Sunday, April 1, 2012

Istilah dan Pertimbangan memilih Parfum


Istilah pengkategorian Parfum


Istilah dalam parfum ada beberapa misalnya Eau de Cologne, Eau de Toilette dan Eau de Perfume. Istilah ini bukan tanpa asal muasal namun ternyata mengandung kategori dan kelas esence serta konsentrat di dalamnya. Namun semuanya tetap wangi kok namun kadar awet dan durasi keharumannya berbeda.


  • Parfum paling ringan adalah parfum hanya untuk menyegargan aroma tubuh, bahannya yang paling banyak dicampur dengan cairan dan alkohol, parfum ini disebut Eau de cologne. Harga parfum Eau DE Cologne biasanya paling murah.
  • Kemudian parfum yang kadar alkoholnya paling banyak diistilahkan dengan Eau de toilette, wangi tapi tidak tahan lama. Eau de toilette harganya sedang.
  • Sementara parfum yang paling berkualitas adalah parfum yang memiliki kategori atau dituliskan sebagai Eau de parfume. Eau de parfume jelas benar-benar parfum karena lebih awet harumnya, konsentrat dan essence-nya lebih dominan dan harganya lebih mahal.

5 Jenis Parfum


  1. PERFUME
  2. Mengandung 15 - 30 % konsentrat parfum. Wanginya dapat bertahan hingga enam jam dan harganya paling mahal diantara jenis wewangian lainnya.
  3. EAU DE PERFUME
  4. Kandungan konsentrat di dalamnya sekitar 8 -15 % saja. Aromanya tidak sekuat perfume, namun cukup bertahan pada kulit.
  5. EAU DE TOILETTE
  6. Kandungan konsentratnyanya sekitar 4 - 6 % dan hanya bisa bertahan sampai 2 - 4 jam saja. Harga lebih terjangkau dan harus disemprotkan berulang untuk menjaga ketahanan aroma.
  7. EAU DE COLOGNE
  8. Kandungan konsentratnya sekitar 3 % dan biasanya digunakan setelah mandi sebagai penyegar dan pengharum tubuh.
  9. BODY MIST
  10. Wewangian bebas alkohol paling lembut dengan harga terjangkau. Biasa dikenal dengan sebutan body spray atau sekedar pengharum.

Bahan Parfum dijelaskan dalam istilah:


Missing note
Adalah zat kimia pada kulit yang menentukan intensitas dan ketahanan aroma pada minyak wangi. Inilah yang menyebabkan mengapa wangi yang dikeluarkan berbeda di kulit setiap orang.

Base note
Harumnya akan tercium sekitar 2 jam sesudah disemprotkan dan membantu mengikat aroma secara keseluruhan. Wangi kayu seperti cedarwood, sandalwood dan vanilla biasanya ditempatkan di base note.

Middle note
Aroma harum akan muncul 20–30 menit setelah disemprotkan. Di lapisan ini, hampir semua zat alkohol sudah menguap. Middle note merupakan inti dari sebuah parfum. yang biasanya mengeluarkan aroma floral.

Top note
Aroma harum baru muncul dalam 5 - 10 menit sesudah disemprotkan. Aroma wangi top note adalah yang paling kuat bila dibanding middle note dan base note. Lapisan ini biasanya terdiri dari aroma green, citrus, aldehyde dan soft floral.

Trik memilih Parfum Original sesuai Aroma Tubuh

  1. Datangi counter parfum tanpa menggunakan parfum. Hiruplah beberapa contoh parfum yang dipajang. Pilih yang menarik dan cocok, catat namanya.
  2. Usap atau semprotkan sedikit parfum yang disukai, lalu berjalan berkeliling selama sekitar 15 menit. Untun memberi waktu bagi parfum untuk menyesuaikan dengan aroma tubuh. Selama beberapa menit ini alkohol akan memudar, sehingga membuatnya lebih mudah untuk mengetahui wangi yang sebenarnya.
  3. 15 menit kemudian, hiruplah bagian kulit dimana parfum tadi disemprotkan. Apakah menyukai harumnya? Jika tidak, kembalilah ke rak tempat memajang parfum. Cari parfum yang lain, namun simpan dulu jenisnya. Jangan mencoba dua macam parfum pada saat bersamaan, karena akan sulit menemukan wangi yang diinginkan.
  4. Setelah ketemu dan memilih satu parfum tertentu dengan melakukan tes 15 menit tadi, bila memungkinkan, mintalah sampel parfum tersebut. Kenakan parfum selama sehari sebelum membelinya, untuk melihat berapa lama daya tahannya. Ingat, parfum adalah semacam investasi. Jangan menghabiskan banyak uang hanya untuk melihat parfum tersebut teronggok di dalam kotak, karena tidak cocok.
Setelah itu perlakukan parfum tersebut dengan semestinya.

Istilah dan Pertimbangan memilih Parfum
Ditulis oleh: pada 1 April 2012
Rating: 4.5
Judul: Istilah dan Pertimbangan memilih Parfum ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

2 komentar :

Post a Comment