Saturday, April 7, 2012

Ginjal yang tertukar iPad dan iPhone


Cerita menyedihkan lagi tentang China dan teknologi. Selain banyak yang bunuh diri di pabrik Apple di Foxconn. Ternyata ada lainnya juga yaitu pembeli gadget produk Apple yaitu iPad 2 dan iPhone.

Menyedihkan sekali ketika seorang anak bernama Zheng dari kota Huaishan yang masih berumur 17 tahun di China ingin membeli gadget iPad 2 namun tidak mampu, dan mengatakannya di internet. Sehingga ada broker dari internet yang mau memberinya uang 20.000 yuan atau setara dengan 3.500 dollar untuk membeli ginjalnya.

"I wanted to buy an iPad 2 but could not afford it. A broker contacted me on the Internet and said he could help me sell one kidney for 20,000 yuan."

Dia merasa dengan uang tersebut pastilah lebih dari cukup untuk membeli sebuah iPad 2 namun akibatnya dia mulai merasa kesehatannya menurun. Ibunya yang tidak mengetahui apa yang direncanakan anaknya, mencoba untuk mengontak broker ginjal tersebut. Tentu saja tidak usah kaget, broker itu tak bisa di hubungi lagi.

Sekarang Zheng sangat mencintai iPadnya, namun ia merasa masih sangat menghargai ginjalnya yang hilang. Taruhannya memang sangat tinggi. Semoga Zheng segera bangkit dan sehat selalu.

Peristiwa itu terjadi sekitar bulan April tahun lalu, dan dilakukan di pasar gelap. Padahal di pasaran harga ginjal adalah setara dengan 35.000 dollar. Aneh memang di China, dan memang perdagangan organ tubuh di China baru dilarang sekitar tahun 2007 lampau.

Sekarang Zheng Wang menderita penurunan kesehatan dan semacam gagal ginjal yang artinya tubuhnya tidak lagi bisa menyaring racun di dalam tubuh. Dokter mengatakan bahwa Zheng membutuhkan transplantasi ginjal. Dan celaka lagi harga transplantasi ginjal adalah 35.000 Dollar, sepuluh kali lipat harga ginjal yang dijual Zheng.

Sekarang, lima orang di tahan karena kasus ini, yang menjadi broker ginjal Zheng Wang, seharga 22.000 yuan untuk membeli iPhone dan iPad. Menurut Xinhua News Agency pada hari Jumat yang dilansir oleh New York Times.

Lima orang tersebut termasuk yang melakukan operasi mengambil ginjal Zheng pada April tahun lalu. Menurut terdakwa mereka menerima 220.000 yuan sekitar 35.000 dollar untuk melakukan transplantasi ginjal. Dia memberi Wang 22.000 dan membagi sisanya kepada dokter operasi, tiga terdakwa lainnya dan staf medis lainnya. Tidak ada laporan siapa yang membeli ginjal tersebut.

Propinsi Anhui adalah salah satu propinsi termiskin di China. Dimana setiap orang memilih untuk pergi mencari pekrjaan dan mencari tempat untuk hidup di tempat lain. Zheng membeli iPhone dan iPad dan ketika ditanya ibunya darimana dia mendapatkan uang, dia menjawab bahwa telah menjual ginjalnya.

Produk Apple memang sangat populer di China, namun harganya masih mahal untuk banyak orang China, sekitar 3.998 yuan (633 USD) untuk iPhone dan iPad dijual seharga mulai 2.998 yuan atau 474 USD.

Sumber Five Charged After Chinese Teen Sells Kidney to Buy iPhone via Chinese Kid Sells His Kidney for an iPad and iPhone, Suffers Renal Failure
Ginjal yang tertukar iPad dan iPhone
Ditulis oleh: Horizon Inspirasi pada 6 April 2012
Rating: 4.5
Judul: Ginjal yang tertukar iPad dan iPhone ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment