Wednesday, February 8, 2012

Sate Klathak, Jejeran, Wonokromo, Plered, Bantul, Yogyakarta

Sate klathak adalah sate kambing yang di masak tanpa bumbu, hanya garam. Irisan daging kambing besar-besar dan mantab. Tusuk sate terbuat dari besi, jeruji roda sepeda motor. Harga masih terasa Jogja, yang selaras dengan inflasi harga daging kambing. Disajikan bersama kuah gurih dan lombok. Sate Klatak yang tanpa bumbu ini menjadikan rasa daging benar-benar enak dan tidak terasa ada bau 'prengus' kambing. Namun bagi yang memiliki gangguan darah tinggi atau harus menyingkiri daging kambing, jangan terlalu banyak menikmatinya. Karena mungkin dalam keadaan sehat pun makan lima tusuk sate klathak ini bisa terasa betapa darah bergelegak :D.

Sate Klathak
Sate Klathak, paling senior dan kalau boleh dikatakan paling terkenal dan enak terletak di Pasar Jejeran, Plered, Bantul, Yogyakarta. Tepatnya di traffic light pertama jalan Imogiri Timur. Jika diteruskan lurus ke selatan akan sampai pada Makam Raja-raja Mataram di Imogiri. 

Cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, kira-kira sekitar 7 - 8 Kilometer. Bisa dari arah Jalan Parangtritis, atau paling dekat patokan arahnya adalah dari terminal Giwangan Yogyakarta ke selatan, kira-kira 4 Kilometer. Ketemu dengan traffic light pertama, lurus 50 Meter kemudian belok ke kiri sekitar 75 Meter, akan ketemu dengan pasar, yang ketika malam menjadi ajang penjualan Sate Klathak.

Hidangan Sate Klathak
Sate Klathak hanya ada pada malam hari, setelah sore hingga malam. Banyak penggemar dari luar kota Yogyakarta yang ketika ke Jogjakarta akan menyempatkan diri menikmati hidangan sate klathak ini. Ditambah dengan suasana los pasar yang mengasyikkan dan santai untuk ngobrol kesana kemari.
Judul: Sate Klathak, Jejeran, Wonokromo, Plered, Bantul, Yogyakarta ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

1 komentar :

Post a Comment