Thursday, March 15, 2012

Foto SBY di Bakar : Protes Kenaikan harga BBM

Foto SBY di Bakar : Protes Kenaikan harga BBM

Meski harga BBM di pedagang eceran sudah mengalami kenaikan, namun sebagian masyarakat memilih membeli BBM eceran dibandingkan mengantre di SPBU yang ada di wilayah tersebut. Karena untuk mendapatkan BBM, masyarakat harus mengantre berjam-jam.

Harga eceran bahan bakar minyak (BBM) jenis premium di sejumlah wilayah pelosok Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, menjelang kenaikan BBM mencapai Rp 9 ribu per liter.

Kenaikan tersebut sudah mulai terjadi di wilayah pelosok Belitang yang berjarak sekitar 80-100 Kilometer (Km) dari ibukota Kabupaten Martapura.

Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie menegaskan sikap partainya mendukung kebijakan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi dari Rp 4.500 menjadi Rp 6.000 per liter.
Ditegaskan Aburizal, opsi menaikkan harga BBM sebesar Rp 1.500 per liter harus merupakan satu keputusan terakhir dan terburuk yang harus diambil pemerintah.
Lebih lanjut, Ical, demikian sapaan pimpinan partai berlambang pohon beringin ini, menuturkan, bahwa kenaikan harga BBM subsidi tidak boleh sekedar menaikkan tanpa memikirkan nasib rakyat yang terkena dampak dari kebijakan tersebut.

Selain akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi, pemerintah juga mengajukan kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) mulai Mei mendatang. Namun, saat membahas mengenai hal ini bersama Komisi VII DPR RI, Rabu (14/3/2012), muncul usulan agar kenaikkan TDL sekitar 10 persen ditunda.

Menteri ESDM, Jero Wacik menjelaskan, putusan apakah TDL akan naik atau ditunda untuk tahun ini akan dilakukan hari ini, Kamis (15/3/2012) bersama DPR.

Ia mengakui dalam bahasan bersama DPR mengenai TDL Rabu (14/3/2012), terdapat suara-suara, usulan-usulan agar kenaikan TDLditunda saja. Hal itu, juga menurutnya, dipikirkan pemerintah untuk menunda kenaikan TDL yang diusulkan naik 10 persen per Mei mendatang.

“Kami juga kelihatannya punya pikiran itu. Karna biar jangan bertumpuk, BBM naik, terus TDL naik. Rasanya berat buat rakyat. Sehingga kita punya pikiran seperti itu juga. Itu keputusannya besok,” ucapnya.

Di tunda sampai kapan? “Kalau ditunda sekalian tahun depan,” jawab Jero, mantan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata ini kepada wartawan.

Aksi unjuk rasa menentang kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai anarkis. Mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Makassar, Rabu (14/3/2012), membakar gambar foto Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Seperti aksi dua pekan terakhir, mereka mengecam pemerintahan SBY yang berencana menaikkan haraga BBM mulai 1 April mendatang. Titik aksi di dekat gedung DPRD Sulsel dan kawasan flyover Jl Urip Sumoharjo-Jl AP Pettarani, kilometer 4 Makassar.

Puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Makassar menggelar aksi unjuk rasa di depan DPRD Sulsel. Aksi demonstran yang dikoordinir oleh Eko Wahyudi tersebut diwarnai dengan aksi bakar ban bekas serta foto SBY dan Wapres Boediono.

Dalam orasinya mereka menuntut agar pemerintah lebih peka dengan kondisi bangsa yang sedang susah dan akan semakin diperberat dengan kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM.

Setelah puas berorasi di luar mereka lalu masuk ke dalam halaman DPRD dan kembali berorasi.

Ratusan mahasiswa lintas kampus itu memakai atribut berupa lambang, bendera, dan jaket almamater kampus. Mereka diantaranya berasal dari Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Universitas Muslim Indonesia (UMI), Universitas '45, dan Universitas Islam Makassar.
Mereka juga memakai atribut organisasi ektra kampus sepeerti Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia (HMI) serta forum lintas kampus lainnya.

Aksi serupa digelar di depan pintu I Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Tamalanrea. Sekitar 300 mahasiswa dari sejumlah Badan Ekskutif Mahasiswa (BEM) di Unhas dan Lingkar Nasional untuk Demokrasi (LMND) juga menggelar orasi dengan isus nasional, Aksi ini sempat memacetkan km 10 jl Perintis Kemerdekaan, sekitar 3 jam, hingga pukul 15.00 wita.

Via:

Judul: Foto SBY di Bakar : Protes Kenaikan harga BBM ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment