Monday, September 15, 2014

Arsitektur baru Kementrian RI Kabinet Jokowi - JK


Arsitektur tim Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla dipresentasikan hari ini secara langsung di televisi pada Senin 15 September 2014. Pengumuman atau presentasi finalisasi arsitek kabinet Jokowi ini dilakukan di Rumah Transisi, oleh Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Konferensi pers dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo, hasil penggodogan tim transisi dan pokja-pokjanya sudah diberikan kepada Joko Widodo dan akan menjadi dasar pembentukan Kabinet Joko Widodo. Ada 19 kementrian yang tidak diganti namanya, ada 6 kementrian berganti nama, dan ada 6 kementrian gabungan, serta kementrian baru. Kalau yang sudah beredar ada kementrian agraria, kependudukan dan ekonomi kreatif.

Opsi dari tim transisi tentang reformasi birokrasi dan pengiritan anggaran. Jokowi sendiri akan menyampaikan mengenai agar pemerintah bisa berjalan dengan efektif sesuai dengan sistem presidensial yang dianut. Bahwa Presiden dibantu oleh menteri-menteri negara, dan juga untuk pemerintahan yang bekerja dan pemerintahan yang hadir di tengah rakyat dan pemerintah yang terkonsolodasi. Jumlah kementrian dikatakan Jokowi sejumlah 34 Kementrian.

Nanti akan diikuti pembagiannya dengan 18 Profesional dan 16 profesional partai. Menko ada 3, Wamen yang mungkin masih diperlukan adalah di kementrian luar negeri.

Sementara di tanya wartawan tentang orang-orangnya dan kriteria menteri, Jokowi menjawab akan disampaikan lain waktu dan kriteria menteri masih akan digodog karena finaliasi jumlah kabinet pun menurut Presiden Jokowi saat ini belum bisa dikatakan final. Dan menunggu partisipasi publik secara lebih luas.

Jokowi dan tim juga masih membuka diri kepada masukan dan partisipasi publik tentang arsitektur kabinet Jokowi - JK.

Kementrian yang profesional misalnya kementrian keuangan, BUMN, ESDM, Pertanian dll.

Hal itulah sesuai konfrensi pers yang dilakukan Jokowi di Rumah Transisi.

Judul: Arsitektur baru Kementrian RI Kabinet Jokowi - JK ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

1 komentar :

Post a Comment