Saturday, February 18, 2012

bagaimana menjadi investor cerdas

Banyak orang berpikir panjang dan tidak sedikit orang yang merasa ragu menginvestasikan uang mereka selain ke dalam tabungan dan asuransi, karena khawatir akan merugi. Padahal, dengan sejumlah langkah yang tepat, Anda bisa meraih sukses dalam berinvestasi.Bagaimana cara menjadi investor yang cerdas?. Simak langkah-langkah di bawah ini.

Ali Velshi, penulis buku Gimme My Money Back: Your Guide to Beating the Financial Crisis, menawarkan beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menjadi seorang investor cerdas, tidak peduli bagaimana pun kondisi perekonomian saat ini.

  1. Lakukan tes ''toleransi risiko'', yakni suatu tes untuk mengukur sikap Anda terhadap risiko versus umur dan sejumlah faktor lainnya. Temukan jenis investor seperti apa diri Anda, dan jangan menginvestasikan dana yang perlu Anda akses dalam jangka waktu kurang dari lima tahun.
  2. Kembangkan aset melalui strategi alokasi, yakni dengan mendistribusikan dana ke dalam beberapa jenis investasi. Hal ini bertujuan untuk memperendah risiko yang dihadapi dan memberikan Anda keuntungan yang lebih tinggi, dibandingkan bila hanya menginvestasikan dana ke dalam satu atau dua jenis aset.
  3. Diversifikasi investasi Anda. Reksa dana, dana indeks serta exchange traded fund (ETF atau reksa dana yang diperdagangkan di bursa) memberikan diversifikasi instan, dengan risiko lebih rendah dibandingkan memiliki saham individu.
  4. Seimbangkan ulang portofolio Anda setidaknya sekali dalam setahun. Jaga portofolio Anda supaya selaras dengan alokasi aset. Caranya, dengan menjual sejumlah aset yang menguntungkan dan membeli lagi beberapa investasi yang nilainya sedang jatuh. 
Via Empat Langkah Jadi Investor Cerdas
Judul: bagaimana menjadi investor cerdas ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment