Wednesday, March 28, 2012

Iman Sugema : Pengamat Ekonomi tentang Kenaikan Harga BBM 2012


Pengamat Ekonomi Iman Sugema kondisi makro dan mikro ekonomi Indonesia adalah inflasi sudah meningkat. Harga-harga komoditas pertanian sudah mengalami kenaikan. Setelah nanti diputuskan kenaikan BBM maka akan terjadi kenaikan harga lagi.

Harga komoditas di pasaran. Untuk semuah barang konsumer akan terjadi peningkatan tapi setelah kenaikan peningkatannya akan lebih kecil karena harga tersebut sudah di sesuaikan.

Ada periode penyesuaian masyarakat terhadap jual beli. Misalnya penundaan pembelian alat-alat transportasi, seperti motor, dan mobil bekas.

Barang-barang durabel akan lebih ditunda lagi pembeliannya oleh masyarakat. Jadi akan ada penurunan permintaan masyarakat, sehingga harga akan ada koreksi dan ada equlibrium baru lagi.

Dalam jangka pendek harus ada penilaian kelompok mana saja yang akan terkena imbas. Dari sisi konsumen yang memiliki pendapat relatif tempat seperti karyawan dan lainnya adalah kelompok rawan yang terkena dampak kenaikan BBM karena juga tak punya tabungan, pendapatan rendah dan pengeluaran meningkat.

Dampak kenaikan harga BBM sekarang relatif lebih aman daripada ketika tahun 2008. Namun yang berbahaya saat ini adalah gejolak politiknya. Demikian Iman Sugema ketika diwawancarai TVOne, Rabu 28 Maret 2012.

Iman Sugema : Pengamat Ekonomi tentang Kenaikan Harga BBM 2012
Reviewed by on Mar 28 2012
Rating: 3.5
Judul: Iman Sugema : Pengamat Ekonomi tentang Kenaikan Harga BBM 2012 ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment