Thursday, March 29, 2012

Tips melatih ingatan, menghindari pikun, meningkatkan kinerja otak

Tips melatih ingatan, menghindari pikun, meningkatkan kinerja otak
Kalau ada yang berkata semakin tua semakin sulit untuk mengingat, tampaknya hal itu banyak yang setuju mengingat semakin dewasa seseorang akan dihadapkan dengan semakin banyak permasalahan, semakin banyak peristiwa, bertemu dengan semakin banyak orang sehingga layaknya sebuah memori komputer akan semakin penuh terisi.

Akan tetapi, otak manusia itu tidak pernah penuh atau luber sekalipun diisi terus-menerus dengan banyak informasi. Hanya saja informasi yang telah lama disimpan dan tidak sering dipanggil, akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk muncul kembali dalam ingatan. Lalu bagaimana kita bisa menjaga kemampuan daya ingat kita? Berikut tipsnya:

Tips melatih ingatan, menghindari pikun, meningkatkan kinerja otak:


  1. Lakukan pengulangan – Ulangilah sesuatu untuk Anda ingat, mungkin hal ini sederhana namun benar-benar membantu. Ulangilah nomor telepon beberapa kali lalu ingatlah kembali sesaat kemudian. Untuk mengingat sesuatu dalam jangka panjang, ulangilah atau lihat kembali beberapa kali setelah mempelajarinya, kemudian di hari berikutnya, dua hari sesudahnya, minggu depannya, dua minggu berikutnya, dan seterusnya.
  2. Tulislah informasi yang ingin diingat – biarkan kertas membantu mengingatnya untuk Anda. Tujuannya untuk menggunakan informasi itu di kemudian hari, dan jika kertas dan pena bisa menjadi ‘alat bantu eksternal untuk pengingat’, kenapa Anda tidak menggunakan manfaat tersebut? Lagipula, menuliskan sesuatu merupakan cara kuat lainnya untuk menggoreskan informasi ke dalam pikiran Anda.
  3. Bersihkan Pikiran Anda – terkadang untuk mengingat-ingat sesuatu, Anda hanya butuh relaks dan mengosongkan pikiran dari segala hal yang sedang berkecamuk di dalamnya. Ambil nafas pelan dan dalam sebanyak tiga kali melalui hidung dan buat otot-otot Anda relaks. Perhatikan udara yang bergerak masuk dan keluar melalui lubang hidung Anda. Selanjutnya kembali lagi pada apa yang Anda ingin ingat-ingat.
  4. Beri makan otak Anda – Hal ini tentunya berarti beri makan tubuh Anda. Otak Anda membutuhkan banyak energi, dan secara umum akan berfungsi dengan lebih baik jika Anda makan cukup protein dan karbohidrat kompleks. Cobalah campur dengan kacang-kacangan dan buah kering, makanan ini bagus untuk sebagian orang. Ikan telah menunjukkan kemampuannya untuk mempercepat fungsi otak, begitu juga meningkatkan ingatan dan perkembangan jangka panjang pada fungsi otak lainnya. Lagipula, gangguan seperti rasa lapar bisa mengganggu konsentrasi dan kemampuan untuk mengingat banyak hal.
  5. Minum cukup cairan – Dehidrasi tidak selalu bisa dikenali, dan bisa mengganggu Anda baik dalam hal berpikir jernih dan mengingat, begitu juga lebih berdampak pada fungsi otak. Anda bisa bereksperimen untuk melihat kasus ini bisa terjadi pada diri Anda. Minum saja satu gelas air dan rasakan apakah pikiran Anda bisa bekerja lebih baik.
  6. Olah raga – Olah raga fisik telah menunjukkan pengaruhnya terhadap peningkatan fungsi otak baik dalam waktu cepat (setelah sepuluh menit berjalan di atas treadmill, misalnya) atau untuk jangka panjang. Pengaruh jangka pendek tersebut terjadi karena peningkatan aliran darah dalam waktu singkat dan oleh karenanya membawa oksigen ke otak. Peningkatan ingatan dan fungsi otak yang lain dalam jangka panjang yang didukung oleh olahraga teratur mungkin juga karena peningkatan fisik pada otak dan tubuh dikarenakan pengulangan peningkatan aliran darah dan oksigen.
  7. Belajar teknik mnemonic – Ada banyak teknik melatih ingatan yang bagus untuk mengingat nama, angka, daftar barang dan banyak lagi. Sebuah daftar barang sederhana bisa tersimpan di dalam ingatan, misalnya, dengan menghubungkannya dengan cerita gila yang Anda bayangkan. Observasi menunjukkan bahwa pikiran manusia lebih mudah mengingat informasi yang lebih bermakna seperti spasial, pribadi, kejutan, fisik, seksual, humor, dst.
  8. Bayangkan kegunaannya – Jika Anda berpikir tentang bagaimana Anda akan menggunakan informasi, Anda sepertinya akan lebih mudah mengingatnya. Misalnya, jika setelah belajar algoritma baru dalam pelajaran matematika, Anda membayangkan akan menggunakannya selama tes, kemungkinan Anda akan mengingatnya dengan lebih baik – terutama saat mengerjakan tes. Bayangkan bertemu dengan seseorang kembali di masa yang akan datang dan memanggil namanya, maka kemungkinan Anda benar-benar ingat ketika peristiwa itu benar-benar terjadi.
  9. Hindari toksin – Yang paling jelas di sini adalah merokok. Walaupun bisa membantu seseorang berkonsentrasi dalam jangka pendek, kerusakan yang diakibatkan oleh kebiasaan merokok mungkin akan melukai fungsi otak secara umum, termasuk memori. Banyak resep obat dan tentunya obat ilegal bisa menyebabkan pengaruh negatif.
  10. Kurangi stres – Ketika Anda stres, tubuh Anda melepaskan kortisol, yang pada tingkat tingginya akan mengganggu bagian dari otak Anda yang menangani memori yang terkini. Stres yang kronis telah menunjukkan menjadi penyebab penyusutan otak. Meditasi atau belajarlah aktifitas lain untuk menghindari stres. Hal ini mungkin menjadi yang terpenting dari tip di atas guna meningkatkan daya ingat, yang baik bukan hanya untuk otak semata namun juga seluruh tubuh dan perjalanan hidup.



Tips melatih ingatan, menghindari pikun, meningkatkan kinerja otak
Reviewed by on Mar 28 2012
Rating: 5
Judul: Tips melatih ingatan, menghindari pikun, meningkatkan kinerja otak ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment