Wednesday, February 22, 2012

Google dan Heinrich Rudolf Hertz


Google Doodle pada ulang tahun Heinrich Rudolf Hertz


Biografi Heinrich Rudolf Hertz

Heinrich Rudolf Hertz lahir di Hamburg, Jerman. Ayahnya adalah seorang pengacara terkemuka dan legislator. Di masa mudanya Heinrich menikmati bangunan instrumen dalam lokakarya keluarga. Hertz mulai studi kuliahnya di University of Munich. Setelah waktu yang singkat ia pindah ke Universitas Berlin, di mana ia menerima gelar Doktor nya Filsafat gelar magna cum laude. Di Berlin dia asisten Hermann von Helmholtz, salah satu fisikawan terkemuka saat itu. Pada 1883 Hertz menjadi dosen dalam teori fisika di Universitas Kiel. Dua tahun kemudian ia diangkat sebagai profesor fisika di Politeknik Karlsruhe. Pada tahun 1880 fisikawan berusaha untuk mendapatkan bukti eksperimental dari gelombang elektromagnetik. Keberadaan mereka telah diperkirakan pada tahun 1873 oleh persamaan matematika dari James Clerk Maxwell, seorang ilmuwan Inggris. (Courtesy potret)

Pada tahun 1887 Hertz menguji hipotesis Maxwell. Dia menggunakan sebuah osilator yang terbuat dari tombol-tombol kuningan dipoles, masing-masing terhubung ke kumparan induksi dan dipisahkan oleh celah kecil dimana bunga api bisa melompat. Hertz beralasan bahwa, jika prediksi Maxwell benar, gelombang elektromagnetik akan ditransmisikan selama setiap rangkaian bunga api.

Untuk mengkonfirmasi hal ini, Hertz membuat penerima sederhana dari kawat melingkar. Pada ujung loop itu tombol-tombol kecil dipisahkan oleh celah kecil. Penerima ditempatkan beberapa meter dari osilator. Menurut teori, jika gelombang elektromagnetik yang menyebar dari bunga api osilator, mereka akan menginduksikan arus dalam loop yang akan mengirim bunga api di kesenjangan. Ini terjadi ketika Hertz dihidupkan osilator, menghasilkan transmisi pertama dan penerimaan gelombang elektromagnetik. Hertz juga mencatat bahwa konduktor listrik mencerminkan gelombang dan bahwa mereka dapat difokuskan oleh reflektor cekung. Ia menemukan bahwa nonconductors memungkinkan sebagian besar gelombang melewatinya. Lain dari penemuannya adalah efek fotolistrik. Pada tahun 1889 Hertz diangkat guru besar fisika di Universitas Bonn. (Referensi)

Hertz membuka jalan untuk pengembangan radio, televisi radar, dan dengan penemuan gelombang elektromagnetik antara 1886 dan 1888. James Clerk Maxwell telah meramalkan gelombang itu pada tahun 1864. Hertz digunakan percikan listrik cepat osilasi untuk menghasilkan gelombang frekuensi ultrahigh. Dia menunjukkan bahwa gelombang ini disebabkan osilasi listrik serupa dalam loop kawat yang jauh. Ia juga menunjukkan bahwa gelombang cahaya dan gelombang elektromagnetik yang identik (lihat Elektromagnetisme). Hertz lahir di Hamburg.

Heinrich Hertz secara anumerta diakui untuk kontribusinya untuk penelitian di bidang elektromagnetik oleh International Electrotechnical Commission pada tahun 1930 dengan memiliki unit pengukuran frekuensi nama hertz. Unit ini menggantikan pengukuran sebelumnya digunakan siklus per detik dan berada di luas digunakan oleh 1970-an. Hari ini hertz unit digunakan dalam segala hal dari siaran radio untuk mengukur frekuensi cahaya yang dipantulkan oleh tinta printer untuk mengukur kecepatan chip pemrosesan komputer dan lebih banyak banyak.
Judul: Google dan Heinrich Rudolf Hertz ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment