Wednesday, January 4, 2012

Melatih Ingatan Segarkan Otak


Latih Otak Hindari Pikun


Siapapun ingin hidup dalam keadaan bugar. Tidak pernah terganggu aktifitasnya karena lupa. Pikun memang bisa diakibatkan karena otak tidak sempat dilatih lagi selain karena usia dan hal-hal yang membunuh sel-sel otak, sehingga kinerja otak menjadi menurun. Banyak cara untuk menjaga agar otak tetap berada dalam kondisi yang fit. Selain harus menghindari stres berkepanjangan dan juga hanya menjalani hidup laksana robot. Tanpa pernah merasa tertantang untuk sesuatu yang baru, misalnya.

Melatih otak sama seperti halnya latihan fisik, latihan otak juga penting dalam rangka mencapai panjang umur dan hidup bahagia, latihan otak terbukti untuk meningkatkan kemampuan kognitif seperti memori dan belajar. Latihan-latihan ini juga membantu meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, spasial pengakuan dan kemampuan verbal. Jika dilakuakan dengan rutin latihan – latihan ini dapat meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan, meningkatkan produktivitas anda di sekolah dan di tempat kerja, juga membantu anda dalam beraktivitas dan lebih baik dalam segala hal yang anda lakukan.

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa latihan otak mengaktifkan lobus frontal dalam cara yang lebih kuat dan bertindak sebagai booster otak dengan menghidupkan kembali neuron dan meningkatkan kreativitas otak Anda.

Salah satu cara melatih otak yang sederhana dan efektif adalah yang Anda mungkin anda bisa pertimbangkan adalah test refleks otak. Dalam test refleks otak ini, anda akan menguji seberapa cepat otak anda tanggapan terhadap stimulus tertentu. Anda bisa mendapatkan test ini secara online atau melalui softwar – software tes otak yang memungkinkan anda untuk mengukur waktu respons terhadap rangsangan tertentu, dengan cara merespon suatu perubahan gambar pada layar. Tujuan test ini adalah untuk mendapatkan skor 0,20 detik pada tes pertama dan 58 poin di tes kedua.

Permainan lainnya yang dianggap sebagai cara melatih otak kanan yang bagus adalah peregangan dan uji memori, teka-teki Sudoku, Rubik’s Cube, latihan konsentrasi. Permainan dan aktivitas ini tidak hanya bertujuan untuk merangsang kekuatan otak anda, tetapi kecerdasan spasial dan visual memori juga.

Pemecahan masalah matematika juga merupakan salah satu dari latihan otak sederhana, dengan menjawab pertanyaan matematika sebanyak mungkin pada periode waktu yang lebih singkat adalah latihan yang baik juga untuk otak Anda.

Permainan lain yang baik untuk dicoba antara lain: teka-teki, trivia, dan ilusi optik yang dianggap sebagai latihan otak yang efektif. Latihan ini akan benar-benar membantu anda dalam bekerja dengan menggunakan logika. Matematika, kosakata, keterampilan perhatian dapat membantu anda dalam mengelola stres juga. Hal ini merupakan cara-cara baru bermain cerdas sambil meningkatkan kesehatan mental Anda.

Teknik tambahan untuk melatih otak kanan anda yaitu dengan membaca cepat untuk membangun memori dan pemahaman dan mnemonik untuk penyimpanan informasi penting seperti nama, kata-kata dan angka.

Di samping banyak manfaat yang diberikan oleh latihan otak untuk memori dan kemampuan kognitif, latihan-latihan ini juga membantu mencegah penyakit mental seperti penyakit Alzheimer, Parkinson dan demensia. Hilangnya ingatan berkaitan dengan penuaan dapat dihindari sepenuhnya dengan latihan otak ini dan hasilnya bisa untuk jangka panjang.

Para ahli juga mengatakan bahwa latihan-latihan ini membantu dalam meningkatkan tingkat kecerdasan anda, meskipun kekuatan otak seseorang tergantung pada berbagai faktor seperti kesehatan, diet, serta pola tidur.

Penuaan otak anda kini dapat dikembalik dengan melakukan latihan-latihan ini. Dan mencapai hasil yang diinginkan dan keuntungan jangka panjang didapat dengan mudah jika anda mau mengalokasikan beberapa menit dari waktu anda setiap hari untuk melakukan beberapa latihan otak secara rutin.

Tips Usia Senja yang Cerdas


ngatan kerja adalah jenis sistem ingatan jangka-pendek yang digunakan otak ketika dibutuhkan untuk mempertahankan data hanya untuk waktu yang memadai guna memantau atau memanfaatkannya secara “on line”. Penggunaan ingatan kerja pada orang yang lebih tua cenderung menurun sebab data yang mereka pelajari untuk sementara guna mengerjakan satu hal memengaruhi data baru yang mereka coba masukkan ke dalam ingatan kerja guna menangani hal berikutnya. Fenomena ini dinamakan “inhibisi proaktif” – pengaruh detail-detail satu tugas pembelajaran pada kinerja tugas kedua, yang serupa.

Pada umumnya, orang yang lebih tua menunjukkan penurunan yang mencolok dalam kemampuan mereka untuk menyingkirkan detail-detail yang tidak relevan dari pikiran mereka sementara mereka mengerjakan jenis-jenis tugas seperti yang ditunjukkan dalam tes “pembelajaran asosiasi berpasangan” berikut ini, (Begitu juga, banyak orang yang lebih tua menyadari bahwa mereka semakin sulit untuk berkonsentrasi pada suatu percakapan ketika orang lain sedang berbicara di latar belakang.)

Sebuah kajian yang baru saja dilakukan terhadap para dosen dari semua usiadi Universitas California membuktikan bahwa dosen-dosen yang lebih tua ternyata telah menggunkan berbagai strategi untuk mengatasi atau mencegah pengaruh inhibisi proaktif seperti yang berhasil dilakukan oleh dosen-dosen yang lebih muda. Hasil ini menyiratkan bahwa orang-orang yang pikirannya tetap aktif hingga usia tua (60-71 tahun dalam kajian itu) tidak menunjukkan jenis penurunan yang “normal” ini dalam kemampuan mental.

Tips menyegarkan Otak


Ada beberapa tips yang dapat membantu anda untuk mengingat pidato yang akan anda sampaikan atau belajar untuk ujian atau sekadar mencoba mengingat hal-hal dengan lebih baik. Berikut beberapa hal yang dapat membantu Anda memaksimalkan memori Anda.

Salah satu tips memori paling mendasar adalah pengulangan. Semakin kita mengulang semakin baik bagi ingatan kita. Namun bukan berarti kita bisa dengan cepat mengingat sesuatu dengan sempurna hanya dengan mengulang lima kali sebelum ujian. Karena pengulangan membutuhkan waktu dan frekuensi.

Maksudnya pengulangan akan berfungsi maksimal jika Anda menggunakannya, kemudian beri pikiran Anda istirahat dan kemudian anda kembali lagi dan menggunakan pengulangan lagi.

Siklus pengulangan, istirahat, pengulangan membantu pikiran untuk memperkuat memori informasi apa pun yang sedang Anda coba untuk jadikan pegangan. Ini berarti Anda harus mengalokasikan cukup waktu untuk mengikuti proses ini.

Tips lain adalah Asosiasi yaitu dengan menggunakan sesuatu yang akrab dengan anda, gambar atau lagu untuk membantu mengingat sesuatu. Anda “mengaitkan” potongan informasi yang Anda ingin menghafalnya dengan dengan gambar, lagu atau kata lain yang lebih akrab dengan anda.

Ketika Anda menemukan kesulitan untuk mengingat sesuatu yang anda ingin sampaikan anda dapat melihat item atau mengingat lagu atau kata yang anda suka dan ini akan membantu Anda untuk mengingat informasi yang berkaitan dengannya. Titik utamanya adalah membuat asosiasi yang mudah bagi Anda untuk mengingat sesuatu daripada hanya mengingat potongan informasi itu sendiri.

Melatih Ingatan Segarkan Otak
Ditulis oleh: pada 4 Jan 2012
Rating: 4.5
Judul: Melatih Ingatan Segarkan Otak ; Ditulis oleh Bolo Srewu ; Rating Blog: 4.5 dari 5

0 komentar :

Post a Comment