Wednesday, May 2, 2012

Remembering Endang Rahayu Sedyaningsih, Menteri Kesehatan RI


Endang Rahayu Sedyaningsih mantan menteri kesehatan RI meninggal dunia di RSCM pukul 11.41 WIB setelah 1,5 tahun berjuang melawan kanker paru-paru. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengabulkan pengunduran diri Endang pada 26 April 2012. Sejak cuti pertengahan April tersebut, kesehatan mantan menkes RI Endang kian menurun.

Jenazah mantan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih tiba di rumah duka, Rabu 2 Mei 2012 pukul 14.40 WIB. Kedatangan jenazah Endang disambut isak tangis keluarga dan kerabat.

Jenazah Endang dibawa dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo ke rumah duka di Jalan Pendidikan Raya III, Komplek IKIP, Duren Sawit, Jakarta Timur menggunakan ambulans. Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa terlihat menerima jasad Endang dari ambulans bernopol B 7239 II.

Setelah itu, jenazah Endang dibawa masuk ke rumah duka. Isak tangis pun pecah. Keluarga, sahabat, dan kerabat, serta pelayat lainnya tampak begitu berduka dengan meninggalnya mantan Menkes ini.

Sekitar 10 menit setelah jenazah tiba di rumah duka, anak kedua Endang yang ditunggu-tunggu, Awandha Raspati Mamahit, tiba. Dia tiba dari Jenewa, Swiss. Mengenakan sweater bertopi, Awandha menolak menjawab pertanyaan wartawan dan langsung masuk rumah. Dia tertunduk.

Dari pernikahannya dengan Reanny Mamahit, Endang dikarunia tiga anak. Anak pertama dan terakhir masing-masing Arinanda Wailan Mamahit dan Rayinda Raumanen Mamahit.

Selain Menlu Marty Natalegawa, tampak Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Helmy Faishal Zaini melayat.

Pemakaman ibu Endang akan dilakukan pada Kamis 3 Mei 2012 pukul 06.30 WIB, jenazah Endang Rahayu akan diberangkatkan ke Kementerian Kesehatan untuk disemayamkan di Ruang Leimina. Jenazah pada pukul 09.00 WIB akan diberangkatkan dari Kemenkes.

Pelepasan jenazah akan dipimpin oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono. "Akan dimakamkan di San Diego Hills," jelasnya.

Menurut rencana, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan memimpin langsung upacara pemakaman Endang Rahayu. "Di San Diego, inspektur upacaranya Bapak Presiden," ujarnya.

Remembering Endang Rahayu Sedyaningsih, Menteri Kesehatan RI


Endang menjabat sebagai Menteri Kesehatan sejak 22 Oktober 2009 hingga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengabulkan pengunduran diri Endang pada Kamis 26 April 2012.

Perempuan yang lahir di Jakarta, 1 Februari 1955 itu menjabat sebagai menkes menggantikan Siti Fadilah Supari. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Biomedis dan Farmasi, Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Kesehatan.

Endang juga tercatat pernah berkarir di kantor Badan Kesehatan Dunia (WHO) di Jenewa, Swiss, khusus untuk penanganan penyakit menular.

Wanita berambut pendek ini menamatkan pendidikan sarjana pada tahun 1979 dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Kemudian, dia melanjutkan sekolah hingga meraih gelar magister dan doktor dari Harvard School of Public Health.

Istri Reanny Mamahit, Direktur RSUD Tangerang ini memiliki dua putra dan satu putri. Putra pertama bernama Arinanda Wailan Mamahit, putra kedua bernama Awandha Raspati Mamahit, dan anak putri paling kecil bernama Rayinda Raumanen Mamahit.

Endang berjuang melawan kanker paru-paru sejak Oktober 2010. Dalam jumpa pers, tahun 2011, Endang mengaku, penyakit ini tidak terdeteksi saat cek kesehatan calon anggota Kabinet Indonesia Bersatu II. Satu tahun setelah uji kesehatan itu, Endang kembali melakukan medical check up. Hasilnya, terdeteksi ada kanker di paru-parunya.

"Sekarang ini orang memandang kanker seperti vonis (mati). Padahal, kanker itu sama seperti penyakit lainnya. Jadi, tergantung kita bagaimana menyikapi penyakit ini," kata Endang optimis, saat itu.

Menkes sempat berobat ke luar negeri, yaitu ke Kota Guangzhou, China, pada Oktober hingga November 2010.

Sejak jumpa pers mengenai penyakitnya pada 2011, berita sakitnya Menkes itu seolah tenggelam dengan hiruk-pikuk isu dan kinerja di bidang Kesehatan. Menkes pun menjalani rutinitasnya sebagai menteri seperti biasa.

Sampai 17 April 2012, Endang dikabarkan cuti untuk menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta. Pukul 11.41 WIB, Rabu 2 Februari 2012, didampingi suaminya, Endang menghembuskan nafas terakhir.

[ via Mengenang Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih | Endang Rahayu Dimakamkan di San Diego Hills ]
Remembering Endang Rahayu Sedyaningsih, Menteri Kesehatan RI
Ditulis oleh: Horizon Inspirasi pada 2 Mei 2012
Rating: 4.5
Judul: Remembering Endang Rahayu Sedyaningsih, Menteri Kesehatan RI ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

1 komentar :

Post a Comment