Tuesday, March 27, 2012

Google+ mengubah SEO selamanya


Google PageRank update tahun 2012 sudah sekali dilakukan yaitu pada bulan Januari 2012, lebih tepatnya antara tanggal 30 Januari hingga 2 Februari 2012. Nah, kapan Google Panda akan update PageRank lagi di tahun ini?

Google Panda akan melakukan update PageRank pada tahun 2012 sebanyak empat kali, jadi masih 3 kali lagi akan dilakukan. Namun apa yang dimaksud dengan PageRank tersebut, apakah penting?

PageRank adalah gaya neko-nekonya Google untuk memberikan Ranking pada website atau weblog. Ranking tersebut berpengaruh pada hasil pencarian di Search Engine atau mesin pencari. PageRank ini juga bisa diartikan nilai otoritas sebuah situs. Makin tinggi PageRank (antara 1 sampai 10) maka artinya ada trafik yang lebih banyak dan konversi nilai uang situs website atau weblog.

Sebenarnya tidak penting sekali, kalau ngeblog yang nulis aja di blog, gak usah mikir hal seperti ini, yang penting konten selalu terupdate dan jika istilahnya rumah maka rumah tersebut terpelihara aktifitasnya dengan konten yang selalu baru. Konten yang bermakna dan memberi kesegaran baru bagi yang membaca akan selalu di cari. Entah apa maunya PageRank atau SERP - Search Engine Ranking Position - yang dicari tetap tulisan yang memiliki roh, tentunya loh :-)


Nah, Kapan lagi Google Panda akan melakukan Update PageRank, kira-kira bocorannya seperti ini, jika Google tidak berubah pikiran:

  1. Google PageRank 2012 Update Bulan Juni

    Waktu: 30 Juni – 2 Juli 2012
  2. Google PageRank 2012 Update Bulan Oktober

    Waktu : 30 September – 2 Oktober 2012
  3. Google PageRank 2012 Update Bulan Desember
    Waktu: 31 Desember – 3 Januari 2012

Google PageRank memutakhirkan nilai PR 4 kali dalam setahun, dan keempatnya adalah pemutakhiran umum.


Rahasia algorithma Google memang tetap selalu rahasia, karena setiap saat bisa berubah. Sementara sekarang hasil pencarian akan semakin mendekati perilaku manusia ketika bersosial di sosial media, contohnya seperti Google+. Dengan selalu rajin memberikan klik pada plus one akan memberikan data kepada mesin pencari Google bahwa artikel blog tersebut memiliki makna dalam search history pemilik akun Google.



Hal ini, poin di sosial media diperhitungkan saat sekarang, karena ketika misalnya kita di internet mau ngapain, mau cari artikel yang kita butuhkan, apa yang pertama kali kita lakukan?

Pertama kali yang dilakukan tentunya adalah bertanya kepada teman, jika jawaban masih kurang maka kita akan melakukan yang namanya mencari. Mencari dengan mesin pencari di internet, dan mesin pencari nomor wahid saat ini yang selalu digunakan adalah mesin pencari Google. Meskipun Facebook, Twitter memiliki target iklan dan target pencarian yang juga spesifik, terutama untuk iklan, karena Facebook memiliki data individu, seperti lokasi rumah, jenis kelamin, hobi, jaringan pertemanan, hingga status perkawinan bahkan orientasi seksual. Bing pun melakukan penambahan data untuk mempertajam hasil pencarian dengan menggunakan data tersebut. Tergantung kondisi apakah mereka (para penyedia data) sudah melakukan kesepahaman bersama, dalam arti berapa keuntungan uang yang akan di bagi :-)


Nah Google masih memperhitungkan kemampuan manusia untuk mencari dengan bantuan nilai plus dari sosial media seperti Google+, mengapa? Karena targeting ads dan targeting search berdasarkan rekomendasi manusia pasti memiliki nilai lebih dibandingkan mesin ketika membaca sebuah artikel. Apakah memiliki manfaat atau tidak, penilaian sosial media menjadi memiliki bobot yang sangat berarti saat ini dalam Google Search Plus Your World.

Bagaimana Google+ mengubah pencarian di Google selamanya di masa depan, dengarkanlah gonggongan anjing dalam video tutorial SEO di bawah ini:



Google+ mengubah SEO selamanya
Reviewed by on Mar 27 2012
Rating: 2.5
Judul: Google+ mengubah SEO selamanya ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment