Thursday, April 5, 2012

Tips dan Desain Sendiri Sepeda Impian Online dengan BikeCAD

Tips dan Desain Sendiri Sepeda Impian Online dengan BikeCAD

BikeCAD, desain sendiri sepeda impian secara Online


Semua orang yang menyukai sepeda pasti memiliki mimpi akan sepeda yang diinginkan. Dengan BikeCAD, bisa mendesain sendiri sepeda impian secara online. Untuk membeli dan memesan rangka yang diinginkan sesuai desain pun sudah tersedia banyak di kota-kota di Indonesia. Desain sendiri sepeda maksudnya untuk menciptakan sepeda yang paling nyaman untuk badan dan sesuai dengan postur dan berat tubuh. Jadi benar-benar sepeda impian yang membuat tubuh sangat nyaman bersepeda.

Tips dan Desain Sendiri Sepeda Impian Online dengan BikeCAD

BikeCAD


BikeCAD adalah software desain sepeda buatan Brent Curry, tersedia versi free dan versi pro untuk yang ingin mendesain sepeda yang akan diproduksi masal atau dengan kesulitan berbeda atau mendesain sendiri tanpa harus online.

BikeCAD versi online adalah software yang tidak berbayar namun harus dijalankan melalui internet (online) dan membutuhkan browser, java applet dan tentusaja koneksi internet. BikeCad ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah semua orang untuk mendesain dan mengkustom desain sepeda yang diinginkannya dengan dibantu petunjuk dan pertimbangan dari ahlinya.

“BikeCAD was originally intended to allow custom frame builders to quickly design a bike and easily obtain the lengths and angles at which to cut the tubes,”.

“Over the years, BikeCAD has been enhanced to account for component designs, spoke length calculations, and paint schemes… With all of BikeCAD’s added features, the program now appeals not only to frame builders, but also bike shops, bicycle fitting specialists and serious cyclists.”

Tips dan Desain Sendiri Sepeda Impian Online dengan BikeCAD

Semua hasil desain dapat di unduh secara online untuk dipergunakan. Apa yang perlu disiapkan hanyalah mengerjakannya secara online. Mulai dari memilih tipe sepeda yang akan di desain, jalan yang akan dilalui, untuk anak atau bukan, tandem atau tidak, dan suspensinya seperti apa.

Kemudian setelah mendapat pertimbangan dari fit advisor di program tersebut. Anda diminta untuk memasukan data diri seperti dimensi tubuh sehingga geometri rangka yang paling optimum akan secara otomatis dipilihkan untuk anda.

Tips dan Desain Sendiri Sepeda Impian Online dengan BikeCAD

Siapakah pembuat online desain sepeda ini?


Pembuat software ini adalah Brent Curry. Orang Perancis yang memulai karirnya di Vitus Cycles, yang membuat sepeda melalui pesanan orang Australia. Kemudian dia bekerja di pembuatan rangka sepeda bersama Chris Dekerf di Vancouver, Kanada. Di tahun 1999 di menjadi pendukung tim sepeda yang melintas ribuan kilometer di Arktik Kanada. Dia membuat banyak sepeda eksperimental termasuk yang terkenal adalah Couchbike yang di naikinya di Pulau Prince Edward pada tahun 2022.

Tips dan Desain Sendiri Sepeda Impian Online dengan BikeCAD

Tips dan Desain Sendiri Sepeda Impian Online dengan BikeCAD

Tips dan Desain Sendiri Sepeda Impian Online dengan BikeCAD

Video tutorial menggunakan BikeCAD






Tips mengetahui jenis Sepeda


Bagi yang ingin membeli sepeda langsung jadi tanpa harus merangkai dan memilih bahannya ada tipsnya. Tips memilih sepeda. Tips sebelum memilih sepeda yang sesuai dengan kegunaan, ada baiknya mengetahui apa sih jenis-jenis sepeda yang ada. Nama jenis sepeda akan membawa pada kegunaan dan fungsi sepeda tersebut.

Nama dan Jenis Sepeda:


Sepeda Gunung MTB.


a. Competitive XC :


Sepeda ini biasanya tergolong ringan untuk jenis MTB, merupakan sepeda yang ringan untuk cross country (offroad). Competitive XC biasa di gunakan untuk medan offroad yang tidak terlalu menurun, sangat sesuai untuk yang menyukai kecepatan dan kekuatan dalam menjelajah medan offroads.

b. XC Trail :


Jenis sepeda yang lebih di buat untuk medan offroad yang lumayan ektrim, sepertinya turunan yang agak tajam disertai banyak tikungan, suspensi depan dan belakang biasanya lebih empuk dibandingkan dengan Competitive XC, suspensi depan dan belakang biasanya juga dapat di atur skala keras dan lembutnya.

c. All Mountain :


MTB yang kelihatan kekar di banding jenis XC lainnya, mempunyai suspensi yang lebih besar dan kuat. Sepeda ini di peruntukan untuk rider yang menyukai medan offroad yang banyak lokasi jumping. Sepeda ini cocok untuk downhill ringan dan atraksi dalam bersepeda.

d. Freeride/Downhill :


Ini sepeda yang sering kita lihat dalam kejuaraan dunia downhill, sepeda yang sangat berat untuk jenis MTB. Frame sepeda ini memang sangat berat karena downhill yang ektrim memerlukan kestabilan yang tinggi. Suspensi sepeda jenis ini mempunyai trafel depan(panjang suspensi) lebih panjang di banding sepeda MTB lain, dan yang pasti suspensi belakang adalah wajib pada sepeda tipe ini.

e. Progresive / Dirt jumper:


Lebih di perutukan untuk rider yang menyukai showoff skill atau mempertontonkan dan mengasah kemahiran dalam atraksi sepeda. Dengan bentuk frame yang terkesan lurus dari depan dan belakang.

f. Recreational XC:


Merupakan sepeda XC untuk medan cross contry yang ringan, ini merupakan sepeda yang banyak di pakai MTB saat ini dalam offroad ringan dan cross coutry.

Road bike


a. Competitive Road


Merupakan sepeda balap yang di peruntukan untuk kompetisi balap, dengan berat yang sangat ringan total berat sepeda bisa mencapai 5kg, Bagi yang menyukai bersepeda sehat jalan aspal ini merupakan salah satu pilihan.

b. Endurance Road


Merupakan sepeda balap dengan frame yang lebih tahan terhadap jalan yang tidak halus semisal paving blok, sepeda dengan tipe ini cocok untuk yang meyukai tipe road yang tidak hanya aspal halus tapi jalan aspal yang jelek. Selain ringan cocok bagi penggemar kecepatan, sepeda jenis ini layak di jadikan pilihan untuk bersepeda di jalan non aspal.

c. TT (time trial)


Inilah sesungguh sepeda balap, sangat ringan dengan aero dinamis yang di desain dengan teliti untuk terpaan angin. Sepeda balap ini banyak di gunakan untuk kompetisi Time Trial / Thriatlon yang menuntut kecepatan.

d. Single speed.


Sepeda dengan gir tunggal, cocok bersepeda kemana saja. Sepeda dengan single speed ini tidak mempunyai pengaturan kecepatan, menjadikan sepeda ini simple dan prakstis terutama untuk yang tinggal di perkotaan.

e. Commute


Merupakan Sepeda yang di desain gabungan dari sepeda balap kelas kompetisi dan kebutuhan sehari-hari. Banyak vendor sepeda menyesuaikan mulai dari handle bar (stang), hingga komposisi ban dan rasio gir.

Dari penjelasan di atas maka dengan mudah atau setidaknya bisa jadi referensi memilih sepeda yang cocok dan pas dengan keinginan. Mari bersepeda, irit bbm dan sayangi bumi.

Sumber: Zona Sepeda | Gizmag | Bike Forest
Tips dan Desain Sendiri Sepeda Impian Online dengan BikeCAD
Ditulis oleh: pada 4 April 2012
Rating: 4.5
Judul: Tips dan Desain Sendiri Sepeda Impian Online dengan BikeCAD ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment