Sunday, April 8, 2012

Iran tidak akan membuat senjata nuklir karena itu dosa, tak berguna, merusak dan berbahaya


Iran memiliki kemampuan membuat senjata nuklir namun tidak akan memilih cara tersebut. Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Gholamreza Mesbahi Moghadam dalam website parlemen Iran, icana.ir.

"Iran has the scientific and technological capability to produce [a] nuclear weapon, but will never choose this path."

Tuduhan Amerika dan Israel disangkal dalam pernyataan tersebut. Namun Israel tetap menginginkan Iran untuk berhenti melakukan pengayaan uranium, menghilangkan semua tingkat pengayaan atom dan membongkar lokasi riset nuklir Fordo.


Pernyataan pemimpin spiritual Iran, Ayatolah Ali Khamenei pun senada dan selalu diulang-ulang, bahwa Iran tidak membangun atau mencari cara untuk membangun senjata nuklir dan mengatak bahwa itu adalah dosa, tidak berguna, merusak dan berbahaya.

"useless, harmful and dangerous"

Sementara Presiden Mahmoud Ahmadinejad mengatakan jika Iran suatu hari memutuskan untuk membangun senjata nuklir, hal itu akan dilakukan secara terbuka dan tanpa takut.


Iran mengatakan bahwa mereka melakukan pengayaan uranium adalah 3.5% untuk menghasilkan energi untuk reaktor di masa depan, dan selebihnya 20% untuk riset yang memnghasilkan obat isotop untuk obat kanker. Uranium harus di kembangkan sampai lebih dari 90% untuk bisa digunakan menjadi senjata nuklir.

Agen nuklir dari PBB mengkonfirmasi bahwa reaktor nuklir Fordo di dekat Qom memproduksi pengayaan uranium sampai 20%. Dan mereka mengatakan dilevel tersebut dapat lebih cepat untuk di ubah menjadi bahan di level senjata nuklir.

"There is a possibility for Iran to easily achieve more than 90% enrichment"

icana.ir juga mengutip kata-kata Moghadam, bahwa kemungkinannya sangat mudah untuk mendapatkan lebih dari 90% uranium yang diperkaya.

via Iran can make nuclear weapons - but won't, says top politician
Iran tidak akan membuat senjata nuklir karena itu dosa, tak berguna, merusak dan berbahaya
Ditulis oleh: Horizon Inspirasi pada 8 April 2012
Rating: 4.5
Judul: Iran tidak akan membuat senjata nuklir karena itu dosa, tak berguna, merusak dan berbahaya ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment