Sunday, April 1, 2012

Jembatan Qingdao Haiwan, jembatan terpanjang di dunia


Jembatan Qingdao Haiwan adalah jembatan terpanjang di dunia yang ada di China. Jembatan Qingdao Haiwan ini menelan biaya 8.6 Milyar Dollar, dikerjakan oleh 10.000 orang terbagi dalam 2 tim, dan bertujuan untuk menyingkat hubungan 2 kota agar lebih cepat antara 20 - 30 menit.

Jembatan sepanjang 42,5 kilometer yang memiliki persimpangan ditengahnya tersebut menghubungkan tiga kota di Cina. Jembatan Qingdao Haiwan menghubungkan Kota Qingdao di sebelah timur Provinsi Shandong dengan Distrik Huangdao. Diakui ini adalah jembatan di atas air yang terpanjang di dunia.

Jembatan bernama Qingdao Haiwan tersebut dibangun dua tim berbeda yang mengerjakan sejak 2006. Pembangunan selesai pada Senin (27/12). Jembatan yang menghubungkan tiga kota pantai di Provinsi Shandong ini menghabiskan 450 ribu ton struktur baja untuk membuat 5.200 kolom agar kuat menahan gempa berkekuatan 8 SR, angin topan dan 300 ribu vessel.

Jembatan Qingdao Haiwan menyisihkan jembatan Lake Pontchartrain Causeway di Louisiana, Amerika Serikat. Lake Pontchartrain Causeway memiliki panjang 38,42 kilometer. China juga memiliki 102 mil jembatan kereta ai di Danyang - Kunshan yang berada di atas tanah dan lau sebelah Shanghai.












China juga merencanakan membangun jembatan lagi seharga 6.5 Milyar Pounsterling pada tahun 2016 yang akan menghubungkan kota Zhuhai.


Jembatan Qingdao Haiwan, jembatan terpanjang di dunia
Ditulis oleh: pada 1 April 2012
Rating: 4.5
Judul: Jembatan Qingdao Haiwan, jembatan terpanjang di dunia ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

4 komentar :

Post a Comment