Tuesday, August 21, 2012

Mengatasi dan Mengobati Patah Hati (Moving On)



James Laird, seorang ahli psikologi klinis muda pada tahun 60an melakukan percobaan yang mengubah banyak hal mendasar.

Pada suatu eksperimennya James Laird meminta kepada sebuah kelompok yang menjadi voluntirnya untuk tersenyum atau cemberut, kemudian melaporkan apa yang mereka rasakan pada perasaannya.

Teori James Laird ini terbukti benar, mengejutkan memang karena sederhana, yaitu bahwa yang tersenyum lebar menyeringai akan merasa lebih gembira daripada yang pura-pura sedih.

Satu buku sederhana karya Professor Richard Wiseman berjudul 'Rip it Up' akan mengubah pandangan hidup yang menjadi dasar dari buku ini.

Maka dari itu buku 'Rip it Up' akan memberikan banyak tips yang akan meningkatkan kualitas hidup anda dari hal-hal yang paling sederhana yang tidak kita sadari dan nantinya akan disajikan dalam bentuk tips-tips sederhana. Salah satunya yang pertama adalah bagaimana mengatasi masalah ketika barusaja putus dengan kekasih:

Tips bagaimana mengatasi perasaan ketika patah hati, Move On:

Berjuang untuk keluar dari masalah hubungan kekasih? caranya adalah tulis perasaan anda dalam secarik kertas, masukkan kertas tersebut ke dalam amplop dan segel atau tutup dengan rapat.

Peneliti Xiuping Li dari NUS - National University of Singapore Busines School meminta kepada 80 orang untuk menuliksan keputusan terakhir yang disesalinya.

Xiuping Li kemudian meminta beberapa partisipan untuk menyerahkan gambaran perasaan tersebut kepada seorang peneliti dan yang lainnya untuk memasukkan ke dalam amplop dan disegel dengan rapat.

Mereka yang melakukan penulisan perasaan kemudian dimasukkan ke dalam amplop tentang keputusan terakhirnya dibandingkan dengan yang menyerahkan tulisan perasaan kepada peneliti merasa lebih baikan. Hal ini disebabkan karena mereka merasa sudah melakukan dan mengutarakan perasaannya dan telah mencapai final dan ditutup.

Anda juga bisa melakukan dengan cara lain untuk membantu menyelesaikan masalah putus hubungan seperti ini dengan menuliskan keputusan apa yang anda ambil terkahir kalinya kemudian dimasukkan ke dalam amplop dan dilem dengan rapat dan mencium amplop tersebut sambil berkata selamat tinggal masa lalu.

Begitu sederhananya mengatasi patah hati.

Rip It Up by Richard Wiseman is published by Pan Macmillan priced £12.99. To order your copy at the special price of £10.99 call 0843 382 0000 or visit mailshop.co.uk/books.
Judul: Mengatasi dan Mengobati Patah Hati (Moving On) ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment