Monday, April 2, 2012

Aung San Suu Kyi menang pemilu Birma



Menurut National League for Democracy (NLD). Pemimpin pro demokrasi Birma, Aung San Suu Kyi, telah memenangkan kursi parlemen dengan pemilu yang paling bersejarah.

Pemilu ini adalah ujian yang sangat penting pada komitmen pemerintah Birma untuk melakukan reformasi politik. Apabila bisa berjalan secara demokratis maka pemerintah Birma dapat meyakinkan Barat untuk mengakhiri sanksinya.



































Seribuan orang lebih berkumpul di markas NLD Yangoon, Myanmar. Kemenangan ini adalah hadiah besar bagi pemenang nobel perdamaian dunia Aung San Suu Kyi yang berusia 66 tahun ini, dan dua puluh tahun berada dalam tekanan rejim kejam militer. Meskipun kemenangannya tidak mengubah peta kekuatan politik di parlemen namun membuka cakrawala baru bagi bangsa Asia tenggara tentang dominasi militer di pemerintahan. Pro-demokrasi benar-benar sedang merasakan kegembiraan di Kawmhu, Myanmar.

Partai NLD mengklaim menang 65 persen di 82 tempat dari 129 tempat pemungutan suara yang ada. Meskipun nanti hasil akhir yang diakui akan diumumkan oleh otoritas pelaksana pemilu Myanmar.

Dari 664 kursi di parlemen nasional kira-kira partai Aung San Suu Kyi, National League for Democracy memenangkan sekitar 45 kursi. Memang masih perjuangan demokrasi dan bisa-bisa malah jadi bumerang ketika harus ikut kebijakan pemerintah yang masih didominasi junta militer dengan kebijakan yang tidak pro rakyat.

Semoga kemenangan National League for Democracy dan Aung San Suu Kyi benar-benar membuka kemerdekaan dan kebebasan berdemokrasi di Myanmar Birma. Congratulation!!!

Aung San Suu Kyi menang pemilu Birma
Ditulis oleh: pada 2 April 2012
Rating: 4.5
Judul: Aung San Suu Kyi menang pemilu Birma ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment