Tuesday, April 10, 2012

Film Titanic 3D dan Menu terakhir yang terjual 1.1 Milyar


100 tahun tenggelamnya kapal RMS Titanic pada tanggal 14 April 1912 diperingati dengan banyak cara. Salah satunya adalah memutar kembali film Titanic yang pernah meramaikan dan sangat laris di tahun 1977 dalam versi tiga dimensi - 3D -. Di Belfast tempat dibuatnya kapal inipun di bangun sebuah museum besar tentangnya dapat dibaca di Museum TitanicBelfast dan Cerita Kapal RMS Titanic.

Film 'Titanic 3D' telah dirilis dan diputar di sejumlah negara pada 4 April 2012, bersamaan dengan peringatan 100 tahun tenggelamnya kapal RMS Titanic. Film yang diputar 15 tahun lalu, memang sukses merajai tangga box office di seluruh dunia selama beberapa bulan. Melambungkan karier dua pemeran utama, yaitu Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet. Serta sukses mengantongi 11 Piala Oscar dan keuntungan lebih dari US$1,8 miliar dari hasil pemutarannya di seluruh dunia.

Di India, film ini akan tayang dengan versi utuh tanpa sensor, menampilkan sejumlah adegan vulgar yang mengalami sensor pada 1997.

Menurut contactmusic.com, film 'Titanic' versi 3D yang mulai tayang di India 5 April mendatang akan memuat adegan utuh ketika Jack Dawson membuat sketsa gambar Rose DeWitt yang berpose tidur miring tanpa penutup tubuh, kecuali kalung zamrud di leher.

Penayangan perdana 'Titanic' versi 3D sudah dilakukan di Royal Albert Hall London, Inggris, awal pekan ini. Sejumlah bintang hadir, termasuk Kate Winslet dan James Cameron.

"Film 'Titanic' adalah karya klasik yang tak lekang zaman. Yang menjadi penekanan kali ini bukan hanya sensasi 3D, tapi momentum kembalinya kisah ini ke layar lebar, di mana saya yakin akan memunculkan banyak efek emosional di kalangan penonton setia," kata Cameron.


Internet pun memberikan banyak sumber tambahan tentang cerita-cerita hingga data-data terkait kapal Titanic, yang hanya bisa diakses hingga bulan Mei 2012 di ancestry.co.uk. Belum lagi tayangan-tayangan online yang memparodikannya menjadikan tambah ramainya peringatan seratus tahun tenggelamnya kapal yang menjadi sangat legendaris ini, karena dahulu marketingnya dengan kata-kata yang mungkin sangat berlebihan dan bombastis, seperti hanya Tuhan yang dapat menenggelamkan Titanic dan sebagainya dan sebagainya.

Video Parodi Tenggelamnya kapal Titanic di YouTube




Cerita menarik dibalik pembuatan film Titanic 1997


Cerita-cerita menarik dibalik pembuatan film tersebut dikatakan oleh sang sutradara, James Cameron, dan sang aktris, Kate Winslet yang membeberkan beberapa fakta menarik seputar film 'Titanic' kepada People Magazine:

1. Leonardo DiCaprio nyaris melewatkan peran Jack Dawson.

Siapa sangka jika Leonardo DiCaprio nyaris melewatkan peran besar. Saat ditawari peran sebagai Jack Dawson, aktor kelahiran 11 November 1974 itu sempat menolak. Alasannya, karakter Jack Dawson dianggap tradisional dan romantis.

"Karakternya tidak mengalami siksaan, dan selama kariernya, Leo selalu mencari awan gelap," ujar Cameron.

Sang sutradara pun akhirnya berusaha membujuk DiCaprio untuk terlibat dalam film garapannya. "Menjadi tugas saya meyakinkannya bahwa itu adalah sebuah tantangan untuk melakukan apa yang pernah dikerjakan Gregory Peck dan Jimmy Stewart dalam generasi sebelumnya, untuk berdiri di sana dan menjadi kuat serta mempertahankan pandangan penonton tanpa terlihat berbuat banyak," kata sutradara yang juga sukses membesut film 'Avatar' ini.

2. Air yang digunakan untuk syuting ternyata cukup hangat.

Cameron mengakui bahwa syuting film 'Titanic' selama tujuh bulan berlangsung dengan penuh semangat. Namun, ia juga menyatakan bahwa adegan saat DiCaprio dan Winslet berada di dalam air tidak sesulit seperti yang terlihat di film.

"Suhu air di dalam tangki sekitar 80 derajat (Fahrenheitt atau 26,7 derajat Celsius), jadi itu seperti kolam renang," ujarnya.

Cameron pun menjelaskan, napas kedinginan tokoh Jack dan Rose dalam film tersebut ditambahkan kemudian. Lantas bagaimana dengan kabar bahwa Cameron melarang seluruh aktor dan aktris meninggalkan tangki air selama berjam-jam, bahkan untuk pergi ke kamar mandi?

"Semua orang bisa ke toilet, tetapi mereka diminta untuk tidak masuk ke dalam tangki--yang saya kira itu terjadi!"

3. Kate Winslet dan Leonardo DiCaprio mengalami kesulitan saat harus menonton film 'Titanic' saat ini.

Kate Winslet mengungkapkan, aksen Amerika yang ia perlihatkan di film 'Titanic' sungguh mengerikan. Meski demikian, ia mengaku banyak mengambil pelajaran berharga dan berharap bisa menggunakan pengetahuan yang dimilikinya saat ini untuk dituangkan dalam film tersebut.

"Saya berharap bisa membawa seluruh pengetahuan yang saya miliki saat ini ke dalamnya," ujar Winslet.

Sementara itu DiCaprio justru tak bisa menahan tawa saat menyaksikan potongan adegan film 'Titanic' bersama dengan James Cameron.

"Saya baru bertemu dengan Leo beberapa bulan lalu dan saya memperlihatkan film Titanic yang telah dikonversi ke 3D selama 18 menit," ujar Cameron.

Ia menambahkan, "Kami mengalami nostalgia yang asyik dan tentu saja ia terbahak-bahak melihat betapa seperti anak-anaknya dia di film tersebut."

4. Kate Winslet harus mencukur bulu tangannya di tengah syuting.

Dalam film 'Titanic' terdapat adegan di mana karakter yang diperankan Winslet harus melompat ke sebuah kapal. Saat itu karakter Leo harusnya memegang tangan Winslet.

"Karena Jim fokus mengambil bagian tersebut, lampu menangkap seluruh bulu kecil di tangan saya," ujar Winslet.

"Ia lalu mengatakan,' Baiklah, kita harus mencukur tanganmu.' Jadi kami harus menghentikan syuting dan penata rias memiliki pencukur serta busa untuk mencukur. Itu sangat lucu. Saya sangat mengingatnya," ucap Winslet menambahkan.

5. Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet langsung cocok.

"Mereka sangat akrab dan sedikit bergantung satu sama lain," ujar James Cameron mengenang DiCaprio dan Winslet muda.

Meski mengatakan bahwa DiCaprio tampak kekanak-kanakan, namun Winslet mengakui bahwa sang aktor selalu berusaha untuk menjaganya.

"Ketika pada akhirnya kami melakukan syuting di dalam air, Leo mengantongi sertifikat penyelam saat itu dan saya tidak," ujarnya. "Ia benar-benar menjaga saya. Ia benar-benar hebat--ia tidak akan meninggalkan saya."

Trailer Film Titanic 3D yang diputar mulai 4 April 2012






Iklan Film Titanic 3D










Bahkan Menu terakhir yang di hidangkan pada 14 April 1912 pun laku terjual seharga 1,1 Milyar Rupiah :

Menu makan siang terakhir untuk penumpang kelas utama kapal 'Titanic' terjual £76 ribu atau sekitar Rp1,1 miliar. Angka ini lebih rendah dari prediksi di awal lelang yang mencapai Rp1,4 miliar.

Menu tertanggal 14 April 1912 itu menjadi primadona di antara benda-benda memorabilia Titanic yang hadir di etalase rumah lelang di Henry Aldridge and Son di Decizes, Inggris, Minggu, 1 April 2012, waktu setempat.

Menu itu berupa lembaran kertas yang memuat satu set hidangan mewah yang terdiri dari: chicken a la Maryland, yang dikenal dengan fried chicken with creamy gravy, dan telur Argenteuil, sepiring telur rebus dengan asparagus.

Lembarakan menu itu juga memuat 40 pilihan hidangan lainnya, seperti, galantin ayam dan daging domba panggang. "Menu-menu itu memberi pembaca pengetahuan mendalam mengenai kehidupan kuliner penumpang elit Titanic," kata pejabat lelang, Andrew Aldridge.

Adalah seorang kolektor asal Inggris yang mengambil alih menu tersebut dari tangan seorang bankir asal Amerika, Washington Dodge. Bersama istri dan anaknya, Dodge termasuk korban selamat dalam tragedi yang menewaskan lebih 1.500 penumpang itu.

Selama puluhan tahun keluarga Dodge menyimpan lembaran menu itu. Istri Dodge menyelipkan menu itu ke dalam tas tangannya, usai makan siang terakhir, sebelum kapal tenggelam di Samudera Atlantik. Ia tak menyadari membawa menu itu hingga ke perahu penyelamat.





Sumber: 5 Fakta Menarik Tentang Film 'Titanic' | Menu Terakhir 'Titanic' Terjual Rp1,1 Miliar | Titanic 3D Tayang Tanpa Sensor Adegan Vulgar
Film Titanic dan Menu terakhir yang terjual 1.1 Milyar
Ditulis oleh: Horizon Inspirasi pada 10 April 2012
Rating: 4.5
Judul: Film Titanic 3D dan Menu terakhir yang terjual 1.1 Milyar ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment