Saturday, March 17, 2012

Sejarah Proses Evolusi Bulan : Video by NASA

Sejarah Proses Evolusi Bulan : Video by NASA

Video Sejarah evolusi Bulan yang berdurasi tidak sampai 3 menit, tepatnya 2 menit 41 detik buatan Nasa ini menceritakan perkembangan perjalanan Bulan sejak 4,5 Milyar tahun yang lampau.

Video sejarah dan proses evolusi bulan ini dirilis NASA untuk memperingati 1000 hari misi Lunar Reconaissance Orbiter (LRO) sejak peluncurannya pada 18 Juni 2009 lalu.

Ada misi khusus sepertinya di dalam video ini, yaitu mungkin untuk memberikan pemahaman bahwa wajah bulan berevolusi, dari yang dulunya adalah magma panas hingga menjadi seperti saat ini. Bahkan mungkin untuk memberikan gambaran secara logis tentang wajah pria yang selalu kita lihat dalam relief bulan pada malam purnama. Dan relief-relief tersebut terjadi karena proses 'Heavy Bombardment' oleh meteor-meteor luar angkasa yang menumbuk Bulan.

Bahwa South Pole Aitken Basin yang lebarnya 2.500 km dan dalamnya 13 km, digambarkan karena ada benda angkasa yang menabrak Bulan pada sekitar 4 milyar tahun yang lampau.

Entah apa maksud sains dan teknologi harus menggambarkan serta membawa kita berangan-angan pada waktu yang jumlahnya milyaran tahun sementara usia manusia normal saat ini mungkin paling lama 100 tahun saja. Dan kita akan melihat bulan ya seperti itu saja, dengan gambar wajah laki-laki berjenggot yang setia menyaksikan bumi pada relief yang dibentuk oleh alam sendiri selama milyaran tahun :-)

Judul: Sejarah Proses Evolusi Bulan : Video by NASA ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment