Sunday, February 19, 2012

Celeng Kebun Binatang Surabaya mati diracun [video]

Celeng
Kembali lagi ontran-ontran tentang KBS, Kebun Binatang Surabaya, yaitu celeng atau babi hutan yang kabarnya mati di racun, ada dalam video dibawah. Kemelut politik kepemilikan kebun binatang Surabaya memang mengenaskan bagi para binatang yang seharusnya dipelihara dan menjadi tujuan adanya kebun binatang ini. Sangat mengecewakan memang pemerintah Surabaya yang tidak becus hanya mengurus binatang, apalagi mengurus penduduknya.


Satwa koleksi Kebun Binatang Surabaya (KBS), Celeng Goteng, babi hutan yang habitat aslinya di Pulau Jawa, ditemukan mati pada 24 Januari 2012 lalu.

Yang mengejutkan, hewan itu diracun. "Kematian celeng setelah diotopsi, ada perubahan semua organ, baik lambung, jantung, paru-paru, semua mengindikasikan keracunan," kata dokter hewan KBS, Rahmat.

Pihak KBS telah melaporkan kasus ini ke polisi, yang langsung menindaklanjutinya. Pemeriksaan Laboratorium Forensik Mabes Polri Cabang Surabaya mengkonfirmasi temuan awal pihak KBS. Tes menemukan, ada sianida di perut hewan tersebut.

Polisi pun bertindak, mengusut tuntas kematian tersebut, termasuk mengungkap, bagaimana bisa racun mematikan bisa masuk ke kandang celeng, apakah ada unsur kesengajaan dalam kasus ini. Lihat videonya di tautan ini.

Kematian hewan di Kebun Binatang Surabaya memang relatif tinggi. Tahun lalu, hampir 250 hewan koleksi yang mati.

Di antaranya, kambing gunung di Kebun Binatang Surabaya mati akibat pencernaannya terganggu. Ternyata, setelah dibedah, di dalam perutnya ditemukan kantong plastik kresek. Begitu juga dengan matinya seekor buaya. Di dalam perutnya ditemukan 25 batu.
Benarkah binatang-binatang di kebun raya Surabaya tersebut mati diracun? Celaka memang para politikus yang berebutan tentang lahan hingga tidak memperhatikan ekosistem yang dulunya diciptakan untuk menghibur rakyat Surabaya. Demi tujuan mencari uang yang lainnya semua dikorbankan, tidak ada pikiran lain untuk memindah atau relokasi agar lebih baik.

[ via vivanews ]
Judul: Celeng Kebun Binatang Surabaya mati diracun [video] ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment