Friday, March 16, 2012

George Clooney ditahan, karena Demo di depan Kedutaan Sudan di Washington DC

George Clooney ditahan karena Demo di depan Kedutaan Sudan di Washington DC





George Clooney di tahan karena demo di depan Kedutaan Sudan di Washington DC. Demo ini dilakukan untuk memprotes pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan oleh pemerintah Sudan. Clooney bergabung bersama-sama ayahnya, seorang jurnalis, Nick Clooney, US Representative Jim Moran dari Virginia dan presiden NAACP Ben Jealous, menjadi aktor yang memblokir pintu masuk kedutaan Sudan. George Clooney dan lainnya diberi tiga peringatan oleh polisi untuk membubarkan diri namun menolaknya.


Dengan tangan di borgol, Clooney membahas nasib anak-anak tak berdosa di Sudan.

"Stop raping them and stop starving them," he told the media scrum. "That's all that we ask."

As he was led into a police van an onlooker shouted, "Thank you, George!"

Clooney berada di ibukota Amerika sejak kepulangannya dari tur ke Sudan dua hari yang lalu. Pada hari Rabu dia mengutarakan di depan Komite Senat urusan Hubungan Luar Negeri - Senate Foreign Relations Committee - pada masalah kekerasan di Nuba Mountains di Kordofan Selatan, sebuah negara bagian di Sudan berdekatan dengan perbatasan negara baru Sudan Selatan.

Clooney telah meminta para pejabat AS untuk menekan pemerintah Cina untuk memaksa pemerintah Sudan agar membuka wilayah selatan negara itu untuk upaya bantuan. Karena sudah mendekati musim hujan, sejumlah besar penduduk di kawasan itu bisa menghadapi kelaparan.

Di hari Rabu juga, Clooney menemui Presiden Barrack Obama untuk menjelaskan keprihatinannya pada warga Sudan. Menurut Clooney, Presiden Obama berjanji untuk menekan presiden China Hu Jintao pada kesempatan pertemuan dua negara yang akan datang.















Sumber : George Clooney arrested in planned protest at Sudanese embassy
Judul: George Clooney ditahan, karena Demo di depan Kedutaan Sudan di Washington DC ; Ditulis oleh bolosrewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

1 comment :

  1. Update:
    Tiga jam berada di sel penjara, ia bebas setelah membayar jaminan sebesar 100 dolar AS, Sabtu (17/3).

    Usai bebas, aktor berusia 50 tahun tersebut, dengan didampingi ayahnya Nick, mengatakan penahanannya berlangsung baik. Ia sempat melontarkan lelucon bahwa penahanannya mungkin cukup membuat kekasihnya Stacy Keibler was-was.

    Penahanannya ini merupakan yang pertama dan ia berharap menjadi yang terakhir. Clooney turut ambil bagian dalam aksi unjuk rasa mengenai krisis kemanusiaan di wilayah konflik di perbatasan antara Sudan dan Sudan Selatan di Kedutaan Sudan di Washington. Ayahnya, Nick, juga ikut ditahan.

    Clooney dikenal sebagai aktivis pembela Sudan. Ia juga telah beberapa kali melakukan perjalanan ke negara tersebut. Ia, ayahnya dan beberapa rekan aktivisnya terpaksa diborgol karena menghiraukan peringatan petugas yang memintanya untuk meninggalkan kedutaan.

    "George Clooney ditahan karena melewati garis polisi di kedutaan," kata Juru Bicara Agen Rahasia George Oglivie kepada BBC, Jumat (16/3).

    Clooney mengatakan aksi unjuk rasa yang ia lakukan untuk menarik perhatian masyarakat mengenai krisis di Sudan. "Sekitar 10 ribu orang akan meninggal akibat kelaparan. Parahnya, ini hasil perbuatan pemerintah Khartoum," katanya kepada wartawan usai dibebaskan.

    ReplyDelete