa Indonesia memiliki peluang itu," tutur Morley.

Ines Putri Tjiptadi Chandra adalah gadis kelahiran Denpasar, 5 September 1989. Ia seorang atlet golf profesional peraih mendali emas dan perak 2004. Pernah menjadi juara turnamen golf Gubernur Bali Cup fan menjadi salah satu anggota tim nasional golf Indonesia.

Ines Putri Tjiptadi Chandra juga senang basket, renang, volley merupakan sosok yang disiplin, kerja keras dan pantang menyerah.

Ines nantinya akan mewakili Indonesia dalam ajang Miss World 2012. Dalam acara penganugerahan tersebut hadir pula Miss World 2011 Ivian Sarcos dan Miss Indonesia 2011, Astrid Ellena. Ia juga berhak mendapatkan penghargaan berupa mobil, asuransi 1 Miliar, beasiswa di London School uang tunai puluhan juta Rupiah.

Setelah terpilih menjadi Miss Indonesia, Ines yang memang pecinta olahraga mengaku dirinya akan memajukan dunia olahraga tanah air.
"Selain itu akan mencari solusi kesehatan, pendidikan," paparnya.

Tidak hanya itu dirinya ingin berprestasi di ajang Miss World.
"Yang pasti saya ingin berhasil di Miss World sehingga membanggakan Indonesia," ungkapnya.

Ketua Tim Juri Liliana Tanusoedibjo mengaku sangat sulit dalam menentukan pemenang karena masing-masing punya pontensi yang luar biasa.
"Tapi kita memutuskan pemenang dan Ines yang terpilih," ungkapnya.

Juri lain, Martha Tilaar mengaku keunggulan Ines selain cantik juga mempunyai prestasi yang cukup membanggakan lain daripada yang lain.

"Tapi sebenarnya seluruh peserta di sini adalah pemenang karena terpilih dari 700 lebih pendaftar. Kami harapkan. Mereka bisa bawa nama bangsa sebagarkan kekayaan kebudayaan. Perempuan Indonesia maju mandiri," pungkasnya.

Awalnya 15 besar Miss Indonesia ditempati Miss KalBar, Banten, JaTim, BaBel, DKI Jakarta, Papua Barat, Bali, Maluku Utara, KalTim, Sulawesi Utara, Bengkulu, NAD, DIY, Gorontalo, dan Jawa Barat. Dari masing-masing perwakilan daerah tersebut kompetisi semakin menyusut.

Dari jumlah tersebut tinggal nama-nama Miss Bali (Ines Putri), Jawa Timur (Ovi Dian Aryani), DKI Jakarta (Jennifer Sumia), Maluku Utara (Nathasa Gabriela), dan Jawa Barat (Adila Wisusena) di posisi lima besar.

Mahkota sendiri akhirnya diberikan kepada Ines Putri sebagai Miss Indonesia, Runner Up 2 (Jennifer Sumia) dan Runner Up (Ovi Dian). Penganugerahan mahkota Ines diberikan oleh Astrid Ellena dan Miss World 2011 Ivian Sarcos.
Ines Putri Tjiptadi Chandra, Miss Indonesia 2012
Ditulis oleh: Horizon Inspirasi pada 29 April 2012
Rating: 4.5
Judul: Ines Putri Tjiptadi Chandra, Miss Indonesia 2012 ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment