Saturday, April 20, 2013

ngopikere

NgopiKere terdiri dari dua kata yang dijadikan satu. Ngopi dan Kere. Ngopi artinya minum kopi (bukan nama orang -red) dan Kere adalah mayoritas bangsa Indonesia yang hidup dalam ambang kemiskinan (bukan nama orang juga -red).

Kata kere dalam ngopikere bukan mutlak adalah kere belaka, namun orang yang mengatakan dirinya kere, bukan orang atas. Karena ada hirarki dalam jenjang sosial yaitu kere dan ndoro. Kere biasanya tak mau diatur atau tak bisa diatur atau memang tidak perlu diatur atau diabaikan saja.

Kere yang berkumpul untuk meminum kopi dalam ngopikere. Tidak memiliki tendensi ataupun tujuan tertentu selain bergaya menjadi kere-kere yang suka ngopi-ngopi. Bukan perhelatan apalagi berusaha menjadi sesuatu karena biasanya kere memang begitu. Selain ngopi, ngere trus apalagi?.

Memang ada sesuatu diantara para kere sekarang, selain sekedar ngopi. Kere saat ini sadar bahwa segala hal harus tumbuh dari bawah. Tidak bisa langsung berasal dari atas, karena itulah ngopikere tidak mau disebut sebagai sesuatu yang direncanakan. Apalagi memiliki landasan ideologis tertentu, karena ideologi adalah tumpangan orang-orang yang ingin mencapai sesuatu. Bukan tidak kebetulan jika ideologi itu terbuat, semuanya direncanakan, kecuali ngopikere.

Begitulah ngopikere dalam rintik hujan kemarin sore.
Judul: ngopikere ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment