Tuesday, March 6, 2012

The Linux from Scratch v7.1: Buku panduan membangun Distribusi Linux dari awal

The Linux from Scratch v7.1: Buku panduan membangun Distribusi Linux dari awal

Projek Linux From Scratch (LFS) telah menerbitkan manual untuk membangun installasi Linux kustom versi 7.1. Pada rilis baru ini terdiri dari 354 halaman langkah demi langkah membangun Linux dan penambahan komponen-komponen yang lebih mutakhir dibandingkan versi sebelumnya, contohnya adalah Kernel Linux 3.2.6 dan GNU Compiler Collection (GCC) versi 4.6.2. Pemutakhiran versi termasuk pemantapan bootscripts dan koreksi teks, sebagaimana update untuk 20 paket yang ada.

Buku panduan Linux From Scratch meliputi semua langkah yang diperlukan untuk menggunakan sistem yang lain untuk membangun Linux sistem sendiri; sistem yang dihasilkan akan berdasar pada sumber yang sama sebagaimana Distribusi Linux seperti Fedora, OpenSuse atau Ubuntu. Membangun distribusi Linux dari awal memberikan pengetahuan pada pengguna tentang komponen inti dan memberikan kesempatan untuk merancang sendiri distribusi yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan dengan hanya menginstall fitur dan paket yang dibutuhkan.

Edisi manual yang baru ini tersedia secara online; sebagai alternatif pengguna bisa melakukan download dalam file PDF atau dalam file dokumen HTML. Buku Linux From Scratch berlisensi Creative Commons (Attribution-NonCommercial-ShareAlike 2.0) serta kode yang ada di dalam buku panduan berada dalam lisensinya MIT.
Judul: The Linux from Scratch v7.1: Buku panduan membangun Distribusi Linux dari awal ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment